Reviews

10 Pengaturan Penting di Path for iOS yang Belum Kamu Tahu



Path sebagai sosial media asal Amerika Serikat yang sudah dibeli Daum KakaoTalk, ternyata sangat diminati oleh pengguna di Indonesia. Pada awalnya Path dibuat sangat privat karena hanya bisa menambahkan hingga maksimal 150 teman (kini 500). Seiring berjalannya waktu dan fitur yang diberikan, aplikasi ini masih memegang banyak fitur menarik dan belum ditiru oleh kompetitor lainnya. Sebut saja PathDaily atau mungkin batasan durasi video yang cukup pendek supaya tidak menghabiskan banyak waktu.

Kali ini tim MakeMac akan berbagi beberapa pengaturan penting di Path yang biasanya terlewat begitu saja. Beberapa pengaturan ini sebetulnya sangat mendasar namun tidak bisa kamu remehkan loh. Yuk simak daftarnya:

10 Pengaturan Penting di Path for iOS yang Belum Kamu Tahu

10. Tambah dan Hapus Teman

Bagaimana cara menambah atau menghapus pertemanan di Path? Gampang! Tinggal masuk ke tab Friends lalu akses beberapa tombol yang tersedia di halaman ini. Mulai dari Search Friends untuk mencari teman dari daftar kamu atau pengguna lain, list teman di bagian bawah atau mode Invite Friends dan QR Code.

Sedangkan untuk menghapus pertemanan, silahkan cari daftar kontak tersebtu dari bagian Search Friends. Setelah itu swipe dari kanan ke kiri lalu tekan tomnol Unfriend. Dari hasil percobaan yang saya lakukan, Path tidak memiliki mode blokir untuk mencegah orang tersebut menemukan kontak kamu lagi. Cara mengatasinya adalah menggunakan fitur Privacy – Only Friends can find me.

9. Pengaturan Notifikasi

Secara default, Path memberikan pengaturan notifikasi untuk semua kegiatan yang dilakukan teman atau keluarga kamu di sosial media ini. Tidak jarang saya melihat pengguna Path yang “kebanjiran” notifikasi tersebut dan terlihat sangat tidak nyaman.

Untuk mengelola pengaturan notifikasi, silahkan masuk ke tab Path – Moments – Settings – Notifications. Ada beberapa list yang hadir di bagian ini seputar pengaturan pemberitahuan. Seperti posting dari setiap teman, komentar, emoticons dan lain sebagainya. Sedangkan untuk ikon, ada 3 ikon di bagian ini yang harus kamu cermati yaitu Star sebagai tanda notifikasi ini aktif untuk daftar Inner Circle, ikon surat untuk memberikan notifikasi dalam bentuk email atau ikon telepon untuk memberikan notifikasi di perangkat iOS.

Saya pribadi akan mematikan 2 pengaturan notifikasi palign atas secara sepenuhnya. Setelah itu untuk sisanya, cukup gunakan notifikasi dengan ikon ponsel dan mematikan notifikasi via email.

8. Pengaturan Privasi

Masih di bagian Settings, kali ini ada 2 pengaturan Privacy yang dapat kamu kelola:

  • Only friends can find me: Aktifkan mode ini untuk membatasi hasil pencarian di Path dari orang yang tidak kamu kenal.
  • Only friends can tag me: Aktifkan mode ini untuk membatasi mode menandai di sebuah postingan baru, hanya dapat dilakukan oleh orang yang kamu kenal.

7. Fitur Messages atau Path Talk

Path pernah melepas fitur Path Talk sebagai aplikasi terpisah seperti Facebok Messenger. Namun kini fitur tersebut dapat kembali kamu akses di aplikasi Path ya. Letaknya memang agak tersembunyi, yaitu dari Path – Timeline – ikon Smile di kanan atas. Kamu juga bisa menggunakan Path Talk dengan cara menekan ikon foto profil teman kamu di bagian Timeline lalu pilih Message.

Dalam mode Path Talk, kamu dapat berinteraksi secara privat dengan beragam jenis media yang didukung. Mulai dari teks, gambar, berbagi lokasi, musik atau video yang sedang kamu putar atau mungkin rekaman suara. Path Talk juga mendukung mode percakapan dalam bentuk grup chat ya.

6. Pengaturan untuk Messages

Kembali masuk ke bagian Settings, ada beberapa pengaturan di fitur ini yang dapat kamu kendalikan.

  • Read Receipts: Memberikan informasi kepada pengirim pesan bahwa kamu sudah membaca chat tersebut.
  • Notification Previews: Mode Previews akan menampilkan isi chat yang dikirim teman kamu dari jendela pemberitahuan. Matikan saja fitur ini jika tidak ingin lebih menjaga privasi kamu.
  • Message Notifications: Aktifkan fitur ini untuk memberikan pemberitahuan dalam bentuk notifikasi di layar iPhone atau iPad untuk setiap pesan baru yang kamu terima.s
  • Notification Sounds: Aktifkan fitur ini untuk memberikan suara dalam bentuk notifikasi jika ada pesan baru di Path Talk.

5. Path Premium

Salah satu cara monetisasi yang digunakan Path adalah menjual langganan Path Premium. Fitur ini menggunakan sistem langganan 3 bulan (75 ribu Rupiah) atau 1 tahun (149 ribu Rupiah). Kelebihan yang dapat kamu nikmati dengan Path Premium adalah koleksi Stickers dan Camera Filter dengan penggunaan tanpa batas dan akses awal untuk setiap benda yang dijual di Path Shop seperti Stickers.

4. Pengaturan Mode Sharing

Bagian pengaturan mode Sharing di Path bisa dibilang cukup unik karena hanya bersifat searah. Kamu bisa melakukan pengaturan agar setiap Moments yang kamu bagikan dari Path, bisa dibawa ke layanan sosial media lain – namun tidak sebaliknya.

Silahkan kelola pengaturan Sharing ini dengan mendaftarkan akun yang kamu gunaakan. Yaitu dari bagian Settings – Sharings. Daftarkan akun Twitter, Facebook, Foursquare atau beberapa jenis akun lainnya. Sehingga setiap kamu membuat catatan Moments baru, tinggal tekan ikon yang tersedia untuk membagikannya ke sosial media lain.

3. Auto Play Video

Meskipun durasi video di Path terbilang cukup singkat, ada mode Auto Play Video yang dapat kamu kelola jika ingin hemat kuota. Ya, ini mengingat mode kompresi di Path terbilang tetap menghasilkan video dengan ukuran masih cukup besar. Untuk mengubah mode Auto Play Video, silahkan masuk ke Settings – Videos. Aktifkan mode Stream Video untuk mencegah mode unduh otomatis dan kelola bagian Auto Play Video sesuai dengan kebutuhan.


Baca Juga:


2. Matikan Notifikasi Posting yang Mengganggu

Apakah kamu sering ngobrol di sebuah catatan Moments di Path? Terkadang kamu merasa bosan dengan percakapan tersebut atau terganggu dengan notifikasi yang hadir. Tidak perlu bingung, gunakan saja fitur Mute This Moment.

Mode ini akan membuat notifikasi kamu jadi senyap dari percakapan tersebut. Cara mendapatkan mengaturan ini juga tidak ribet, cukup masuk ke sebuah Moments dalam tampilan penuh lalu tekan ikon di kanan atas laya. Pilih mode Mute This Moment, maka percakapan berikutnya dari pengguna lain di bagian ini tidak akan masuk ke notifikasi kamu.

1. Mengenal Inner Circle vs Private Sharing

Ada 2 fitur seputar privasi dan berbagi Moments di Path yang sering membuat orang salah persepsi yaitu Inner Circle dan Private Sharing. Mari kita bahas keduanya.

– Inner Circle: Fitur ini menggunakan tanda dengan bentuk ikon bintang. Fungsinya adalah membentuk sekumpulan teman di Path yang lebih intim dan dekat daripada teman lainnya. Contoh penggunaan Inner Circle adalah membagikan sebuah Moments dengan tanda bintang, maka catatan tersebut hanya bisa dilihat oleh daftar teman di bagian itu saja. Fitur Inner Circle lainnya juga bisa kamu akses dari bagian Timeline, yaitu aktifkan Timeline Inner Circle dan semua catatan dari teman lain akan disembunyikan. Contoh penggunaan Inner Circle adalah memberikan tanda pada teman dekat di kantor, keluarga di rumah atau hal lainnya.

– Private Sharing: Lanjut ke Private Sharing, mode ini lebih khusus lagi karena setiap membagikan catatan dengan tanda Private Sharing (ikon gembok), catatan tersebut hanya dapat dilihat oleh orang yang kamu beri tanda saja. Bahkan kamu bisa saja membagikan catatan dalam bentuk Private Sharing tanpa perlu menandai siapapun, hanya dapat dilihat oleh kamu seorang. Contoh penggunaan Private Sharing adalah berbagi foto dan video bersama teman liburan kamu atau membuat catatan pribadi untuk Moments sepesial bersama pasangan. Saya sendiri biasa menggunakan Private Sharing untuk mencoba fitur PathDaily beberapa bulan lalu.

Sering Menggunakan Path? Apa Fitur Favorit Kamu?

Ketika saya bertanya kepada beberapa teman, banyak yang berpendapat bahwa Path hadir sebagai sosial media yang cukup “tenang” dan privat. Kamu tidak akan mememukan iklan dari akun halaman penjual barang yang mungkin tidak kamu suka seperti di Facebook, tidak menemukan opini dari orang lain yang di Retweet seperti di Twitter atau lainnya. Timeline di Path juga tidak menggunakan algoritma yang membuat urutannya berubah sesuai interaksi yang sering kamu berikan. Kendala yang paling sering dialami oleh pengguna Path hanyalah proses loading yang mungkin sedikit lebih berat karena konten gambar dan video yang tidak mengalami kompresi secara sangat ketat.

Apakah kamu sering menggunakan Path? Apa alasan kamu setia dengan Path dan menganggapnya sebagai sosial media paling favorit? Bagikan di kolom komentar ya!

Download Path · Harga: Gratis


Tips Menggunakan Fitur #PathDaily ala MakeMac

Gambar


1 Comment

1 Comment

  1. ddffpp

    31 May 2017 at 11:47

    My fav feature? Inner circle and mute this moment. Haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top