How-To

7 Cara Mudah Mencari IMEI di iPhone, iPad dan iPod Touch

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah tanda pengenal dan kode unik dari sebuah perangkat ponsel atau gadget dengan koneksi WiFi serta Cellular Data. Ada beberapa cara untuk menemukan nomor IMEI di perangkat iOS yang kamu gunakan. Berikut ini panduan lengkap yang harus kamu tahu dan kita mulai dari fungsinya.

IMEI dan Fungsinya

IMEI adalah 15 digit angka pengenal di setiap perangkat iOS. Karena bergungsi sebagia pengenal, angka ini bersifa unique alias tidak ada device dengan IMEI yang sama. Data yang dapat ditemukan dalam IMEI adalah identitas dari perangkat tersebut dan bisa juga berupa data kepemilikan. Untuk itu, kamu harus menyimpan data IMEI dengan baik, disarankan untuk memberikan tanda sensor atau menghapusnya dari gambar yang ingin dibagikan ke sosial media misalnya

Karena berfungsi sebagai identitas, laman layanan Apple Support biasanya meminta data IMEI sebelum kamu melakukan proses konsultasi atau layanan yang diperlukan. Seperti klaim perangkat, atau melihat daftar recall yang diberikan oleh Apple.

Bagaimana cara mencari IMEI? Ada 7 cara yang dapat kamu pilih, berikut ini daftarnya:

7. Mengecek IMEI dari Settings

Ini adalah cara paling mudah dan singkat, namun tentunya kamu butuh akses ke Homescreen perangkat iOS. Masuk ke Settings – General – About dan cari list IMEI. Jika kamu ingin menyalin kode IMEI dari perangkat iOS tersebut, silahakn tekan dan tahan lalu pilih Copy.

6. Sim Tray

Sim Tray atau dudukan Sim Card di iPhone dan iPad ternyata menyimpan kode IMEI. Tinggal gunakan alat pembuka Sim Card yang ada dalam box iPhone atau jarum peniti misalnya untuk mengeluarkan Sim Tray. Setelah itu amati Sim Tray yang kamu gunakan. Cara ini tidak memerlukan akses ke menu Settings, jadi bisa lebih mudah jika perangkat iOS yang kamu gunakan dalam kondsi kehabisan baterai misalnya.

Sebagai catatan, kode IMEI di Sim Tray dan Settings harusnya sama. Jika berbeda,bisa saja Sim Tray yang ada di perangkat iOS kamu tertukar dengan milik pengguna lain. Atau jika tidak, bisa saja iPhone tersebut adalah barang rekondisi alias sudah tertukar dengan part yang ada di iPhone lain.

5. Bodi Bagian Belakang

Selain di Sim Tray, pengguna juga bisa melihat IMEI dari bodi bagian belakang perangkat iPhone. Letaknya ada di barisan paling bawah. Sama dengan Sim Tray, kode di bodi belakang juga harusnya sama dengan kode di Settings. Jika berbeda, berarti bod belakang di iPhone yang kamu gunakan sudah pernah diganti.


Baca Juga:


4. Lewat iTunes di Komputer

Cara berikutnya membutuhkan perangkat tambahan yaitu iTunes di komputer dan juga kabel data. Silahkan hubungkan perangkat iOS ke komputer yang sudah terinstal iTuens. Setelah itu masuk ke tab yang menampilkan informasi perangkat iOS yang kamu gunakan. Di bagian informasi seperti gambar di atas, silahkan tekan pada list nomor telepon untuk perangkat iPhone, tampilan akan berubah ke nomor IMEI. Sedangkan pada perangkat iPad, tekan list di bagian Serial Number ya.

3 Menggunakan Daftar Backup di iTunes

Masih menggunakan iTunes, bedanya cara ini tidak memerlukan perangkat iOS yagn terhubung ke iTunes saat itu juga. Namun menggunakan Backup yang pernah kamu buat ke iTunes. Jika kamu sudah pernah melakukan Backup di iTunes, silahkan masuk ke Preferences > Backup dan cari list cadangan data yang pernah dilakukan. Arahkan mouse di atas list tersebut dan tampilan informasi berupa Model Number, IMEI, Serial Number dan beragam data lainnya dapat terlihat secara lengkap.

2. Kode Panggilan Rahasia

Ada cara rahasia yang dapat kamu lakukan untuk mencek IMEI dari sebuah iPhone, lewat aplikasi Phones. Silahkan masuk ke Homescreen > Phones > Keypads lalu tekan kode *#06#, secara otomatis layar iPhone akan menampilkan kode IMEI dari perangkat iOS. Untuk lebih mudah lagi di lain waktu, silahkan simpan kode panggilan rahasia ini di daftar kontak kamu ya.

1. Lihat di Box Bawaan

Mungkin kamu mengalami nasib buruk berupa kehilangan iPhone, tidak mempunyai cadangan data di iTunes dan putus asa untuk mencari data IMEI? Tenang, kamu bisa mencari box bawaan dari iPhone kamu dan lihat pada bagian bawah. Ada informasi berupa data lengkap yang bisa kamu peroleh seperti IMEI, Serial Number, Model Number dan beragam data lainnya.

Mana Cara Favorit Kamu?

Mencari kode IMEI memang mudah, tetapi sekali lagi kamu harus ingat untuk menjaga privasi kode IMEI kamu berserta data lain seperti Serial Number, Wi-Fi Address, ICCID dan juga beberapa data lainnya.

Dari 7 cara di atas, mana cara favorit yang sering kamu gunakan? Apakah melihatnya di Settings atau mungkin menggunakan kode rahasia *#06# ? Bagikan di kolom komentar ya!


Pengalaman Kecurian iPhone + Terkena Phishing Apple ID

Gambar


1 Comment

1 Comment

  1. Feri

    1 March 2017 at 18:25

    Di bodi bagian belakang iphone ane kok gak ada tertera imei-nya?? Palsu?? Rekondisi?? Tolong penjelasannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top