Miscellaneous

8 Rumor Terbaru Seputar iPhone 8 yang Wajib Kamu Tahu

iPhone 8

Rumor mengenai iPhone 8 sudah tidak terhitung banyaknya setelah Apple melahirkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus pada September tahun lalu. Sehingga sekarang detil informasi soal spesifikasi yang bakal diusungnya semakin jelas dari waktu-waktu meskipun masih berupa rumor.

iPhone generasi berikutnya ini digadang-gadang bakal menjadi model yang paling diantisipasi pengguna lantaran bakal hadir dalam desain yang berbeda dari pendahulunya. Disamping desain barunya, apa saja fitur-fitur baru yang bakal disematkan Apple di dalamnya? Tim MakeMac sudah memilih beberapa fitur di antaranya kemungkinan bakal hadir di iPhone 8. Simak roundup selengkapnya.

1. Desain

iPhone 8

Apple kabarnya tidak bakal lagi mengadopsi material aluminium di iPhone 8 seperti yang sudah beberapa lama ini diadopsi sejak iPhone 5 sampai iPhone 7. Mirip seperti iPhone 4 dan iPhone 4s, iPhone generasi baru tersebut malahan bakal mengadopsi desain kaca seluruhnya di bagian muka dan casing belakangnya.

Sedangkan untuk bagian sasis atau bingkainya, iPhone 8 bakal menggunakan material metal stainless steel. Material ini digunakan buat memperkuat struktur bodi kacanya supaya tidak gampang bengkok karena lebih kuat ketimbang aluminium.

Diadopsinya material kaca dan stainless steel di iPhone generasi tahun depan terkait dengan iPhone 7 Jet Black. Meski laku di pasaran. iPhone 7 model ini sangat mudah kena kena goresan. Oleh karena itu, Apple menggunakan material kaca yang dapat meminimalisir goresan dengan lebih baik.

2. Layar

iPhone 8

iPhone 8 rencananya bakal menjadi model dengan spesifikasi kelas atas. Salah satu spesifikasi canggihnya adalah iPhone baru tersebut bakal dibekali layar 5,8 inci berjenis OLED. Walau ukuran layarnya lebih jumbo, area aktifnya layarnya disebutkan memiliki ukuan 5–5,1 inci lantaran sebagian area layar di bezel bawah bakal diakomodasi fitur baru yang dinamakan Function Area.

Bersamaan dengan pengumuman iPhone 7s dan iPhone 7s, rumor lain menyebutkan bahwa iPhone 8 bakal mengusung layar 5 inci. Namun ternyata iPhone ini mengacu kepada iPhone 5,8 inci tanpa memperhitungkan layar Funtion Area yang bakal diusungnya.

Mengusung layar lebih besar, ukuran aspek rasio iPhone 8 juga otomatis berubah. iPhone 8 kabarnya bakal memiliki ukuran aspek rasio yang tidak standar yaitu 21:9 dengan resolusi layar 2436×1125 dan kerapatan piksel lebih tinggi mencapai 521 PPI. Bandingkan iPhone sebelumnya yang punya aspek rasio pada 16:9.

Hal yang menarik dari faktor bentuk iPhone 8 adalah bodinya bakal punya faktor bentuk yang sama seperti iPhone 4,7 inci. Pasalnya, Apple bakal memangkas bezelnya hingga lebih tipis daripada sebelumnya.

3. Home Button dan Touch ID Hilang

iPhone 8

Setelah “membunuh” headphone jack 3,5mm di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, Apple kabarnya bakal menghapus sejumlah fitur di iPhone 8. Yaitu bakal dihapuskannya Home Button dan Touch ID sebagai imbas dicapainya desain iPhone nyaris tanpa bingkai dan adanya Function Area.

Sebagai penggantinya, Apple bakal menggunakan Home Button baru yang terintegrasi dengan layar bagian bawah. Jadi tidak seperti tombol Home sebelumnya yang terpisah. Begitu juga dengan teknologi pemindai sidik jari, Apple kabarnya bakal meninggalkan Touch ID yang berjenis kapasitif. Mereka bakal menggantinya dengan sensor biometrik baru yang juga diintegrasikan dengan layar.

4. Wireless Charging

iPhone 8

Pengguna sudah lama mengidamkan fitur wireless charging hadir di iPhone. Kabarnya baiknya harapan tersebut bakal segera terkabul. Apple akhirnya bakal menyematkan fitur pengisian baterai secara nirkabel ini di iPhone 8.

Awalnya, Apple dirumorkan bakal menyematkan fitur wireless charging jarak jauh di iPhone 8. Namun karena tidak efiesien, mereka kabarnya memilih untuk mengadopsi wireless charging induktif besutannya sendiri dengan bekerja sama dengan Broadcom. Menurut rumor yang berkembang, Apple tidak bakal menyertakan aksesoris pengisian baterai secara nirkabel di dalam kotak kemasan iPhone. Sebaliknya mereka bakal menjualnya secara terpisah.


Baca juga:


5. Facial Recogniton

Judul

Fitur menarik lainnya bakal dibawa iPhone 8 bakal dilengkapi kamera depan yang lebih canggih dan revolusioner daripada sebelumnya. Pasalnya kamera depan iPhone baru itu mendukung pengenalan wajah dan iris mata sebagai fitur keamanan tambahan baru di iPhone 8. Nantinya disamping melalui sidik jari, kamu bisa membuka kunci layar iPhone dengan memperlihatkan wajah atau bahkan iris matamu.

Tidak hanya itu, kamera depan baru di iPhone 8 itu juga mendukung pengambilan objek 3D. Salah satu contoh implementasinya adalah kamu bisa mengambil foto wajahmu sendiri secara 3D dengan kamera depan tersebut untuk karakter di dalam sebuah game.

6. Teknologi Augmented Reality (AR)

Judul

Apple diyakini tengah mengembangkan teknologi Augmented Reality (AR). Dalam persiapannya, mereka sudah mengakuisisi sejumlah perusahaan dan pegawai terkait. Belum lagi, CEO Apple Tim Cook beberapa kali mengungkapkan ketertarikan Apple dalam ranah ini. Meski tidak diketahui pasti, Apple disebut-sebut bakal membenamkan fitur ini di iPhone 8.

7. Harga

iPhone 8

Karena mengusung desain radikal dan dijejali sejumlah fitur canggih di atas, iPhone 8 disebut-sebut bakal menjadi model iPhone paling mahal yang diluncurkan Apple. Kabarnya, iPhone generasi baru ini bakal dibanderol lebih dari $1.000. Bisa dibayangkan mahalnya jika Apple meluncurkan di Tanah Air. Mengingat iPhone 7 Plus saja paling mahal dijual menginjak lebih dari Rp 15 juta.

8. Jadwal Peluncuran

iPhone 8

Apple diharapkan bakal mengumumkan tiga model iPhone baru tahun ini, termasuk iPhone 8 pada musim Gugur mendatang, tepatnya sekitar bulan September. Sementara kamu bisa mulai mendapatkan iPhone 7s dan iPhone 7s Plus di pasaran di bulan yang sama, peluncuran iPhone 8 kabarnya bakal telat beberapa bulan kemudian. Hal ini dikarenakan adanya kendala produksi layar OLED dan teknologi sensor 3D.

Akhir Kata

Melihat rumor-rumor di atas, iPhone 8 tidak diragukan lagi bakal datang dengan desain yang sama sekali baru dan fitur-fitur mumpuni yang belum pernah dimiliki iPhone generasi sebelumnya. Keyakinan tersebut muncul lantaran iPhone ini bakal menjadi edisi ulang tahun iPhone yang kesepuluh. Jadi bukan tak mungkin, Apple bakal memberikan kejutan istimewa buat iPhone generasi barunya tersebut.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top