5 Penyebab dan Solusi Menangani Mac Yang Lemot

Coba bayangkan sejenak. Anda sedang menggunakan Mac untuk mengerjakan sesuatu (selain main games). Mesin tidak berisik, perpindahan antara aplikasi lancar, dan tidak terjadi delay ketika mengetik. Tiba-tiba Mac menjadi lambat. Something is wrong!

Kasus di atas tidak akan terulang apabila Anda bisa mengidentifikasi sumber masalah dan memperbaikinya. Namun bagi yang tidak terbiasa mengutak-atik Mac bisa mengalami hal yang sama berkali-kali. Artikel kali ini akan mengupas penyebab-penyabab umum mengapa Mac Anda bisa menjadi lemot dan mengeluarkan suara *ngung~ngung~ngung.

Time Machine Sedang Berjalan

Ketika Time Machine sedang bekerja, maka Mac akan melakukan backup berkala dan menulis file-file baru ke hardisk external yang digunakan sebagai backup. Proses backup ini bisa membuat Mac berjalan menjadi lambat, terutama pada saat menyalin data dalam ukuran besar.

Proses Backup Time Machine
Proses Backup Time Machine

Biasanya saya membiarkan Time Machine menyelesaikan tugasnya terlebih dahulu apabila ukuran yang disalin sangat besar. Saya lebih suka menggunakan mesin pada keadaan optimal di mana tidak ada ada hambatan dari proses lain. Bila Anda selalu berurusan dengan data berukuran besar yang tidak ingin di backup, maka Anda bisa membuat sebuah folder sebagai pengecualian pada proses back up.

Pengaturan Time Machine
Pengaturan Time Machine
  1. Buat sebuah folder dan isi dengan nama yang Anda inginkan.
  2. Jalankan “Time Machine Preferences”, Anda bisa mencarinya menggunakan Spotlight.
  3. Pilih “Options…” di bagian kanan bawah.
  4. Tambahkan folder yang sudah dibuat ke dalam ”Exclude these items from backups”.

Sekarang apabila Anda perlu menyimpan data dengan ukuran besar seperti film, cukup masukkan ke dalam folder yang sudah dibuat. Langkah tersebut bukan saja menghindari Mac menjadi lambat, tetapi juga menghemat kapasitas hardisk yang dipakai.

Jumlah Login Item Yang Berlebihan

Seperti yang pernah dituliskan sebelumnya dalam kumpulan tips untuk mengoptimalkan Mac, login item adalah biangnya startup yang lama. Walaupun tidak semua login item bisa mengakibatkan melambatnya kinerja Mac, tetapi setiap proses yang berjalan pasti akan menguras RAM yang tersedia pada Mac.

Login Items
Login Items

Ketahui fungsi masing-masing login item dan hapus yang tidak berguna. Anda bisa menghapus login item dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka “User & Groups” yang terdapat pada “System Preferences…”.
  2. Pindah ke tab “Login Items” di bagian atas.
  3. Hapus login item yang tidak berguna dengan memilih tanda minus di bagian kiri bawah.

Kadangkala terdapat beberapa aplikasi yang memasukkan dirinya ke login item tanpa sepegetahuan Anda. Login at startup pada aplikasi-aplikasi tersebut dapat dimatikan dengan membuka pengaturan pada masing-masing aplikasi. Jadi jangan heran mengapa login item selalu bertambah walaupun sudah dihapus berkali-kali.

Kekurangan System Memory Atau RAM

Memory menjadi faktor utama seberapa banyak aplikasi yang bisa berjalan sekaligus. Menjelaskan RAM ke orang awam tidaklah sulit. Cukup ajukan pertanyaan:

Berapa banyak informasi baru yang bisa Anda tampung pada saat ini?

Kapasitas maksimum untuk mengingat informasi itulah dikenal dengan istilah memory atau RAM. Apa yang terjadi ketika Anda sudah tidak kuat menampung informasi ke dalam ingatan? Anda mencatatnya ke dalam catatan. Mencatat membutuhkan waktu. RAM yang tidak cukup akan disalin ke dalam virtual memory seperti analogi catatan di atas.

About This Mac
About This Mac

Pertama, Anda perlu mengetahui RAM yang tersedia pada Mac. Anda cukup memilih lambang Apple () di kiri atas layar, kemudian About This Mac. Di sana akan tersedia sebuah informasi tentang seberapa besar memory Mac Anda.

Penggunaan System Memory
Penggunaan System Memory

Kedua, ketahui jumlah RAM yang sudah dipakai. Anda dapat memeriksanya dengan menjalankan Activity Monitor yang tersimpan dalam folder Utilities. Kemudian Anda cukup berpindah ke tab System Memory untuk mengetahui jumlah RAM yang sudah dipakai serta sisa RAM. Anda perlu menambah RAM apabila ukuran “Swap used” terlampau besar. Seberapa besar? Saya sendiri tidak pernah menggunakan lebih dari 5 GB, jadi di bawah itu masih wajar.

Apabila Anda sudah memutuskan untuk mengganti RAM, MakeMac memiliki beberapa artikel yang bisa membantu proses upgrade RAM:

Penggunaan RAM berlebihan juga bisa disebabkan kebiasaan yang buruk untuk menjalankan banyak aplikasi bersamaan. Berikut ini ada tips-tips tambahan untuk menghemat RAM yang digunakan apabila Mac sudah mencapai kapasitas maksimum RAM.

  • Jalankan hanya aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan. Dengan demikian, RAM tidak akan pernah melewati batas.
  • Pelajari jumlah RAM yang digunakan setiap aplikasi. Beberapa aplikasi memang sering terjadi leak yang menyebabkan jumlah RAM terpakai berlebihan. Anda bisa memeriksanya mengguanakan Activity Monitor.
  • Restart aplikasi sekali-kali. Terutama Safari di mana memory handling masih cukup jelek apabila dibandingkan ke Google Chrome.

Kecepatan Read/Write Hardisk

Anda bisa memiliki prosesor tercepat di dunia. Namun semuanya akan tetap sia-sia apabila hardisk Anda memiliki kecepatan read/write yang payah. Itulah yang terjadi saat ini, RAM yang besar, prosesor yang cepat, tetapi hardisk masih memiliki kecepatan read/write ±25 MB/s.

Pengaruh read/write sangat menentukan karena ketika menggunakan Mac selalu terjadi read dan write dari hardisk. Anda pasti pernah copy sebuah file berukuran besar dari hardisk external ke Mac. Rata-rata kecepatan pada USB 2.0 adalah ±60 MB/s. Baik di Windows maupun Mac, read/write sangat mempengaruhi seberapa cepat sebuah aplikasi dibuka untuk pertama kalinya. Perpindahan data juga ditentukan oleh kecepatan read/write hardisk. Apabila Anda tertarik untuk mengetahui kecepatan read/write hardisk, Anda bisa menjalankan command ini di Terminal:

Kecepatan Write:
time dd if=/dev/zero bs=1024k of=tstfile count=1024

Kecepatan Read:
dd if=tstfile bs=1024k of=/dev/null count=1024

Kecepatan Write Hardisk
Kecepatan Write Hardisk

Anda melihat angka di sebelah bytes/seconds? Salin angka tersebut dan lakukan konversi ke MB/s melalui Google dengan memasukkan “50287333 bytes to MB”. Hasilnya adalah ± 48 MB/s.

Jadi bagaimana meningkatkan kecepatan read/write sebuah hardisk? Apabila Anda berencana membeli Mac dalam waktu dekat, pastikan hardisk dalam Mac adalah SSD (Solid State Drive) yang tidak lagi menggunakan piringan yang menghasilkan suara *ngung~ngung~ngung, tetapi menggunakan sirkuit listrik (yang saya juga kurang ngerti). Kecepatan read/write SSD bisa mencapai 5 kali lipat hardisk biasa. Bagaimana rasanya? Anggap saja Anda terbiasa menggunakan dial up untuk internetan dan tiba-tiba berpindah ke jaringan broadband.

Background Process Yang Liar

Tidak selalu tapi pasti pernah terjadi. Sebuah aplikasi hang sehingga seluruh sistem tidak bisa berjalan. Berutungnya di Mac, kejadian demikian tidak menyebabkan OS X tidak bisa dikendalikan sama sekali. Anda dengan mudah menekan ⌘+⌥+Esc atau Command+Option+Escape untuk memunculkan window Force Quit dan mematikan aplikasi yang bikin hang.

Force Quit Applications
Force Quit Applications

Apa yang harus Anda lakukan seandainya penyebab utamanya bukan aplikasi, melainkan sebuah process di background? Anda perlu mencari tahu proses mana yang bermasalah dan melakukan Force Quit melalui Activity Monitor. Langkah lengkap sudah pernah dibahas dalam tulisan “Cara Memperbaiki Isu Overheat di OS X”.

Kesimpulan

Secanggih apapun sebuah mesin tetap membutuhkan manusia yang mengendalikan. Apabila Anda sudah mengetahui penyebab-penyebab umum sebuah Mac bisa menjadi lambat, maka Anda dapat dengan mudah mencegahnya sehingga tidak lagi ada rasa sebel karena Mac yang lemot. Apabila ada yang salah atau kurang, silakan beritahu kami melalui komentar di bawah.


Seorang penggemar produk Apple dan memiliki blog pribadi yang membahas kebiasaannya dalam menggunakan produk Apple sehari-hari. Ikuti dia di Google+.

16 Comments

  1. mautauaja  /  27 July 2012, 09:12 Reply

    Sejak Lion hingga Mountain Lion, OS X sangat rakus RAM. Dengan kapasitas RAM 4GB pun booting terasa lambat, dan tidak lebih cepat dari Snow Leopard.
    Buka Safari dengan 5 tab saja bisa menghabiskan sebagian besar RAM.

    • Tommy Ryanto  /  10 September 2012, 21:11

      saya juga merasakan hal seperti itu.. semenjak upgrade dari lion ke mountain lion, mac saya terasa lemot..

  2. Adham Somantrie  /  29 July 2012, 08:05 Reply

    Ukuran Swap File yang besar tidak terlalu menjadi masalah kalau menggunakan SSD.

  3. Kismawan  /  1 August 2012, 08:31 Reply

    Trims infonya.

    Minta tolong konfirmasi mengenai RAM ini.
    Saya pengguna Macbook Putih (MB62) dengan RAM 4GB.
    Barusan saya coba check lewat “Activity Monitor”, tapi ternyata RAM-nya cuman 3GB.
    Kenapa cuman 3GB ya?
    Apakah tipe Macbook Putih tersebut hanya mampu sampai 3GB saja?
    Oya, saya juga pakai VMWare untuk menjalankan OS Windows XP, dengan setting RAM untuk Windows sebesar 512MB. Apakah RAM WIndows ini ada pengaruh terhadap RAM untuk MAC OS, walaupoun Windows-nya jarang saya gunakan?

    Terima kasih atas bantuannya.

  4. putu  /  3 August 2012, 06:34 Reply

    saya mau tanya apakah kernel berpengaruh pada peforma keseluruhan?

    saya merubah kernel dari 64bit jadi 32 bit
    apakah ada perbandingan di antaranya secara mendetail?

    • Kuswanto  /  3 August 2012, 10:08

      Aplikasi akan berjalan lebih lambat, terutama aplikasi yang membutuhkan kinerja prosesor seperti Adobe Photoshop. Aplikasi seperti Safari atau preview tidak akan terasa perbedaanya.

  5. andre terry  /  2 November 2012, 23:00 Reply

    saya punya pengalaman yang sama nih, sejak upgrade lion mountain kok jadi lambreta.
    spek saya i5 2,3Ghz, 320gb, 4gb ddr3
    dibandingkan adu dengan
    core to duo 2ghz, 4gb ddr3, 160gb

    buka file di photoshop, kalah responsif

  6. irfan  /  18 May 2013, 13:10 Reply

    gan saya mau tanya.
    kenapa ya macbook apple saya, ketika di hidupkan muncul tanda tanya?
    minta solusinya gan. please

  7. andri pranata  /  26 May 2013, 01:13 Reply

    gan saya mau tanya.
    kenapa mac saya kalau dicharger gak lemot tapi kalau chargernya di lepas dia lemot lagi
    minta solusi dan pencerahannya agan-agan
    please……….

  8. Hanindha  /  2 June 2013, 00:35 Reply

    Misi bro, mau tanya, newbie nih :P

    Gini, aku ada MacBook White, sejak baterainya ngedrop, dia jd sering berhenti sendiri,keyboard sm cursor mousenya srg berhenti sendiri.
    Kira2 apa penyebabnya? Plus, solusinya juga bro. Mohon dibantu yak :)
    Makasih.

    • Kuswanto  /  3 June 2013, 06:37

      Untuk masalah hardware seperti itu, bawa saja ke Authorize Apple Service di kota kamu. Mereka bisa mendiagnosa penyebabnya dengan akurat.

  9. Reggie  /  5 July 2013, 02:18 Reply

    bro, saya pakai MBP 15″ 2ghz i7quad core …. ram 16Gb 1333 ddr3

    awal boot up sih normal2 saja, tapi lama kelamaan kalau sudah di pakai beraktivitas, tampilan jadi patah2 dan unresponsive…..

    sebelumnya HDD 1Tera saya berasal dari MBP 13” i5 2.3ghz saya pindahin langsung tanpa di apa-apain. anehnya klo dah mulai patah2 gitu saya turn off dan saya nyalain lagi MBP kembali sehat…..

    utk bahan pertimbanga, MBP saya sedang dalam kondisi tanpa battre.

    thx buat waktunya.

  10. indra  /  5 November 2013, 14:19 Reply

    maaf bro, saya mau nanya,

    setelah instal mavericks, mac saya jd suka nge hang,
    nge hang nya itu terjadi ketika saya masuk finder, ketika mencoba meng klik data pada finder dan c balon pantai nya terus berputar (loading) dan ketika itu saya tidak bisa membuka apa2, dan halus melakukan rebooting.. tolong ya mas bro cara membuat normal kembali gimana.

    thx bro

  11. we  /  15 December 2013, 23:58 Reply

    Memory ram sayaa 2gb di mac saya,ingin menjadi 4b gmna caranya?tolong jawab…

  12. Dewix  /  28 March 2014, 22:09 Reply

    Tolong info ya , tadi saya menciba instal modem di mac , apa mungkin saya salah instal? Dan ketika saya mencoba mengunakan mac tidak bisa menerima , dan masalahnya adalah , ketika saya matikan mac menjadi lelet dan begitu saya buka lagi mac loding dan seperti mati sejenak dan baru hidup ? Kenapa kah itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>