Mau Make

10 Aksesoris untuk MacBook Pro yang Harus Kamu Miliki

Perangkat MacBook Pro menjadi salah satu komputer Mac portabel yang paling laris untuk saat ini. Bentuknya dan warna yang solid, spesifikasi mumpuni dan layar lega (13 inci dan 15 inci) adalah beberapa hal menarik jika dibandingkan komputer MacBook 12 inci atau MacBook Air. Ingin menggunakan MacBook Pro kamu untuk bekerja dengan lebih maksimal? Simak 10 aksesoris yang dapat kamu beli dan menemani komputer MBP bekerja di kantor atau rumah. Berikut ini daftarnya:

10 Aksesoris untuk Teman Kerja si MacBook Pro

1. Kabel Adapter untuk Display

Sebagai mahasiswa atau karyawan di kantor, pasti kamu akan memiliki kesempatan untuk presentasi di depan teman atau rekan kerja. Untuk menghubungkan MacBook Pro ke LCD Proyektor, kamu membutuhkan kabel display adapter yang tepat ya. Misalkan untuk pengguna MacBook Pro non Retina Display dan Retina Display, bisa menggunakan Mini Display to VGA Adapter. Opsi lain yang bisa digunakan oleh pengguna MBP Retina Display adalah kabel HDMI di port tersebut yang ada pada sisi kanan.

2. Kabel Thunderbolt

Kabel Thunderbolt generasi 1 dan 2 menggunakan port yang sama dengan Mini Display, bisa digunakan untuk beberapa kegiatan penting. Kamu bisa membeli kabel Thunderbolt dari Apple Store dan menggunakannya untuk Target Disk Mode, Target Display Mode atau terhubung ke hard disk eksternal dengan port Thunderbolt. Kecepatan transfer data yang didukung mencapati 10Gbps untuk perangkat yang mendukung teknologi Thunderbolt 2 dan separuhnya pada generasi pertama.

Apple menjual Thunderbolt Cable dengna 2 warna yaitu hitam dan putih. Dari segi panjangnya, ada 2 edisi yaitu 0.5 meter dan juga 2 meter. Saran saya jika kamu ingin membeli kabel ini, pilih yang menggunakan panjang 2 meter agar lebih fleksibel terutama saat ingin menggunakan Target Display Mode.

3. Adapter untuk Port Ethernet

Pengguna MacBook Pro Retina pastinya sadar bahwa komputernyat tidak memiliki port LAN alias Ethernet. Hal ini terkadang menjadi kendala terutama untuk kamu yang sering bepergian keluar negeri, menghinap di hotel tua yang tidak menyediakan koneksi Wi-Fi, namun masih mengandalkan kabel LAN. Solusi paling mudah adalah membeli adapter Thunderbolt to Gigabit Ethernet dari Apple. Aksesoris ini akan mengubah port Thunderbolt yang ada di MacBook Pro Retina Display atau mungkin MacBook Air agar dapat terhubung ke jaringan LAN.

Solusi lain yang lebih murah adalah menggunakan adapter pihak ketiga dengan koneksi USB to Ethernet. Untuk masalah pengaturan, silahkan masuk ke System Preferences – Network atau kamu juga bisa membaca halaman panduan dari merek aksesoris yang kamu gunakan ya.

4. Mouse

Jika kamu biasa menggunakan MacBook Pro untuk bekerja dengan arah kursor yang butuh detail tinggi, membeli mouse sebagai pengganti akses Trackpad adalah hal yang wajib. Ada beragam merek mouse yang mendukung macOS secara penuh alias memiliki aplikasi pengaturan tambahan. Bentuknya juga beragam – mulai dari mouse untuk kegiatan harian atau mungkin dengan desain futuristik, banyak tombol tambahan bagi kalangan gamers.

5. USB Hub

MacBook Pro non Retina Display dan Retina Display hanya dibekali dengan 2 port USB saja. Jika kamu punya banyak aksesoris tambahan dengan port USB, bisa membeli aksesoris USB HUB untuk mencabangkan kabel USB yang dibutuhkan. Mulai dari Mouse, Flash Drive atau mungkin Hard Disk eksternal dan kabel Lightning ke perangkat iPhone.

Tips untuk memilih USB HUB yang aman, pastikan kamu membeli dari merek ternama dan sebisa mungkin dengan mode port listrik terpisah jika terdapat lebih dari 8 port USB. Beberapa merek yang menarik dan mendapatkan banyak review positif adalah Belkin, Anker, atau Juiced System.

6. Earphone untuk Penggemar Musik

Gunakan Earphone untuk mendengarkan musik atau memutar film dari perangkat MacBook Pro kamu tanpa mengganggu privasi teman kerja. Kamu juga bisa menggunakan EarPods bawaan dari perangkat iPhone atau mungkin beli secara terpisah, sesuai budget dan selera musik yang sering kamu gunakan. Kebanyakan Earohone yang beredar di pasaran menggunakan port Jack Audio 3.5 mm yang dapat digunakan secara langsung di komputer Mac atau bisa juga menggunakan Earphone dengan koneksi Bluetooth.


Baca Juga:


7. Hard Disk Eksternal

Aksesoris hard disk eksternal rasanya sudah menjadi kebutuhan wajib untuk pengguan komputer. Fungsinya tentu saja untuk menyimpan data cadangan alias backup atau mode Time Machine alias mencadangkan data dan sistem dari komputer Mac yang kamu gunakan. Dengan menggunakan Time Machine, kamu bisa mengembalikan data yang hilang atau mengecek dokumen yang sama dalam versi penyimpanan beberapa waktu lalu.

Media penyimpanan data secara eksternal lainnya yang juga populer adalah Flash Drive. Kamu bisa membeli Flash Drive dengan beberapa pilihan kapasitas penyimpanan dan gunakan sesuai kebutuhan. Saya pribadi punya beberapa Flash Drive yang selalu ada di dalam tas dengan isian yang berbeda-beda. Dua Flash Drive pertama berisi bootable installer OS X El Capitan dan macOS Sierra, sedangkan Flash Drive ketiga berisi data dan dokumen pribadi.

8. Docking

Docking adalah aksesoris untuk meletakkan MacBook Pro agar dapat digunakan dalam sudut pandang yang lebih nyaman atau dilengkapi beberapa port tambahan. Merek Docking yang cukup terkenal adalah Henge Dock dengan bentuk vertikal atau horisontal. Produk ini menawarkan kelebihan berupa bentuk dan warna yang senada dengan komputer Mac serta port lebih lengkap.

9. Softcase atau Tas Laptop

Meskipun MacBook Pro sudah punya desain yang sangat oke, tidak ada salahnya untuk tetap membalutnya dengan softcase di saat bepergian. Kamu bisa mencari beragam case yang sesuai dengan selera pribadi, mulai dari bahan kain tebal yang lembut atau mungkin kerajinan kulit yang dibuat personal sesuai pesanan kamu. Tips dari tim MakeMac, pilih case yang sesuai dengan MacBook Pro yang kamu gunakan ya. Misalnya nih untuk case yang bertulisakan untuk MacBook Pro 13 inci Retina Display, biasanya akan terlalu sempit jika digunakan untuk MacBook Pro 13 non Retina Display.

10. Adapter Charger

Khusus untuk kamu yang sering bepergian keluar negeri, tentunya port adapter di MagSafe harus tampil menyesuaikan ya. Misalkan adapter soket listrik dengan bentuk kaki 2 untuk di Indonesia, kaki tiga pipih untuk di Singapura atua mungkin lainnya. Solusi murahnya adalah membeli aksesoris Universal Travel Adapter yang banyak tersedia di toko elektronik atau peralatan rumah tangga.

Namun jika kamu ingin tampil lebih menarik, aksesoris PlugBug World bisa jadi solusi yang unik. Bentuknya adalah adapter untuk MagSafe sekaligus sebuah charger USB untuk perangkat gadget seperti iPhone atau iPad. Dengan PlugBug World, kamu bisa menghubungkan MagSafe ke colokan listrik sekaligus charger USB. Info lengkap mengenai PlugBug World dapat kamu baca di halaman berikut ini.

Punya Aksesoris Lainnya?

Masih banyak lagi aksesoris menarik yang bisa kamu gunakan bersama MacBook Pro untuk kegiatan bekerja atau membuat tampilannya lebih personal. Seperti keyboard cover, stiker untuk bagian sekitaran logo Apple di depan atau mungkin cairan pembersih layar dan lap khusus. Dari 10 aksesoris di atas, mana yang menjadi favorit kamu dan sering digunakan setiap hari? Atau mungkin kamu punya tambahan aksesoris menarik lainnya? Silahkan bagikan di kolom komentar ya!


10 Aksesoris Terbaik untuk Melengkapi iMac

Gambar


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top