How-To

5 Tips Mengunci iPhone dengan Passcode Lock Ekstra Aman

Passcode Lock atau password yang harus kamu masukkan di Lockscreen perangkat iOS adalah benteng pertahanan pertama, dari pencuri atau mungkin teman yang iseng dan ingin menggunakan iPhone milikmu. Masih banyak pengguna yang menganggap sepele fitur ini, seperti menggunakan password yang terlalu sederhana atau malah tidak menggunakan sama sekali.

Tim MakeMac akan berbagi tips terbaik untuk membuat Passcode Lock ekstra aman di iPhone atau iPad. Berikut ini daftarnya:

5 Tips Membuat Passcode Lock Ekstra Aman di iPhone

5. Aktifkan Passcode Lock dan Touch ID

Jika kamu menggunakan iPhone 5s, iPad Mini 3, iPad Pro atau yang lebih baru, Passcode Lock bisa dibuka dengan memasukkan password atau menggunakan Touch ID. Untuk mengakses pengaturan ini, masuk ke Settings – Touch ID & Passcode. Untuk pengaturan pertama kali, masukkan Passcode yang kamu inginkan dan ulangi sekali lagi.

Masuk ke halaman pengaturan ini, ada beberapa tombol yang dapat kamu aktifkan. Yaitu penggunaan Touch ID untuk Apple Pay, iTunes & App Store dan mendaftarkan fingerprint tambahan jika diperlukan. Aktifkan fitur ini sesuai kebutuhan dan jangan lupa untuk memberi nama setiap jari yang sudah kamu daftarkan.

4. Minimal Gunakan Passcode Lock dengan 6 Digit Angka

Sejak IOS 10, Apple menghadirkan fitur Passcode Lock dengan 6 digit angka untuk mempersulit password tersebut dijebol. Jika kamu masih menggunakan 4 digit angka, silahkan update ke opsi 6 digit secepatnya ya!

Cara mengganti Passcode Lock adalah masuk ke Settings – Touch ID & Passcode. Setelah itu scroll ke bawah dan tekan Change Passcode. Isi dengan password lama yang kamu gunakan dan tekan tombol Passcode Option dan pilih 6-Digit Numeric Code.

Tips tambahan, setelah mengganti password untuk Passcode Lock, segera catat di aplikasi password manager atau catatan yang aman ya. Saya pribadi biasa menggunakan 1Password atau Secure Notes di iOS.


Baca Juga:


3. Buat Password Sepanjang yang Kamu Mau

Masih merasa kurang aman dengan 6 digit angka sebagai Passcode Lock? Tenang, kamu bisa membuat keamanan yang lebih tinggi lagi, yaitu Custom Numeric Code atau Custom Alphanumeric Code. Cara ini memberikan fitur input password lebih dari 6 digit angka dan tidak otomatis masuk Homescreen setelah diketik. Tetapi kamu harus menekan tombol OK sebagai langkah perlindungan tambahan.

Caranya adalah masuk ke Settings – Touch ID & Passcode. Masuk ke tombol Change Passcode, masukkan password yang sedang digunakan lalu pilih Passcode Options – Custom Numeric Code atau Custom Alphanumeric Code. Tulis password yang kamu inginkan dan simpan. Ingat, untuk mencegah kamu terlupa dengan password ini, pastikan untuk langsung mencatat dan simpan di tempat yang aman.

2. Aktifkan Fitur Erase Data

Masih di halaman pengaturan Touch ID & Passcode, ada fitur terakhir yang tampil di bagian bawah yaitu Erase Data. Fitur ini berfungsi untuk mengijinkan perangkat iOS menghapus data yang ada di perangkat iOS setelah mendeteksi 10 kali kesalahan saat memasukkan Passcode Lock.

Fitur ini memang tidak cocok untuk digunakan dalam segala kondisi misalkan iPhone sering dipinjam oleh keponakan dan iseng menekan layar. Jika ini yang terjadi, kamu malah bisa kehilangan data karena masalah sepele. Jadi pastikan untuk menggunakan mode Erase Data di saat yang tepat ya.

1. Buat Passcode Lock yang Panjang Tetapi Mudah

Untuk membuat Passcode Lock yang aman, hindari angka atau kata yang mudah ditebak. Jangan menggunakan tanggal lahir, nomor rumah, nomor telepon atau angka lainnya. Saya pribadi punya beberapa saran untuk membuat password yang aman dan panjang, tetapi mudah dihapalkan atau bahkan tidak perlu kamu ingat.

  • Gunakan Number Converter: Masuk ke halaman berikut ini untuk konversi kata ke angka di format telephone keypad. Gunakan kata yang mudah kamu ingat, misalkan makemac. Setelah itu jadikan angka yang tampil sebagai Passcode Lock.
  • Perkalian atau pembagian. Misalkan kamu punya 2 angka yang mudah dihapalkan, gunakan keduanya sebagai faktor perkalian atau pembagian dan tulis bersamaan dengan hasilnya. Sebagai contoh adalah angka 15 dan 25 jika dikalikan akan menghasilkan angka 375. Jadi, gunakan Passcode Lock dengan angka 1525375.

Punya Tips Tambahan?

Untuk menjamin keamanan dan melatih daya ingat, ganti password yang sudah kamu buat secara berkala. Bisa 2 minggu sekali atau mungkin setiap awal bulan dengan bantuan Reminder di aplikasi Calendar. Pastikan juga untuk membuat catatan berisi password terbaru yang sudah kamu buat, lengkap dengan password lama agar tidak perlu berulang lagi.

Tips tambaahan yang biasa saya lakukan adalah mematikan Passcode Lock saat berada di rumah atau ingin meminjakan iPhone atau iPad kepada keponakan misalnya. Namun ingat, aktifkan mode Restriction yang ada di Settings untuk membuat semua pengaturan di iOS tetap aman meskipun dipakai bermain oleh anak kecil ya.

Punya tips tambahan lain yang dapat digunakan untuk mengunci iPhone dengan Passcode Lock yang aman? Bagikan di kolom komentar ya!


(Video) Ayo Tebak! Berapa Digit Angka Passcode yang Dimasukkan Pria Ini?

Gambar


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top