8 Pengaturan Yang Wajib Diatur Pada iPhone dan iPad Baru

Cara setiap orang menggunakan iPhone yang baru untuk pertama kalinya selalu berbeda. Seorang geek bisa segara mengupas dan mengatur iPhone agar sesuai dengan kebutuhan dia. Sahabat Anda mungkin tidak demikian. Ia mungkin tidak terbiasa menggali lebih dalam teknologi yanh ia gunakan, membutuhkan bantuan Anda ketika iPhone dia bermasalah. Atau Anda sendiri masih bingung menggunakan iPhone?

Berbagai artikel seputar iPhone, khususnya review dan tutorial, bisa ditemukan di MakeMac. Tetapi sebagian besar pembaca tidak mengetahui hal-hal yang perlu diatur ketika menggunakan iPhone dan iPad pertama mereka. Artikel ini akan menunjukkan beberapa pengaturan yang penting di iPhone dan iPad. Pengaturan-pengaturan berikut bisa melindungi informasi pribadi Anda dan mempermudah pelacakan ketika iPhone hilang atau dicuri oleh orang lain.

1. Menyalakan Passcode

Sulit membayangkan sebuah iPhone tanpa passcode. Sebuah iPhone tanpa passcode membawa berbagai ancaman tehadap diri Anda, misalnya penyalahgunaan informasi pribadi. Kesannya memang berlebihan, tetapi kebanyakan orang tidak menyadari pentingnya melindungi informasi dalam iPhone dengan langkah yang sederhana ini.

Permintaan Passcode
Permintaan Passcode

Jangan lupa menentukan durasi Require Passcode. Semakin singkat durasinya, semakin aman iPhone Anda.

2. Auto-lock

Setelah menentukan passcode buat iPhone, selanjutnya adalah mengatur interval waktu auto-lock. Biasanya saya mengatur lamanya menjadi 15 menit. Jangan sampai lupa menyalakan auto-lock karena apabila bukan dalam keadaan lock, fungsi require passcode tidak akan berjalan.

3. Menyalakan Find My iPhone/iPad

Find My iPad
Find My iPad

Find My iPhone adalah fitur yang mengizinkan Anda melacak lokasi iPhone melalui iCloud. Fitur ini berguna ketika iPhone tersembunyi di antara tumpukam pakaian atau tergelentang di dapur. Anda bahkan bisa melacak iPhone, jika terjadi, yang dicuri. Meski mengetahui lokasi iPhone tidak menjamin Anda bisa mendapatkannya dari sang pencuri, namun paling tidak Anda mengetahui keberadaannya dan siapa tahu, Anda bisa mendapatkan iPhone tersebut kembali.

4. Pasang Aplikasi Find My iPhone

Jangan lupa memasang aplikasi yang satu ini di semua perangkat iOS Anda. Selain bisa membantu diri Anda ketika kehilangan iPhone, Anda juga dapat meminjamkan iPad atau iPhone Anda ke sahabat yang kehilangan iPhone. Dengan menggunakan Find My iPhone, Anda tidak perlu masuk melalui iCloud untuk mengakses fitur-fitur seperti Lost Modes, Play Sound, dan Erase iPhone.

5. Aktifkan Find My Friends

Find My Friends bisa berfungsi sebagai pendamping Find My iPhone dalam proses pelacakan. Dengan mengizinkan beberapa sahabat Anda mengetahui posisi iPhone, maka Anda bisa meminta mereka membantu melacak iPhone yang hilang berdasarkan posisi yang muncul di Find My Friends.

6. Batasi Dengan Restrictions

Restrictions adalah fitur iOS untuk membatasi akses dari pihak ketiga terhadap fitur-fitur tertentu dalam iOS. Menyalakan fitur ini berguna untuk mencegah tangan-tanga jahil, terutama sang pencuri.

Don’t Allow Changes Buat Services dan Accounts
Don’t Allow Changes Buat Services dan Accounts

Beberapa pengaturan yang perlu diperhatikan yaitu Location Services dan Accounts. Tentukan passcode yang berbeda untuk restrictions dan pilih Don’t Allow Changes buat Location Services dan Accounts. Dengan demikian, sang pencuri tidak dapat mematikan location services, ataupun mengubah informasi iCloud, Messages, dan FaceTime.

7. Jailbreak Dan Pasang Lebih Banyak Aplikasi

Seandainya Anda ingin mendapatkan lebih banyak informasi dalam proses pelacakan, misalnya foto sang pelaku, maka melakukan jailbreak dan memasang aplikasi dari Cydia bisa menjadi pertimbangan.

8. Update, Backup & Restore iOS

Usahakan iOS selalu menggunakan versi terbaru agar setiap fitur bisa berjalan dengan lancar. Dan satu hal lagi. Selalu backup. Baik iOS maupun OS X, backup merupakan sebuah kewajiban. Tanpa melakukan backup, Anda mempertaruhkan semua informasi Anda dalam satu perangkat. Seandainya Anda tidak bisa menemukan kembali iPhone yang sudah hilang, paling tidak, Anda bisa mengembalikan isinya pada iPhone baru nanti.


Seorang penggemar produk Apple dan memiliki blog pribadi yang membahas kebiasaannya dalam menggunakan produk Apple sehari-hari. Ikuti dia di Google+.

21 Comments

  1. Angelica  /  18 November 2013, 12:33 Reply

    makasih infonya gan :)

  2. indra  /  29 November 2013, 02:45 Reply

    bos mw tanya nich, apakah iphone msh bs dlacak andaikan sudah di factory reset oleh pencurinya

    • Linda  /  1 May 2014, 03:51

      Iya saya juga baru kecolongan hp dan iphone yang itu belum saya aktifkan fitur “find my iphone”-nya.

    • Linda  /  1 May 2014, 03:52

      Iya saya juga baru kecolongan hp dan iphone yang itu belum saya aktifkan fitur “find my iphone”-nya. Kalau bisa, bagaimana caranya.? Tolonh dibantu yah. Terima kasih.

  3. rijal  /  17 December 2013, 14:16 Reply

    Sist mau nanya nih…saya udah erase all conttent and setting, sudah mulai dawi awal lagi…dah lewatin bahasa ama negara eh pas permintaan jaringan wi-fi…pada sudut kiri atas tertulis tiada layanan sedangkan utk sim card pake kartu xl…nah kalo pilih jaringan lainnya…apa yah…sdangkan utk sambungan ke iTunes ngak bisa…trims saran bantuannya…:) – tolong d balas ya< mohon bangt bantuanya.
    ini emai; saya rijalr6@gmail.com
    mkasih sebelumnya

  4. Sein  /  15 January 2014, 22:46 Reply

    Mau nanya gan, icon facetime ane hilang dari ipad mini, karena ane ngegunain aple id yang sama untuk facetime di iphone, nah gimana cara ngebalikinnya lagi ya? Thanks

  5. jhon very ourba  /  15 January 2014, 23:42 Reply

    bos,gmn membuat internet ny biar selalu terhubung,
    tnpa ada kartu simnya??

    • salbila  /  4 April 2014, 09:52

      pake wifi.

  6. christian  /  23 January 2014, 22:06 Reply

    Bos,,mau nanya knpa smbungan bluetooth iphone4 gak bisa yh??Thx

  7. anon  /  3 February 2014, 19:56 Reply

    Gan mau nanya dong. Iphone 4 itu bagus dan enak digunainnya gak ya?banyak yang bilang iphone 4 itu kurang bagus buat saya ragu. Makasih ya

  8. Blog Orang  /  3 February 2014, 22:54 Reply

    Makasih infonya bos sangat membantu saya

  9. aldolinovil  /  18 March 2014, 06:52 Reply

    hp ane hilang 1 hari yg lalu gan. saya udah aktifin apps ini gan di iphone5 ane. tp pas ane lacak cuma offline doang gan. kira2 ada solusi lain gak gan biar ane masih bisa ngelacak keberadaan hp ane? makasih gan. :(
    bales ya gan :(

  10. Rikawati  /  1 April 2014, 20:24 Reply

    Mau minta tolong gimana cara nyah pengaturan iphone saya gak bersuara klo misal nyah mau lihat you tube harus pake hadset ajah sama dengan video2 yg ada juga gak ada suara tapi kalo ada yg nelepon ada,,,,;-(
    Terus kan biasa nyah klo liat you Tube itu di bawah nyah ada volume yg di geser tuh tapi ini gak ada ,?,, apa masalah nya yahhhh tolong kasih tau ya.,,,,,!!!!

  11. Andre  /  28 April 2014, 19:00 Reply

    Websitenya monolog…

  12. denature  /  13 May 2014, 18:25 Reply

    makasih buat infonya gan

  13. leni  /  19 May 2014, 17:38 Reply

    Slamat sore,

    Saya mau tanya cara setting email kantor di ipad mini.
    setting email Yahoo dan Gmail tidak bermasalah,
    Tetapi setting email pribadi saya mengalami masalah saat kirim email, selalu gagal.

    Setelah saya ikut instruksi , saya hanya bisa terima email saja.
    Outgoing mail tidak berfungsi, semua send items masuk ke outbox.
    Mohon info bagaimana cara agar saya bisa me reply email.

    Trima kasih.

  14. indra_get  /  7 July 2014, 12:34 Reply

    mau tanya gan, kenapa waktu foto menggunakan iphone 4 setiap flashnya diaktifkan, hasil gambar selalu menjadi biru?
    mohon bantuanya
    thnks

  15. kartotos  /  25 July 2014, 04:58 Reply

    gan kalo kamrea 3gs gak bisa kebuka kamera kenapa ya???

  16. marherrifa  /  14 October 2014, 22:48 Reply

    Mau tanya,, hp i phone itu ktanya susah ya??

  17. anisa  /  20 November 2014, 17:07 Reply

    Gan ipad saya knp ya lemah signal,kadang ada cuma 1 kadang malah no service:(

  18. P.Tamtama  /  7 December 2014, 23:06 Reply

    Gimana caranya mengembalikan fungsi I-phone 4S yang semula pakai SIM Card Telkomsel, yang saya tukar dengan SIM Card three Inggris, setelah say kembalikan ke Sim Card telkomsel tidak connect Internetnya, terima kasih kawan sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>