Miscellaneous

AirPods Rajai Pasar Headphone Nirkabel

AirPods

Keputusan Apple untuk menunda peluncuran AirPods hingga akhir tahun 2016 kemarin ternyata sangat tepat. Pasalnya, penjualan EarPods nirkabel tersebut menuai sukses besar dan pangsa pasarnya tak terkalahkan.

Menurut data terbaru yang dirilis Slice Intelligence, penjualan AirPods di awal peluncurannya pada tanggal 13 Desember lalu tercatat 10 kali lebih banyak dari rata-rata penjualan selama 2016. Bahkan dalam event belanja Black Friday dan Cyber Monday, penjualan AirPods juga sangat tinggi. Perangkat ini menjadi headphone yang populer dan banyak dibeli konsumen secara online.

SI-AirPods

Tingginya penjualan AirPods praktis mengerek total penjualan headphone secara online. Selama 2016, penjualan headphone tercatat naik ke angka 50 persen dan 75 persen di bulan Desember saja.


Baca juga:


SI-AirPods

Secara gabungan, headphone nirkabel besutan Apple termasuk Beats tercatat menguasai 40 persen pangsa pasar headphone nirkabel. Sebelum AirPods lahir, Beats sempat tercatat menguasai pangsa pasar sebanyak 24,1 persen. Namun kini, AirPods berhasil menjadi pemimpin dengan pangsa pasar sebanyak 26 persen.

Di peringkat kedua bercokol headphone nirkabel merek Bose yang pangsa pasarnya naik 5 persen menjadi 16,1 persen. Berikutnya ada headphone nirkabel merek Jaybird dan Plantronics yang pangsa pasarnya turun menjadi 2,5 persen dan 2,2 persen.

Dalam data yang sama, kebanyakan konsumen yang membeli AirPods pada tanggal 13 Desember adalah laki-laki muda. 1/3 dari mereka adalah generasi Millenials. Sedangkan pembeli wanita berumur lebih tua. 38 persen di antarannya adalah generasi Boomers.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top