How-To

3 Cara Restart iPhone Tanpa Akses Power Button

Restart alias mematikan dan kembali menyalakan perangkat iOS terkadang diperlukan pada beberapa kesempatan. Seperti menemukan bug system tidak terhubung ke App Store atau hal lainnya. Cara Restart dan Force Restart sudah pernah saya bahas sebelumnya, sangat mudah dan cepat. Namun hal ini bisa menjadi sulit jika tombol Power Button kamu rusak atau tidak dapat digunakan. Kali ini tim MakeMac akan membahas beberapa cara untuk melakukan Restart tanpa menggunakan Power Button.

Tutorial ini saya buat di perangkat dengan iOS 10 sebagai update dari tutorial ini edisi beberapa tahun lalu. Mungkin beberapa akses Settings akan sedikit berbeda jika kamu masih menggunakan iOS 9 misalnya.

1. Gunakan Assistive Touch

  1. Masuk ke Settings – General -Accessibility – Assitive Touch – ON. Setelah itu tombol Assitive Touch akan tampil dengan bentuk bulat putih. Tekan untuk menampilkan daftar shortcut yang bisa
  2. Tekan dan tahan tampilan Lock Screen di dalam menu Asssitive Touch.
  3. Setelah muncul informasi Slide to Power Off, tempelkan jari kamu di bagian tersebtu dan ikuti arah swipe yang diperlukan.
  4. Untuk kembali menghidupkan, hubungkan perangkat iOS dengan Lightning Cable dan USB Power Adapter atau port USB di komputer Mac.

2. Restart Lewat Mode Teks Tebal

Ada bagian di aplikasi Settings yang memerlukan Restart untuk menampilkan perubahan yang kamu atur. Salah satunya adalah mode teks tebal atau bold text. Dengan cara ini, proses Restart akan berlangsung secara otomatis dan tidak perlu bantuan kabel data dan USB Power Adapter untuk menyalakan perangkat.

  1. Masukk Settings – General – Accessibility.
  2. Aktifkan atau matikan Bold Text, setelah itu akan tampil peringantan bahwa perangkat iOS akan mengalami Restart. Tekan Continue. Selesai, proses Restart akan berlangsung dan kamu tinggal menunggu perangkat iOS kembali menyala.

Baca Juga:


3. Menggunakan Aplikasi Tambahan dari Komputer

Cara ketiga yang jarang diketahui banyak orangn ntuk restart iPhone tanpa Power Button adalah menggunakan aplikasi tambahan via komputer. Salah satunya adalah ReiBoot for Mac. Sebetulnya fungsi utama dari aplikasi ini adalah masuk ke Recovery Mode atau keluar dari Recovery Mode. Tetapi juga bisa digunakan untuuk pengganti restart.

Cara menggunakan Reiboot for Mac sangat mudah dan cepat. Tinggal unduh aplikasi ini dan instal di komputer Mac. Setelah itu hubungkan komputer Mac ke iPhone atau iPad dengan kabel data. Di layar tampilan ReiBoot, silahkan tekan tombol Enter Recovery Mode hingga peringatan bahwa perangkat iPhone dalam mode Recovery Mode, tampil lewat iTunes. Lanjutkan dengan menurutp iTunes, aktifkan ReiBoot dan pilih Exit Recovery Mode.

Mana Cara Favorit Kamu?

Dari 3 cara di atas, tentunya cara paling mudah adalah menggunakan Bold Text, disusul dengan Assitive Touch lalu menggunakan aplikasi tambahan. Gunakan tips di atas sebagai pertolongan sementara hingga kamu punya waktu untuk memperbaiki Power Button yang bermasalah. Jangan menunda masalah yang terjadi hingga terlalu lama, bisa saja jasa reparasi yang menyediakan part Power Button sudah tidak menjualnya jika kamu terlalu lama menunda proses perbaikan.

Apakah kamu berencana mencoba ketiga cara di atas? Atau mungkin punya tips lain untuk melakukan restart iPhone tanpa akses Power Butoon? Bagikan di kolom komentar ya!


5 Tips Keamanan Apple ID yang Wajib Kamu Tahu

Gambar


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top