Featured

10 Aplikasi Bawaan di iOS 10 yang Bisa Kamu Hapus dan Tetap Aman

Apple menghadirkan iOS 10 dengan fitur menghapus aplikasi bawaan yang tidak kamu perlukan, saya yakin kamu sudah tahu mengenai hal ini. Namun terkadang saya masih melihat beberapa pengguna merasa ragu untuk menghapus aplikasi bawaan di iOS 10 tersebut. Padahal sebetulnya aplikasi ini hampir tidak pernah dipakai atau memang tidak mendukung penggunaan di Indonesia secara maksimal.

Apa saja sih aplikasi di iOS 10 yang dapat kamu hapus dengan aman dan memang tidak bisa dipakai oleh pengguna di Indonesia? Simak daftarnya berikut ini:

1. Calculator

Layaknya aplikasi Calculator pada umumnya, fungsinya adalah membantu kamu melakukan beberapa perhitungan sederhana atau cukup kompleks (jika menggunakan mode mendatar). Saya jarang sekali menggunakan Calculator dan lebih sering menggunakan Spotlight. Terutama untuk menghitung nilai tukar rupiah, bisa dengan cara mengetik “$angka to Rupiah” untuk mendapatkan nilai tukar Rupiah terhadap US Dollar di hari tersebut.

2. Home

Aplikasi Home berfungsi untuk mengendalikan beragam perangkat rumah tangga yang menggunakan basis HomeKit. Misalkan perangkat lampu dengan sistem yang dapat menerima perintah nyala dan mati lewat Siri, pintu garasi otomatis atau beragam lainnya. Di Indonesia sendiri masih sangat jarang produk rumah tangga yang mendukung fitur Home. Jadi, daripada aplikasi ini memakan satu petak di Homescreen kamu dan tidak pernah digunakan, silahkan hapus saja.


Baca Juga:


3. Watch App

Watch App adalah aplikasi yang digunakan untuk terhubung ke Apple Watch. Fiturnya adalah merapikan tampilan di Apple Watch, instal aplikasi, Update dan Restore. Jika kamu belum memiliki Apple Watch atau tidak berencana membelinya dalam waktu dekat, silahkan hapus dan instal lagi jika sudah menggunakan Apple Watch.

4. iCloud Drive

Aplikasi iCloud Drive berfungsi untuk mengakses beragam data yang kamu simpan di layanan cloud service dari Apple. Saya biasa menghapus aplikasi ini untuk menjaga privasi dari data yang ada di dalamnya – misalkan saat meminjamkan perangkat kepada anak kecil atau pengguna lainnya. Ya, ini karena iCloud Drive tidak mendukung fitur mengunci aplikasi supaya tidak dapat diakses oleh pengguna yang tidak berkepentingan.

5. Mail

Aplikasi Mail berfungsi untuk mengakses beragam akun email yang kamu miliki. Namun saya memilih untuk menghapusnya karena lebih nyaman dengan aplikasi email dari pihak ketiga. Alasan pertama adalah Mail di iOS 10 belum mendukung fitur keamanan lewat Touch ID. Alasan berikutya adalah mode Push Notification dari akun email Google gratisan yang tidak mendukung app Mail.


Baca Juga:


6. Maps

Apple Maps di iOS 10 punya banyak fitur menarik yang trus disempurnakan. Mulai dari Proactive Suggestions, Apps di dalam Maps, Transit, serta mode nagivasi yang lebih lengkap dan tentunya integrasi terhadap Siri. Kamu dapat menghapus aplikasi ini karena dari sederetan fitur di atas, masih cukup sedikit yang mendukung wilayah Indonesia. Aplikasi alternatif yang dapat kamu gunakan adalah Waze, Google Maps atau Sygic yang terkenal dengan Offline Maps yang sangat lengkap.

7. Podcasts

Aplikasi Podcasts terhubung dengan iTunes Store di Section yang sama. Pengguna dapat menambahkan beragam saluran Podcast yang berisi siaran dalam bentuk suara atau video dari channel favorit. Saya pribadi sangat jarang sekali menggunakan Podcasts karena lebih sering mengakses konten audio visual dari YouTube atau aplikasi lainnya. Atau mungkin jika ingin menikmati Podcasts, saya sudah cukup akrab dengan tampilan aplikasi Overcast.

8. Music

Sesuai dengan namanya, app Music dapat kamu gunakan untuk membuka daftar musik yang kamu beli dari iTunes Store atau berlangganan Apple Music. Beberapa pengguna perangkat iOS yang saya kenal merasa tampilan Music di iOS 10 lebih ribet daripada beberapa versi sebelumnya dan memilih Spotify sebagai gudang musiknya.

Kamu bisa menghapus app Music dan mengandalkan aplikasi lain seperti Spotify, Tidal atau mungkin aplikasi VOX Player dan VLC. Harap dicatat, jika kamu menghapus app Music, Maps dan Podcasts, akses fiturnya di CarPlay juga tidak bisa dilakukan ya.

9. Stocks

Stocks berfungsi untuk memantau pasar saham internasional. Data yang digunakan terhubung ke layanan Yahoo Finance dan tentunya akurat, dilengkapi perubahan angka saham yaitu naik atau turun. Karena saya dan mungkin juga kamu tidak membutuhkan layanan ini, silahkan hapus saja tanpa perlu pusing lagi.

10. Tips

Aplikasi Tips hadir dengan warna kuning dan ikon bola lampu di bagian tengah. Isinya adalah beragam tips untuk menggunakan perangkat iOS bagi pengguna awam atau yang masih baru. Jika kamu sudah menggunakan mahir menggunakan perangkat iOS, silahkan baca saja sepintas panduan yang ada di aplikasi ini lalu silahkan hapus jika memang tidak dibutuhkan.

Punya Daftar Lainnya?

Dari 10 apliksi tadi, apa saja yang sudah kamu hapus? Apakah sudah semuanya atau hanya memilih sebagian? Atau mungkin punya daftar lain yang tidak saya tulis di atas? Bagikan di kolom komentar ya!


Kupas Tuntas Pengaturan Notification Center di iOS 10

Gambar


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top