How-To

5 Ciri-Ciri Baterai iPhone Mulai Rusak dan Harus Segera Ganti

Semua perangkat digital dengan kategori mobile memiliki teknologi baterai sebagai kunci utama, untuk menghidupi semua bagian elektronik. Seiring bertambahnya umur perangkat, baterai yang dimiliki pasti mengalami penurunan kualitas dan juga daya simpan. Hal ini juga berlaku untuk iPhone, iPad atau komputer Mac. Khususnya untuk iPhone, pasti sangat terasa karena ponsel ini selalu menemani kamu dalam kegiatan sehari-hari.

Nah, apa saja ciri-ciri baterai iPhone yang rusak dan sebaiknya segera kamu ganti? Berikut ini catatan yang dapat kamu simak:

Ciri-Ciri Baterai iPhone Mulai Rusak dan Harus Segera Ganti

5. Baterai Lebih Cepat Habis dengan Waktu Singkat

Salah satu tanda bahwa baterai kamu mulai rusak atau lebih boros adalah penggunaan yang singkat alias lebih cepat habis. Ambil contoh kamu biasa menggunakan iPhone dari keluar rumah jam 7 pagi dan harus mengisi baterainya pada pukul 5 sore. Jika ternyata jam 12 siang sudah menunjukkan baterai habis, itu tandanya baterai sudah lebih boros. Tentunya percobaan ini dilakukan dengan pola penggunaan yang cenderung sama ya.

4. Persentase Baterai Berkurang atau Bertambahn Secara Tidak Wajar

Jika kamu menggunakan perangkat iOS 10, silahkan masuk ke Settings – Battery – Battery Percentage – ON. Fitur ini akan menampilkan tanda persentase penggunaan baterai di perangkat iOS dari Status Bar di sebelah kanan atas. Jika sering melihat penurunan persentase yang tidak wajar, itu bisa menjadi salah satu tanda kerusakan baterai.

Contohnya adalah indikator baterai menunjukkan angka 50%, lalu kamu menggunakan iPhone untuk bermain games atau kegiatan lainnya dan tiba-tiba langsung turun di angka 30%. Lantas saat memutuskan untuk charging, persentase baterai akan langsung melompat ke 50% lagi.


Baca Juga:


3. iPhone Mendadak Mati, Persentase Baterai Masih Tinggi

Tanda baterai iPhone sudah mulai rusak berikutnya adalah mendadak mati saat digunakan, padahal indikator baterai masih cukup banyak. Masalah ini bisa terjadi karena kesalahan pada sistem di indikator baterai atau sel baterai yang sudah tidak stabil. Biasanya masalah ini dimulai dari posisi persentase baterai yang sudah sedikit dan terus berkembang bahkan hingga kondisi masih 50% dan membuat iPhone langsung mati.

2. Voltase Baterai Tidak Stabil

Tegangan listrik atau Voltase yang harusnya mengalir dari dan ke baterai iPhone adalah sekitar 4V. Jika jauh lebih rendah dari angka tersebut, berarti ada masalah di perangkat yang berhubungan dengan sumber daya baterai. Bisa baterai itu sendiri atau bagian lain yang berhubungan dengan pengisian daya (IC Power, Lightning Port, dan lain sebagainya).

Cara paling mudah untuk mengecek Voltase baterai di iPhone yang sering saya lakukan adalah menggunakan aplikasi tambahan. Salah satunya adalah Battery Life. Silahkan unduh dan instal aplikasi ini lalu masuk ke menu Raw Data, cek di bagian Voltage. Apakah menampilkan angka 3.8 V – 4 V sebagai tanda tegangan listrik yang normal?

1. Baterai Gembung dan Merusak LCD

Ada beberapa generasi iPhone yang sering mengalami kasus baterai rusak dan berakhir mengembung atau berubah ukuran menjadi lebih besar. Selain membuat perangkat iOS menjadi tidak nyaman untuk digunakan, ukuran baterai yang bisa menjadi 2x lebih besar ini dapat mendesak perangkat lain. Terutama untuk LCD dan juga komponen lain. Jika dibiarkan saja dan semakin parah, bisa jadi LCD akan rusak dan memerlukan biaya perbaikan tambahan.

Dari catatan yang tim MakeMac dapatkan, perangkat iPhone 5 paling sering mengalami masalah baterai gembung. Apple sendiri pernah menghadirkan iPhone 5 Battery Replacement Program untuk para pengguna di tahun 2013. Cara paling mudah untuk melihat apakah baterai kamu mengalami masalah gembung adalah meletakkan iPhone di bidang datar dan mengamati dari samping.


Baca Juga:


Punya Tips Tambahan?

Lima tips di atas adalah cara paling mudah untuk melihat masalah baterai rusak di perangkat iPhone. Dari pengalaman tim MakeMac, baterai iPhone akan mengalami penyusutan kapasitas penyimpanan setelah penggunaan di atas 2 tahun. Tentunya beberapa faktor eksternal juga memegang pengaruh penting dalam hal ini. Seperti suhu tempat kamu menggunakan iPhone, aktivitas penggunaan, jumlah storage kosong yang tersedia, kestabilan koneksi paket data selular dan beberapa hal lainnya.

Jika iPhone kamu mengalami beberapa ciri-ciri kerusakan baterai di atas, sebaiknya segera lakukan penggantian baterai ya. Semua perangkat iPhone memang menggunakan baterai dengan tipe non-removable alis tidak bisa dilepas pasang secara mudah.

Harga Ganti Baterai iPhone dari Apple

Apple menawarkan penggantian baterai secara gratis jika perangkat tersebut ada dalam perlindungan garansi setahun awal atau menggunakan AppleCare+. Syarat utamanya adalah kapasitas penyimpanan baterai yang berada di bawah angka 80% dari kapasitas normal. Sedangkan untuk perangkat iPhone yang sudah tidak dilindungi garansi, kamu dapat membawanya ke Apple Store dengan membayar biaya perbaikan $79. Tentunya opsi ini tidak tersedia di Indonesia, mengingat Apple Store belum hadir di negara ini.


5 Hal Menarik di iPhone 6s Smart Battery Case Selain Bentuknya

Gambar


4 Comments

4 Comments

  1. Jhonny

    8 March 2017 at 05:00

    “Sedangkan untuk perangkat iPhone yang sudah tidak dilindungi garansi, kamu dapat membawanya ke Apple Store dengan membayar biaya perbaikan $79. Tentunya opsi ini tidak tersedia di Indonesia, mengingat Apple Store belum hadir di negara ini.”

    jadi intinya, baterai iphone walaupun rusak ga usah diganti mengingat Apple Store belum hadir di negara ini?

    • Imam Firdaus Dwimeianto

      13 May 2017 at 16:47

      kalau mau, kayak teman kakak saya dulu. Iphonenya dikirim ke luar negeri, tentunya negara yang ada apple storenya

  2. Pingback: Ciri ciri Baterai iPhone Mulai Rusak dan Harus Segera Ganti | MacNet Indonesia

  3. Ganna

    13 April 2017 at 12:12

    Dimana tempat beli baterai original
    Iphone 5s di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top