How-To

4 Ide Mengolah Kerajinan Tangan Menjadi Aksesoris iPhone


Beberapa teman sering bertanya kepada saya, bagaimana cara memilih aksesoris iPhone yang menarik. Caranya hanya ada 2, beli dari merek yang sudah dikenal atau buat saja sendiri sesuai kebutuhan kamu. Nah kali ini tim MakeMac akan berbagi beberapa ide sederhana untuk mengolah barang sehari-hari yang kamu miliki, menjadi aksesoris iPhone. Yuk simak:

Dari Barang Bekas Menjadi Aksesoris iPhone yang Lucu

1. Menghias Case iPhone


Beberapa pengguna wanita lebih suka menggunakan iPhone dengan desain case yang penuh warna atau tampil feminim. Jika membeli case dengan warna menarik atau desain unik terasa cukup mahal, kamu bisa menggunakan cara lain yang lebih terjangkau. Mulailah dengan membeli case iPhone transparan atau bahan plastik tipis lalu hias permukaan belakang sesuai selera.

Bisa menggunakan manik-manik, potongan stiker, benang berwarna atau beberapa jenis benda lainnya. Gunakan lem transparan dan penjepit untuk memindahkan ornamen dengan mudah. Atau jika lebih serius lagi, kamu bisa membuat pola desainnya terlebih dahulu di atas kertas atau menggunakan aplikasi favorit misalnya. Tips tambahan, siapkan lebih dari 1 case untuk setiap percobaan ya. Hal ini untuk memudahkan kamu mengulangi pekerjaan tersebut jika dirasa kurang maksimal.

2. Docking dengan Beragam Ide

 Photo by. Grovemade999

Photo by. Grovemade

Docking adalah aksesoris untuk meletakkan iPhone dengan mode semi tegak dan layar menghadap ke arah pandangan secara mudah. Apple Store menjual aksesoris Lightning Dock dengan harga $39, punya port input Lightning dan output jack audio 3.5mm. Jika sekedar butuh tempat meletakkan iPhone dan mode charging saja, kamu bisa membuat tiruannya dengan mudah dan cepat lewat beragam benda bekas.

Ide pertama adalah menggunakan wadah kaset bekas yang pastinya mudah ditemukan jika kamu dulunya punya banyak koleksinya. Cara lain yang tidak kalah murah adalah menggunakan roll tissue yang cukup tebal dan sepasang gelas plastik untuk mencegahnya jatuh. Atau jika kamu punya kemampuan dan alat untuk membuat kreasi dari ornamen kayu, membuat wood docking juga bisa menjadi kegiatan di akhir pekan yang menyenangkan.

Tips untuk membuat dock yang menarik dan fugsional adalah mengukur sudut kemiringan sesuai kebutuhan kamu dengan cermat. Jangan lupa juga untuk menggunakan kabel data original atau aksesoris kabel data dari pihak dengan standar MFi. Karena jika tidak, penggantian kabel di wood docking akan lebih merepotkan pada saat sudah direkatkan dengan lem misalnya.


Baca Juga:


3. Merapikan Kabel


Sering menjumpai kabel Lightning, MagSafe atau kabel lain yang berantakan di meja kerja? Jangan terus dibiarkan ya! Kabel yang berantakan bisa jadi merepotkan kamu dalam menata meja, apalagi jika banyak benda lain di atas meja dan saling tumpang tindih. Tips terbaik untuk menata kabel di atas meja adalah menempatkan ujung kabel di pinggir meja saat tidak menggunakannya. Untuk menahannya agar tidak jatuh, silahkan gunakan penjepit kertas dan sangkutkan ujung setiap kabel dengan Lego misalnya.

Sedangkan untuk kamu yang biasa membawa kabel lightning di dalam tas, coba buat pengikat kabel atau kantung sederhana dengan beragam benda sehari-hari yang bisa kamu temukan. Mulai dari tapi penjepit kertas dalam ukuran lebih kecil, kotak kacamata yang sudah tidak dipakai atau mungkin kerajinan dari kulit yang didesain khusus untuk mengikat kabel. Tips untuk merapikan kabel dengan lebih baik lagi adalah memberikan label nama dari setiap kabel tersebut agar tidak tertukar dengan milik pengguna lain atau tambahkan juga info penting seperti kapan kabel itu kamu beli.

4. Wadah Charger yang Aman


Jika tempat tinggal kamu memiliki banyak colokan dalam ketinggian yang “nanggung” jika dihitung dari panjang Lightning Cable, mungkin kamu perlu membuat aksesoris seperti gambar di atas. Yaitu sebuah kotak untuk menyimpan iPhone sekaligus menggantungnya di lubang stop kontak. Dengan cara ini tidak perlu mencari kursi atau meja sebagai tempat untuk meletakkan iPhone. Posisinya yang berada cukup tinggi dan jauh dari jangkauan anak-anak bisa menjadi kelebihan tambahan yang menarik.

Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk membuat wadah charger tersebut. Cara yang paling mudah adalah memanfaatkan botol shampo bekas atau bisa menggunakan kerajinan dari kayu atau kardus bekas. Agar wadah charger ini awet dan tetap aman, pastikan kamu memberi jarak yang cukup dari bagian gantungan ke pada sumber listrik ya, jangan sampai malah memicu konsleting.

Punya Ide Kreatif Lain?

Masih banyak sekali ide kreatif lain yang bisa kamu lakukan dengan beragam benda yang ada di sekitar rumah, untuk membuat aksesoris iPhone. Mulai dari membuat tempat penyimpanan iPhone dan kabel data dengan kain perca, memberi label nama dengan sisa cat minyak atau beberapa hal lainnya. Punya ide kreatif dan menarik untuk membuat aksesoris iPhone yang sudah pernah kamu coba? Silahkan bagikan di kolom komentar ya!


10 Aksesoris Terbaik untuk Melengkapi iMac

Gambar


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top