Featured

4 Tips Memilih Hard Disk External untuk Pengguna Mac

 Photo by. Lacie Rugged100
Photo by. Lacie Rugged

Hard Disk eksternal adalah media penyimpanan tambahan yang sudah sangat umum di era sekarang ini. Ya, ini karena menyimpan semua data dalam perangkat komputer tentunya tidak disarankan. Selain membuat storage kamu penuh dan mengurangi produktivitas, jika ada masalah tentunya semua data yang ada juga bisa ikut musnah.

Nah untuk kamu pengguna komputer Mac yang ingin membeli Hard Disk eksternal, tim MakeMac punya beberapa tips yang harus kamu tahu ya! Berikut ini daftarnya:

1. Selalu Beli Hard Disk Baru, Tanpa Kompromi

 Photo by. Pexels101
Photo by. Pexels

Saya selalu menyarankan teman atau keluarga untuk membeli Hard Disk eksternal baru yang sesuai dengan anggaran. Hard Disk adalah teknologi penyimpanan data digital yang masih menggunakan hardware berupa piringan bergerak (platters) dan jarum pembaca dengan umur yang terbatas (biasanya disarankan 3–5 tahun).

Tentunya jika membeli barang bekas, kamu tidak memulai perhitungan waktu yang disarankan tadi dari awal. Kamu juga belum tentu tahu, bagaimana kondisi Hard Disk tadi – apakah digunakan dengan cara normal, sering terguncang yang menyebabkan platters dan piringan dalam kondisi kurang baik atau malah sudah bermasalah seperti bad sector misalnya.

2. Konektor dan Teknologi Hard Disk

 Photo by. OWC103
Photo by. OWC

Tips kedua adalah mengetahui informasi terbaru mengenai Hard Disk yang ada di pasaran sekarang. Saya bagi menjadi 2 hal ya – konektor dan teknologi Hard Disk itu sendiri.

Konektor adalah kombinasi dari port input ke Hard Disk eksternal dan output yang menghubungkan piranti ini ke komputer Mac kamu. Sesuaikan jenis konektor yang digunakan Hard Disk eksternal dengan kebutuhan kamu. Dari pengalaman tim MakeMac, ada beberapa jenis konektor di Hard Disk eksternal era sekarang ini. Yaitu USB 2.0, USB 3.0, Firewire 800, Lightning Port dan juga LAN untuk Hard Disk eksternal dengan koneksi ke jaringan internet misal.

Lanjut ke teknologi, ini adalah pembahasan untuk aplikasi yang diberikan oleh pabrikan Hard Disk tadi dan juga hal lainnya seputar hardware. Kembali lagi pada kebutuhan, silahkan sesuaikan apakah kamu membutuhkan teknologi tambahan yang ditawarkan (software enkripsi, auto backup, fingerprint ) serta pantau juga teknologi hardware terbaru saat ini seperti ketipisan yang digunakan atau beragam hal lainnya.

3. Tetapkan Penggunaan Hard Disk Eksternal dan Jangan Salah Pilih Ukuran

Silahkan tetapkan tujuan penggunaan Hard Disk eksternal yang akan kamu beli. Apakah akan digunakan sebagai backup manual – berupa tempat meletakkan data dari setiap projek atau tugas yang sudah selesai kamu kerjakan, dokumen multimedia, foto? Atau sebagai backup data sekaligus sistem operasi kamu menggunakan fitur Time Machine Backup?

Nah jika ingin menggunakan Hard Disk eksternal sebagai Time Machine Backup, saran saya pilih yang berkapasitas lebih besar dari Hard Disk internal kamu. Misal 500GB Hard Disk internal, maka sebaiknya pilih kapasitas 1TB untuk Hard Disk eksternal kamu. Ini untuk mencegah media penyimpanan tersebut cepat penuh dan membuat kamu kerepotan untuk beli baru atau menghapus data backup yang lama.


Baca Juga:

4. Format Hard Disk

Jika kamu membaca bagian ini, anggap saja Hard Disk eksternal baru sudah ada di tangan kamu. Sekarang tentukan format dari file system yang akan kamu gunakan di Hard Disk eksternal tersebut.

Hal ini menjadi sangat penting dan personal – tergantung kebiasaan penggunaan. Ada 4 format file system yang paling populer untuk pengaturan media penyimpanan eksternal. Yuk kita bahas semua jenisnya supaya kamu paham dan bisa pilih sesuai kebutuhan:

  • FAT32 adalah teknologi format file system untuk Hard Disk yang sudah sangat lama. Kelebihan format ini adalah mendukung berbagai sistem operasi dan dapat digunakan secara langsung. Inilah kenapa semua Flash Drive secara default menggunakan format FAT32. Kelemahannya adalah tidak bisa menyimpan sebuah dokumen dengan ukuran lebih dari 4GB.
  • NTFS adalah standar format yang ada di kebanyakan Hard Disk eksternal sekarang ini. Format file system ini bisa menyimpan data dalam ukuran besar, lebih dari FAT32. Kelemahan NTFS adalah tidak mendukung mode menambahkan data (Write) dari sistem operasi OS X alias hanya membaca dan salin (Read) saja. Kamu bisa mendapatkan mode Read and Write di format file system NTFS ini dengan menginstal aplikasi tambahan seperti Paragon NTFS for Mac 14 atau lainnya.
  • HFS+ (Mac OS Extende Journaled) adalah format file system terbaru yang ada di OS X – standar Hard Disk di komputer Mac. Kamu harus menggunakan format file system ini jika ingin menjadikan Hard Disk eksternal sebagai Time Machine Backup ya. Kelemahan format ini adalah tidak mendukung komputer Windows, bisa menggunakan aplikasi tambahan jika memang dibutuhkan.
  • exFAT adalah standar baru dari generasi FAT32. Format file system ini diperkenalkan pada sekitar tahun 2006 dan mendukung sistem operasi Windows serta OS X. Kini exFAT lebih dikenal pada perangkat SD Card terutama tipe SDXC yang mengedepankan kecepatan dan dapat menyimpan sebuah dokumen dengan ukuran yang besar. Jika kamu akan menggunakan Hard Disk eksternal di Mac atau Windows dan tidak ingin repot mengenai Read and Write, exFAT bisa menjadi alternatif yang tepat.

Akhir Kata

Semoga 4 tips di atas dapat membantu kamu memilih Hard Disk eksternal yang sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan ya. Saran tambahan, gunakan Hard Disk eksternal dengan baik dan benar – bukan sebagai tempat sampah dari semua data yang sudah tidak kamu butuhkan di media Hard Disk internal.

Punya tips tambahan atau hal yang ingin ditanyakan? Silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini atua mention di Twitter @MakeMac ya!


DaisyDisk 4: Cek Kapasitas Penyimpanan Berdesain Indah + Fitur Hapus Cepat

Gambar


7 Comments

7 Comments

  1. Tony

    17 May 2016 at 12:36

    saya punya hd-ext dengan kapasitas 2TB dan saya format menggunakan format exFAT.
    proses read/write file yang berukuran besar (misal file film dengan format mkv atau mp4 dari laptop menuju hd-ext ataupun sebaliknya) pada hd-ext tersebut berlangsung sangat cepat karena konektor pada laptop MBP-RD sudah USB 3.0 (bisa read/write mencapai max 100MB/sec.).
    namun ketika saya playback file film dari hd-ext tersebut -mengapa tersendat-sendat ya gambar-nya.
    bahkan yang resolusi 360p pun terkadang tersendat-sendat juga.
    apakah ini kelemahan dari format exFAT?

    • Bagus Hernawan

      17 May 2016 at 19:15

      Halo Tony,

      Wah belum pernah ada pengalaman serupa nih. Nanti kita coba juga deh ya dan update infonya untuk kamu.

  2. Stark

    17 May 2016 at 14:39

    {USUL} Bahas tentang pasang SSD di superdrive MacBook/MacBook Pro Lawas juga dong

  3. Arief Rivai

    18 May 2016 at 19:47

    Mungkin sekalian dibahas merek hardisk yang oke, dilihat dari fisik yang elegan serta kecepatan baca tulisnya..

  4. Yuna

    19 July 2016 at 20:39

    Mas saya mau beli HD-ext, tapi gk tau mana yang bagus utk digunakan mac dan windows.
    Karena laptop saya mac dan pc kantor windows.
    Jadi HD yang merk apa yg compatible utk keduanya??
    Saya palingan hanya utk data photo+video dan document..
    Bisa bantu kasi tau merk apa yang harus saya beli??

  5. publikasikan

    18 September 2016 at 21:27

    saya format expfat, edit video dengan finalcut, project file saya simpan di external HD tadi, terasa berat, beda dengan disimpan di drive macnya

  6. Ryan

    5 December 2016 at 19:41

    Gan ad saran ga untuk merk HD yg bagus. Ad tmn sih recom LaCie. Bgs ga kira2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top