Featured

5 Tips dan Trik Rahasia di System Preferences untuk Pengguna Mac

System Preferences adalah salah satu aplikasi bawaan di macOS yang sangat penting. Ya, hampir semua pengaturan yang berhubungan dengan tampilan, koneksi dengan perangkat lain serta akun iCloud dapat kamu temukan di System Preferences. Apple juga tidak memberikan banyak perubahan untuk System Preferences dari setiap update sistem operasi Mac (sejak OS X Leopard yang saya kenal pertama kali), tentunya ini untuk membuat semua pengguna tetap familiar dengan aplikasi ini.

Nah kali ini tim MakeMac akan berbagi beeberapa tips dan trik rahasia untuk menggunakan System Preferences. Beberapa tips ini bisa kamu gunakan di macOS Sierra atau mungkin di generasi sebelumnya. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan produktivitas penggunaan komputer Mac dan mengakses setiap bagian secara lebih cepat. Simak infonya ya!

1. Akses System Preferences Lebih Cepat

Jika selama ini kamu hanya mengakses System Preferences dari folder Application – System Preferences, ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan dan bisa lebih cepat. Berikut ini daftarnya:

Akses System Preferences dengan Spotlight. Aktifkan Spotlight dengan shortcut standar cmd + option lalu ketik System Preferences. Setelah itu tekan Enter untuk masuk ke aplikasi tersebut. Kamu juga bisa mengetik salah satu ikon pengaturan di dalam System Preferences ke Spotlight untuk membuatnya lebih cepat lagi, misalkan Display, Accessibility, Users & Groups dan lain sebagainya.

Akses System Preferences dari Dock. Cara ini bukan sekedar menekan ikon aplikasi dengan gambar gir tersebut ya. Namun kamu bisa mengarahkan pointer mouse dan lakukan klik dan tahan, atau akses dengan klik kanan. Dengan cara ini semua ikon pengaturan di System Preferences dapat kamu pilih dan langsung buka dengan cepat.

Shortcut cepat bawaan Apple. Cara ketiga adalah menggunakan shortcut cepat yang sudah dibuat oleh Apple untuk akses beberapa sub-fitur di dalam System Preferences. Berikut ini beberapa shortcut yang tim MakeMac temukan, semuanya berhubungan dengan deretan shortcut di Function Key yang ada di keyboard bawaan komputer Mac.

  • Displays: Option + F1 atau F2.
  • Mission Control: Option + F3.
  • Keyboard: Option + F5 atau F6.
  • Sound:Option + F10, F11 atau F12.

2. Navigasi di Dalam Aplikasi Lebih Mudah

Saya sering sekali membuka System Preferences dan ingin melakukan seuah pengaturan, tetapi malas untuk mengingat bagian mana yang harus diakses lebih dahulu. Jika kamu punya kebiasaan yang sama, silakan gunakan kolom Search di bagian kanan atas System Preferences. Ketik kata kunci dari pengaturan yang kamu inginkan lalu pilih dari daftar rekomendasi dari System Preferences. Misalkan untuk menggunakan Dark Menu Bar, saya tinggal mengetik kata Dark saja lalu pilih rekomendasi Dark Menu Bar and Dock lalu tekan Enter. Sebagai tambahan catatan, kamu juga bisa menggunakan shortuct cmd + f di tampilan utama System Preferences untuk masuk ke mode mengetik pesan di kolom pencarian ya.

Cara kedua untuk melakukan navigasi di System Preferences adalah mengandalkan tombol ketiga di bagian kiri atas. Silahkan tekan tombol ini sekali untuk kembali ke tampilan utama dari System Preferences. Kamu juga bisa klik dan tahan untuk memunculkan pilihan menu pengaturan System Preferences – mirip dengan cara akses dari Dock.

3. Rapikan dengan 2 Jenis Urutan

Apakah kamu merasa janggal dengan tampilan System Preferences di atas? Jangan kaget, ini hanya mode tampilan ikon di System Preferences yang diurutkan dalam mode alfabetik atau urut dari A-Z. Cara melakukan pengaturan ini adalah masuk ke Menu Bar dan pilih View – Organiza by Alphabetically. Untuk mengembalikan ke mode sebelumnya, silahkan pilih Organize by Category.


Baca Juga:


4. Simpan Pengaturan yang Tidak Diperlukan

System Preferences secara default hadir dengan 4 baris dan sekitar 8 kolom. Tentunya dari banyak pengaturan ini pasti banyak yang jarang atau mungkin malah tidak pernah kamu sentuh. Nah untuk membuat tampilannya lebih minimalis dan mencegah teman atau mungkin anak kecil di rumah mengganti pengaturan penting, silahkan sembunyikan saja beberapa ikon di System Preferences!

Caranya sangat mudah, masuk ke System Preferences lalu akses di Menu Bar View – Customize. Silahkan hapus tanda centang di setiap ikon yang ingin kamu sembunyikan dan simpan pengaturan ini dengan menekan tombol Done. Dengan cara tersebut, ikon dari pengaturan yang kamu pilih akan menghilang dari System Preferences. Perlu dicatat, ikon pengaturan yang kamu sembunyikan tetap dapat diakses dengan cara lain seperti kolom Search, shortcut atau beberapa cara lainnya.

5. Hapus Aplikasi di System Preferences

Beberapa aplikasi pihak ketiga di komputer Mac, ada yang berbentuk pengaturan tambahan di System Preferences saja. Tujuannya sih memudahkan pengguna mendapatkan akses pengaturannya dan biasanya berupa aplikasi kecil saja berbentuk pengaturan tambahan. Beberapa nama yang sangat ngetop adalah Perian, Paragon NTFS atau Java bagi pengembang aplikasi yang membutuhkan plugin tersebut.

Bagaimana cara menghapus aplikasi pihak ketiga yang ada di System Preferences? Mudah saja, silahkan klik kanan di salah satu ikon aplikasi tersebut lalu pilih Remove. Cara lain adalah masuk ke Menu Bar Finder > Go > Go to Folder > /Library. Setelah itu bukan PreferencesPanes dan cari nama pengaturan aplikasi pihak ketiga yang ingin kamu hapus.

Punya Tips Tambahan?

Dari beberapa tips di atas, mana saja yang belum pernah kamu coba? Atau mungkin kamu punya tips tambahan yang bisa saya gunakan untuk melengkapi artikel ini? Silahkan tulis di kolom komentar atau Tweet ke @MakeMac ya!


5 Gesture Rahasia di iPhone, iPad yang Wajib Kamu Tahu

Gambar


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top