Featured

12 Tips & Trik Menggunakan WhatsApp di iPhone



WhatsApp adalah aplikasi chat yang sangat populer baik di Indonesia maupun seluruh dunia. Kemudahan penggunaan, tersedia di beragam jenis perangkat mobile dan fitur baru yang terus diberikan adalah beberapa hal terbaik yang ada di WhatsApp. Setelah diakuisisi Facebook pada tahun 2014, WhatsApp terus menanjak dan mencatat rekor 1,2 miliar pengguna aktif di Januari 2017.

Karena banyaknya fitur yang ada di WhatsApp, saya yakin beberapa di antara kamu belum pernah mencobanya. Berikut ini 12 tips & trik yang berisi cara rahasia menggunakan WhatsApp atau fitur baru yang wajib dicoba. Yuk langsung baca ya!

12 Tips & Trik Menggunakan WhatsApp di iPhone

12. Teks dengan Efek Tebal, Miring dan Garis Tengah

Seperti mengetik di aplikasi pengolah dokumen, WhatsApp ternyata mendukung fitur mengetik dengan mode teks tebal, miring dan juga garis bawah. Cara menggunakan fitur ini adalah menambahkan tanda (*), (~) atau (_) di bagian awal dan akhir dari sebuah kalimat yang kamu inginkan. Berikut ini contohnya:

  • text untuk teks cetak tebal
  • text untuk teks cetak miring
  • ~text~ untuk garis tengah

11. Baca Pesan Tanpa Read Receipts

WhatsApp punya fitur berupa tanda bahwa pesan kamu sudah dikirim dan terbaca yaitu 2 tanda centang dalam warna biru. Namun terkadang sebagai penerima pesan, kamu tidak ingin mode ini aktif. Bagaimana cara mematikan mode Read Receipts?

Silahkan masuk ke WhatsApp – Settings – Account – Privacy – Read Receipts – OFF. Dengan mematikan Read Receipts, kamu dan penerima pesan tidak akan mendapatkan tanda 2 centang biru ya. Sebagai catatan, pengaturan ini tidak berlaku untuk WhatsApp dalam bentuk Grup Chat.

10. Pengaturan Privasi

Masih seputar keamanan pengguna, WhatsApp punya beberapa pengaturan selain Read Receipts yang dapat kamu kelola. Yaitu Last Seen atau informasi terakhir kamu online atau menggunakan WhatsApp, Profile Photo yaitu foto yang kamu gunakan dan juga Status. Ketiga mode ini dapat diatur secara terpisah dengan pilihan Everyone, My Contacts atau Nobody alias siapa saja tidak dapat mendapatkan akses tersebut.

9. Voice Call dan Video Call

Tidak hanya untuk chat dalam bentuk teks, WhatsApp juga bisa kamu gunakan melakukan panggilan suara dan juga panggilan video. Tinggal masuk ke salah satu jendela chat ke teman atau keluarga lalu tekan ikon gagang telepon untuk Voice Call dan ikon kamera untuk Video Call.

Sebagai pengaturan tambahan, silahkan cek di Settings – Data & Storage Usage – Low Data Usage – ON. Pengaturan ini akan memberikan penggunaan koneksi internet yang lebih hemat, terutama saat kamu menggunakan Cellular Data dalam melakukan panggilan suara atau video.

8. Backup di iCloud

Di perangkat iOS, WhatsApp tidak menyimpan data pesan ke server mereka. Jadi apabila kamu berganti perangkat iPhone, silahkan lakukan Backup dengan akun iCloud terlebih dahulu ya. Fitur Backup juga dapat bermanfaat jika suatu saat perangkat iOS mengalami error dan harus Restore, namun kamu tidak ingin kehilangan data chat di dalam WhatsApp.

Pengaturan ini ada di bagian Settings – Chats – Chat Backup. Tekan tombol Backup Now untuk melakukan pencadangan data saat itu juga dan akses beberapa pengaturan lain di bawahnya jika diperlukan. Panduan lengkap untuk menggunakan fitur Chat Backup dapat kamu baca di halaman WhatsApp Support berikut ini.

Saya pribadi tidak mengaktifkan fitur Auto Backup dan secara rutin melakukan mode Manual Backup misalkan tiap akhir pekan atau beberapa hari sekali.

7. Kirim Beragam Jenis Dokumen

WhatsApp juga bisa digunakan untuk mengirim beragam jenis dokumen yang kamu butuhkan. Mulai dari gambar, video, rekaman suara, catatan lokasi hingga dokumen PDF atau lainnya. Khusus untuk mode kirim dokumen, kamu bisa mengandalkan layanan iCloud Drive sebagai fitur bawaan di perangkat iOS.

Caranya buka jendela kirim pesan kepada salah satu teman atau Grup Chat kemudian tekan ikon + – Document – iCloud Drive. Setelah itu pilih dokumen yang ingin kamu bagikan dan kirim. Di sisi penerima, dokumen ini dapat diolah lagi dengan fitur Share Extension untuk diunggah ke Dropbox, lampirkan ke email atau aplikasi lainnya yang mendukung.

6. Kirim Video dalam Format GIF

Masih seputar dokumen, kali ini beralih ke gambar gerak yaitu format GIF. WhatsApp punya fitur mereka video pendek dalam durasi sekitar 6 detik yang bisa kamu ubah menjadi dokumen GIF sebelum diunggah. Dengan format dokumen GIF, gambar gerak yang kamu kirim akan lebih kecil secara ukuran dokumen dan juga mendukung mode looping.

Untuk menikmati fitur ini, silahkan masuk ke jendela chat lalu tekan ikon + – Camera. Silahkan cari momen yang ingin kamu rekam dan tekan + tahan tombol shutter di bagian bawah layar. Selesai dengan merekam, silahkan tekan tombol GIF di sebelah kanan atas layar untuk dan WhatsApp siapa memproses video tadi menjadi GIF untuk dikirim.

5. Mencari Gambar GIF

Selain membuat gambar GIF, WhatsApp juga punya mode pencarian GIF yang mudah dan instan. Caranya adalah menekan tombol Photo & Video Library setelah menekan ikon + di jendela berkirim pesan, lalu pilih GIF di bagian kiri bawah. Silahkan cari gambar dengan kata kunci yang kamu inginkan atau beberapa preview yang tampil di layar. Panduan lengkap untuk fitur mencari GIF dapat kamu baca di artikel sebelumnya yang pernah saya bagikan.


Baca Juga:


4. Blok dan Mute, Apa Bedanya?

Kedua fitur ini adalah mode bawaan yang ada di hampir semua aplikasi chat. Namun masih banyak yang belum paham bedanya dan cara yang tepat untuk menggunakannya di WhatsApp. Berikut ini info lengkapnya:

  • Blok: Fitur blokir berarti kamu menutup akses apapun dari kontak yang didaftarkan di list Blocked untuk menghubungi berinteraksi. Semua chat, panggilan suara dan telepon yang dilakukan oleh kontak tersebut tidak akan sampai ke akun WhatsApp kamu. Untuk menggunakan fitur ini, masuk ke Settings – Account – Privacy – Blocked – Add New. Cara lain yang bisa dilakukan adalah lewat jendela chat ke sebuah kontak dan tekan bagian nama di atas layar. Masuk ke halaman informasi kontak, scroll ke bawah dan pilih Block this Contact.
  • Mute: Fitur mute atau senyapkan berguna untuk mematikan notifikasi sebuah kontak atau grup chat yang kamu ikuti. Mode Mute mendukung 3 pengaturan yaitu senyapkan dalam durasi 8 jam, 1 minggu atau 1 tahun. Cara menggunakan fitur ini mirp dengan Blocked yaitu masuk ke halama informasi sebuah kontak atau grup lalu pilih Mute.

3. Baca Ulang dengan Unread dan Starred

Terkadang ada info penting dari sebuah chat di WhatsApp yang susah kamu temukan karena “tertimbun” chat lainnya. Atau mungkin ada sebuah pesan penting dari keluarga yang tidak sengaja kamu baca dan lupa bahwa terdapat catatan penting yang harus dibaca ulang. Jangan khawatir, ada 2 fitur yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi hal ini. Yaitu dengan fitur Unread dan Starred:

  • Unread: Fitur ini akan mengubah pesan yang sudah kamu baca menjadi mode belum dibaca yaitu menampilkan titip warna biru di bagian kanan list Chats. Caranya tinggal swipe dari kiri ke kanan lalu tekan tombol Unread.
  • Starred: Bisa dibilang fitur ini mirip mode bookmarks di Safari, bedanya yang kamu tandai adalah balon teks percakapan di WhatsApp. Silahkan masuk ke jendela tampilan salah satu chat lalu tekan dan tahan di bagian balok teks salah satu pesan yang kamu terima. Lanjutkan dengan menekan ikon tanda bintang untuk memberi tanda Starred di pesan ini. Terakhir silahkan masuk ke profil kontak tersebut dan pilih Starred Messsages.

2. WhatsApp Web

WhatsApp Web adalah cara paling mudah untuk mengakses akun WhatsApp dari perangkat komputer. Fitur ini bersifat mirroring atau harus ada koneksi dari WhatsApp di iOS ke WhatsApp Web di komputer dalam mode sinkronisasi. Kedua perangkatnya juga harus online secara bersamaan dan terletak dalam satu jaringan.

Ada 2 cara untuk menggunakan WhatsApp Web yaitu membuka laman web.whatsapp.com dengan perambang Google Chrome atau unduh aplikasi resmi WhatsApp Web for Mac. Setelah itu ikuti panduan yang diberikan seperti scan QR Code di layar komputer dengan iPhone dan beberapa hal lainnya.

1. Two Step Verification

Two Step Verification adalah standar baru untuk keamanan akun kamu di WhatsApp. Dengan fitur ini, setiap proses aktivasi ulang WhatsApp di perangkat iPhone baru akan membutuhkan 6 digit passcode yang sudah kamu atur sebelumnya.

Sebagai keamanan tambahan, WhatsApp juga memberikan mode penghubung ke akun email jika kamu lupa dengan 6 digit password yang sudah ditetapkan sebelumnya. Untuk informasi lengkap dari fitur Two-Step Verification, silahkan baca di halaman penjelasan sebelumnya ya.

Punya Fitur Favorit Lainnya?

Masih banyak lagi fitur favorit di WhatsApp yang bisa kita ulik. Mungkin akan saya lanjutkan di artikel berikutnya beberapa hari lagi. Dari daftar di atas, mana saja fitur yang baru kamu tahu atau mungkin punya tambahan yang bisa diulas untuk artikel berikutnya? Bagikan di kolom komentar ya!

Download WhatsApp Messenger · Harga: Gratis


Kirim Foto dan Video di WhatsApp Bisa Dilengkapi dengan Teks, Emoji dan Gambar Garis

Gambar


1 Comment

1 Comment

  1. liliwidojani

    22 February 2017 at 08:14

    Suddently my w app lost all my data . How can I find it again ? I did not keep it yet. please reply …TOP URGENT…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top