4 Hal Yang Dapat Dilakukan Pada Mac Baru

Artikel kali ini membahas hal-hal yang dapat Anda lakukan pada Mac baru. Seperti pengubahan yang bisa Anda lakukan terhadap Windows. Mac juga dapat diubah sedemikian rupa sehingga menyerupai personalitas pemiliknya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat menjadi panduan awal bagi pemilik baru Mac.

Update Software

Saya pernah dengan semangatnya mengganti theme iTunes sehingga iTunes menjadi jauh lebih keren dari UI defaultnya. Sialnya adalah saya harus mengganti untuk kedua kalinya karena lupa melakukan update iTunes ke versi terbaru.

Sebelum Anda melakukan pengubahan apapun terhadap Mac Anda, sebaiknya pastikan semua sudah diupdate menjadi versi terbaru.

Software-Update

Anda dapat melakukan Software Update dengan mengakses simbol Apple di pojok kiri atas seperti gambar di atas.

Mengganti Setting OS X

Anda tahu apa yang membedakan expert user dengan average user? Expert user selalu melihat “Setting” setiap aplikasi yang digunakan terlebih dahulu, seperti memainkan permainan, expert user selalu mengecek setting agar pengalaman permainan sesuai yang diinginkan.

Jalankan System Preferences dan pelajari satu per satu konfigurasi yang tersedia. Dengan mengenal setting yang ada dan melakukan pengubahan sesuai kebutuhan, maka proses troubleshooting akan menjadi lebih sederhana.

Selain yang tersedia di System Preferences, Anda juga dianjurkan untuk membuka Preferences… yang dapat diakses dengan mengklik judul aplikasi di bagian kiri atas menu bar. Hal ini memungkinkan Anda mengubah konfigurasi yang terdapat pada setiap aplikasi yang sedang aktif digunakan.

Mengubah Tampilan

Mengubah tampilan di sini adalah memperindah tampilan OS X, bukan sebaliknya.

Yang paling sederhana adalah mengganti wallpaper desktop Anda. Saya tidak menganjurkan Googling untuk mendapatkan wallpaper. Sebaliknya, saya akan merekomendasikan beberapa website seperti iconpaper dan prettifyit dalam memilih wallpaper. Biasanya, wallpaper yang paling bagus dapat didownload langsung dari website photographer dan designer profesional.

Iconpaper.org

Bagi Anda yang lebih rajin menelusuri, DeviantArt dan Macthemes bisa menjadi pilihan utama. Sebagian besar themes yang menjadi favorit pengguna Mac lahir di kedua website tersebut.

Pengubahan lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan CandyBar untuk mengubah icon dan Dock. Memang terdapat aplikasi gratis lainnya yang dapat melakukan hal yang serupa, tetapi, bagi Anda yang memang ingin mengoleksi themes dan selalu melakukan transformasi tampilan. Gunakan CandyBar.

GeekTool adalah sebuah PrefPane yang memungkinkan Anda menampilkan berbagai informasi di Desktop seperti tanggal dan waktu, suhu CPU, RAM yang sudah digunakan dan bahkan informasi cuaca. GeekTool tergolong sebagai sebuah app yang sering digunakan oleh advanced users, jadi, siap-siap mempelajarinya terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang baik.

Install Aplikasi Utama

Berbagai jenis aplikasi pasti sudah menjadi wajib ketika Anda menggunakan Windows. Microsoft Office misalnya, sudah pasti Anda akan memasukkannya ke Mac Anda yang baru ini. Tunggu dulu!

Buang semua pemikiran bahwa aplikasi Windows yang pernah digunakan juga harus digunakan di Mac. Coba gunakan aplikasi yang memiliki fungsi serupa tetapi dirancang khusus untuk digunakan di Mac. Bahkan, beberapa alternatif seperti Google Docs bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Coba telusuri, Anda tidak tahu betapa banyak aplikasi Mac yang dirancang dengan begitu sederhana dan indah dalam penggunaannya. Anda bisa mencoba dulu aplikasi wajib yang harus ada di Mac, atau Anda bisa meminta rekomendasi langsung dari komunitas MakeMac dengan mention langsung ke @makemac.

Follow juga @makemac dan jadi fans di Facebook untuk dapat update tips, tutorial dan berita seputar Apple, iOS dan Mac OS X.


Seorang penggemar produk Apple dan memiliki blog pribadi yang membahas kebiasaannya dalam menggunakan produk Apple sehari-hari. Ikuti dia di Google+.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>