Reviews

5 Tips Singkat Edit Video dengan Apple Clips

Aplikasi Apple Clips hadir sebagai tren baru aplikasi video editing yang berjiwa muda. Penuh dengan efek filter, sticker dan juga mode cerdas seperti Live Titles, serta suara latar belakang yang bisa kamu pilih dari daftar yang tersedia. Tim MakeMac sudah mencoba aplikasi ini selama seharian dan ingin berbagi beberapa tips dasar.

5 Tips Singkat Edit Video dengan Apple Clips

1. Rekam Video atau Ambil Dari Camera Roll

Clips mendukung dokumen multimedia seperti foto atau video yang dapat kamu ambil secara langsung, dari antarmuka awal atau pilih dari daftar di Camera Roll. Untuk mode rekam, tekan ikon merah dengan tulisan Hold To Record sepanjang perekaman video yang kamu butuhkan. Sama dengan mode mengambil foto atau video dari Camera Roll, tombol merah ini digunakan untuk durasi video yang ingin kamu tampilkan di sebuah dokumen. Cara ini dibuat Apple untuk mempermudah proses edit, tanpa perlu slider dan geser kanan kiri lagi seperti pada iMovie sebagia cara edit yang biasa kamu kenal.

2. Mode Live Titlles dan Edit Teks

Live Titles bekerja dengan cara mendeteksi setiap ucapan yang kamu katakan dan menampilkan teksnya di bagian bawah video. Fitur ini baru berjalan dengan lancar jika kamu mengucapkan setiap kata dengan jelas dan suara yang dapat diterima mikrofon di iPhone secara lengkap. Sayangnya saat tim MakeMac mencoba Clips, mode Live Titles belum mendukung bahasa Indonesia ya.

Apakah setiap teks yang dihasilkan oleh Live Titles selalu tepat? Tentunya tidak, aplikasi ini sudah bisa bekerja dengan sangat baik namun masih perlu peningkatan lagi di mode Live Titles. Namun tenang, kamu bisa mengedit teks yang tampil jika memang diperlukan, tekan saja tombol Edit di mode Live Titles dan ganti teks yang dibutuhkan, akhiri dengan menekan tombol Apply.

3. Pilih Filter dan Objek Tambahan

Gunakan beragam ide kreatif kamu untuk memilih filter yang ada di Clips. Mulai dari Comic Book, Noir, Instant, Fade, Ink dan beberapa hal lainnya. Cara mengakses fitur ini juga mudah, yaitu dari tampilan utama Clips, lalu tekan ikon 3 titik lingkaran di bagian atas layar. Sebagai catatan, mode penambahan filter hanya berlaku untuk setiap 1 klip rekaman yang kamu buat ya. Jika sebuah video terdiri dari beberapa klip, kamu harus menambahkan setiap efeknya secara manual.

Lanjut untuk objek tambahan atau stiker, silahkan tekan ikon di sebelah kanan Filter dan pilih dari daftar yang ada. Mulai dari tulisan dengan desain yang menarik seperti stiker hingga emoji yang paling sering kamu pakai di halaman sebelahnya. Pengguna bisa mengatur ukuran stiker yang digunakan, apakah kurang besar atau ingin dibuat sedikit lebih kecil lagi dengan mode pinch menggunakan 2 jari.


Baca Juga:


4. Menggunakan Emoji

Mode stiker di Clips juga menampilkan pilihan Emoji namun dalam jumlah terbatas. Daftar tersebut berasal dari deretan emoji yang paling sering kamu gunakan. Namun jika kamu ingin menambahkan emoji lain, ada sedikit langkah mudah yang dapat ditempuh.

Yaitu pilih salah satu emoji yang sudah dibuat dan tempel ke klip video. Tekan di bagian Emoji tersebut untuk mengeditnya, hapus dan dan ganti dengan Emoji lain dari bagian keyboard. Saya berharap Apple akan merilis update berikutnya dengan daftar Emoji yang lengkap.

5. Tambah Suara Latar Belakang

Sering kesulitan mencari efek suara yang tepat untuk video yang sudah kamu buat? Tenang, di Clips ada banyak sekali suara latar belakang yang dapat kamu pilih. Akses bagian ini dari ikon nada musik di bagian kanan atas layar, setelah selesai mengambil konten untuk video kamu. Pilih bagian Soundtracks lalu cari kategori musik yang sesuai dengan kebutuhan. Tap sekali di list tersebut untuk mendengarkan preview musiknya.

Jika cocok, silahkan tekan tombol awan di sebelah kanan untuk mengunduh konten tersebut sebagai musik di video. Dari percobaan yang saya lakukan, Clips hanya mendukung 1 suara latar belakang untuk sebuah video ya. Mode suara masuk dan selesai juga dibuat tepat dengan video yang kamu siapkan.

Pendapat Kamu Mengenai Clips?

Saya pribadi cukup terkejut ketika Apple merilis aplikasi Clips. Ya, selama ini Apple terkenal merilis aplikasi profesional seperti Logic Pro X serta Final Cut Pro. Deretan aplikasi kelas pemula yang ada untuk perangkat Mac juga masih bisa dibilang cukup serius, paket aplikasi iWork atau iMovie misalkan. Sedangkan di iOS, aplikasi baru yang dirilis terakhir kali adalah Music Memos. Kini dengan kehadiran Clips, tampaknya Apple mulai melirik dunia multimedia untuk jiwa muda dan penggunaan yang sangat mudah. Semoga aplikasi berikutnya juga tidak kalah menarik dan mendukung beragam kalangan pengguna produk iOS.

Bagaimana pendapat kamu dengan Clips? Sudah mencoba aplikasi ini dan menikmati cara edit video dengan mudah dan instan? Bagikan di kolom komentar ya!


4 Ide Mengolah Kerajinan Tangan Menjadi Aksesoris iPhone

Gambar


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top