4 Fitur Baru Untuk Maps di iOS

gambar via 9to5mac

Mungkin sebentar lagi, Google Maps akan hengkang dari iOS. Pasalnya, Apple diketahui tengah menyiapkan Maps milik mereka sendiri untuk menggantikan penggunaan Google Maps di iOS.

Jika dilihat dari akuisisi yang dilakukan oleh Apple selama ini, beberapa kemungkinan dari teknologi di bawah ini akan diterapkan pada Maps milik Apple.

Timing: OpenStreetMap

OSM di iPhoto

iPhoto menggunakan layanan mapping dari OpenStreetMap, tidak lagi menggunakan Google Maps.

OpenStreetMap adalah sebuah layanan mapping berbasis open source. Tujuan mereka ialah “creates and provides free geographic data and mapping to anyone who wants it”.

Dalam pembuatan data, OSM memanfaatkan portable Sat Nav devices, Aerial Photograpy, dan sumber terbuka lainnya (dalam hal ini, pengetahuan lokal mengenai daerah tersebut).

Apple menyukai keseragaman untuk seluruh produknya dan dengan digunakannya OSM untuk iPhoto, bukan tidak mungkin Apple akan menghadirkan OSM ke semua aplikasi berbasis map di iOS.

Terrain: PlaceBase

C3 via 9to5mac

Pada Juli 2009 Apple membeli PlaceBase, sebuah maps services saingan Google Maps yang bereksperimen dengan peta yang dapat diatur untuk meningkatkan kecepatan rendering dan kualitas peta.

Diketahui, PlaceBase memperkenalkan sebuah fitur bernama Schematic Maps, fitur yang memungkinkan kita melihat area yang kita inginkan dengan detail yang lebih baik (fokus). Sedangkan, untuk area yang tidak kita maksud, detailnya tidak akan sebagus area yang kita tuju. Hal ini dilakukan untuk mempermudah penggunanya dalam menemukan sebuah lokasi.

Hak patent untuk Schematic Maps sendiri telah terdaftar dengan nama penemunya adalah co-founder dari Placebase yaitu, Jaron Waldman dan Moran Ben-David.

Accuracy: Poly9

Poly9 Globe via Poly9-Globe

Poly9 adalah sebuah perusahaan online mapping yang pernah menciptakan sebuah online map 3D bernama Poly9-Globe. Poly9-Globe bekerja seperti Google Earth, dapat kita putar 360° dan zoom sesuka kita dengan tampilan 3D yang baik beserta tingkat akurasi yang tinggi.

Poly9 memiliki database sendiri beserta APIs yang sangat baik sehingga keakuratan Poly9 dalam menentukan letak lokasi pantas diacungi jempol.

3D: C3 Technologies

C3 via 9to5mac

Untuk urusan 3D, Apple tidak memilih Poly9 (meski Poly9 Globe bisa dibilang bagus) melainkan Apple lebih memilih sebuah teknologi dari perusahaan Swedia, C3 Technologies.

Nantinya dengan menggunakan teknologi dari C3, kita dapat melihat sebuah kota, jalan, bukit, gunung atau apapun dalam bentuk 3D realistis dan, bisa diputar 360 derajat. Ya, seperti Google Earth dan Poly9 Globe namun dengan tingkat detil yang “mind blowing”.


John Lennon, gitar dan Apple. News section writer untuk MakeMac, dan punya blog pribadi berjudul AppleGlass. Ikuti saya di: Google+ dan @ndrandrandra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>