Apa Itu Jailbreak?

Sebagai seorang yang kerap melakukan jailbreak baik pada perangkat iOS sendiri atau milik orang lain, saya sering menerima pertanyaan mengenai kegunaan jailbreak dari orang-orang yang berencana jailbreak. Saya merasa kegunaan yang paling utama dari jailbreak adalah, memaksimalkan kemampuan perangkat iOS dari batasan Apple.

Proses jailbreak sebenarnya cuma menambahkan sebuah aplikasi bernama Cydia. Lewat Cydia inilah, pemaksimalan pada perangkat iOS bisa kamu lakukan dengan memasang themes, tweak, atau aplikasi yang mempunyai fungsi-fungsi unik.

Apa saja kelebihan dari jailbreak?

Jailbreak dapat menambahkan berbagai fungsi dengan memanfaatkan tweak yang disediakan pada Cydia. Misalkan, perangkat iOS yang sudah berumur kerap kali mendapatkan masalah pada tombol Home. Namun kerusakan tersebut bisa dicegah dengan menggunakan tweak Zephyr yang dapat membantu mengurangi intensitas kita dalam menggunakan tombol Home.

Kelebihan jailbreak
Kelebihan jailbreak

Pengguna perangkat iOS biasanya menginginkan perangkat iOS miliknya dapat tampil berbeda dengan yang lainnya. Pada Cydia juga terdapat banyak sekali themes yang menarik untuk dipasangkan pada perangkat iOS. MakeMac juga pernah membahas tentang themes menarik yang sangat diminati bernama Ayecon.

Apakah jailbreak itu berbayar?

Untuk kamu yang masih awam dalam menggunakan perangkat iOS dan tidak mau mengambil resiko, sudah banyak toko-toko selular yang menyediakan jasa jailbreak. Harga-harga yang diberikan pun bervariasi dimulai dari 100rb–200rb.

Biaya jailbreak
Biaya jailbreak

Tapi jika kamu enggan untuk mengeluarkan uang sebanyak itu dan berani mengambil resiko, maka MakeMac sudah menyediakan beberapa tutorial jailbreak yang kami harap dapat memudahkan kamu dalam melakukan jailbreak, serta menghadapi masalah yang akan timbul di kemudian hari. Contohnya adalah masalah Missing Keys.plist yang dialami pada jailbreak 6.0.1.

Apakah jailbreak itu berbahaya?

Saya tidak dapat menyatakan apakah melakukan jailbreak pada perangkat iOS itu berbahaya atau tidak. Yang pasti, jailbreak itu beresiko.

Bahaya jailbreak
Bahaya jailbreak

Karena para developer Cydia tidak mengikuti pedoman penggunaan Memory dan CPU yang diberikan oleh Apple, maka perangkat iOS yang sudah melakukan jailbreak akan cenderung memiliki beberapa masalah seperti tingkat stabilitas, konsumsi baterai meningkat, performa yang lebih lambat, atau reboot tanpa sebab yang jelas. Munculnya masalah-masalah tersebut bervariasi, tergantung dari tweak dan aplikasi yang kamu pasang.

Apakah jailbreak merupakan suatu keharusan?

Jika kamu masih menggunakan iPhone 1st Gen atau yang biasa disebut dengan iPhone 2G, maka jailbreak merupakan suatu keharusan. Pasalnya, salah satu fungsi utama jailbreak pada saat itu adalah proses Unlock, dan seluruh iPhone 2G adalah SU. Jadi, supaya bisa membaca kartu SIM lokal maka dibutuhkan proses Unlock. Lalu pada Juli 2008 muncul iPhone 3G yang dipasarkan di hampir seluruh dunia, dan di sinilah cikal bakal iPhone SU dan FU muncul.

Pentingnya jailbreak
Pentingnya jailbreak

Proses jailbreak tidak lagi menjadi suatu keharusan, karena dengan adanya iPhone FU, semua orang bisa bebas menggunakan kartu SIM apapun tanpa memerlukan proses Unlock. Tapi proses ini tetap disediakan oleh Cydia, berhubung pada saat itu banyak orang lebih memilih untuk menggunakan iPhone SU, karena harganya yang pada saat itu jauh lebih murah dibandingkan dengan iPhone FU.

Apakah jailbreak itu legal?

Hal ini sudah menjadi pembahasan yang cukup lama di beberapa negara, sehubungan dengan tidak adanya pihak yang dirugikan setelah melakukan proses jailbreak. Tapi di sisi lain, kamu akan memasang aplikasi yang pada dasarnya tidak mendapatkan pengesahan oleh Apple.

jailbreak di mata Hukum
jailbreak di mata Hukum

Setelah melalui pembahasan yang cukup panjang, akhirnya Digital Millennium Copyright Act menyatakan bahwa jailbreak adalah hal yang legal di US, walaupun Apple juga memberikan pernyataan bahwa seluruh perangkat iOS yang sudah melakukan jailbreak akan kehilangan garansinya.

Jailbreak Tethered Vs Jailbreak Untethered?

Dua pernyataan diatas pertama kali muncul pada tahun 2010, di mana pada waktu itu Dev-Team Blog meluncurkan aplikasi redsn0w yang dapat digunakan untuk melakukan jailbreak pada iOS 4.2.1. Untuk sebagian orang yang belum mengetahui apa itu Jailbreak Tethered dan Jailbreak Untethered, penjelasan singkatnya adalah sebagai berikut:

Tethered Vs Untethered
Tethered Vs Untethered

Jailbreak Tethered adalah proses jailbreak yang mana pada setiap proses menghidupkan perangkat iOS, membutuhkan bantuan dari Mac/PC yang sudah terpasang aplikasi redsn0w di dalamnya. Jenis jailbreak ini kurang diminati, karena menurut sebagian orang sedikit merepotkan.

Jailbreak Untethered adalah proses jailbreak yang tidak membutuhkan bantuan apapun dalam menghidupkan perangkat iOS. Jenis jailbreak ini adalah yang paling diminati, dan yang paling saya sarankan.

Jadi, mana yang akan memenangkan pertandingan Jailbreak Tethered Vs Jailbreak Untethered? Sudah tentu jawabannya adalah jailbreak Untethered.

Akhir Kata

Keputusan untuk jailbreak atau tidak seluruhnya berada di tangan kamu sebagai pemilik dari perangkat iOS. Saya harap artikel ini dapat membantu kamu dalam memutuskan apakah kamu ingin memaksimalkan perangkat iOS kamu, atau cukup menikmati dari apa yang diberikan oleh Apple. Apabila terdapat pertanyaan lain seputar jailbreak, silahkan tinggalkan pada kolom komentar.


Pemegang alat musik tabuh, yang suka mengabadikan momen dengan tustel ala kadarnya. Percaya dengan adanya dunia paralel, dan berharap suatu saat dapat menciptakan mesin waktu. Awas ada UFO!!

24 Comments

  1. Sigit  /  31 December 2012, 13:37 Reply

    Masalah legalitas jailbreak, pada 2010, jailbreak dinyatakan legal karena dikecualikan dari DMCA, nah DMCA ini direview tiap 3th, kalau tidak salah di review yang terakhir, jailbreak untuk iPhone legal tapi untuk iPad jadi ilegal karena tidak jelas definisi dari tablet itu sendiri. Untuk di Indonesia, tindakan jailbreak dapat dianggap sebagai tindakan circumvention, yang mana hal itu melanggar Pasal 27 UU Hak Cipta tentang perusakan sarana kontrol teknologi.

    • Andrie Rifani  /  1 January 2013, 17:02

      Hai Sigit, terima kasih atas tambahan infonya :)

  2. Fe'Vanerz99  /  11 April 2013, 17:52 Reply

    jailbreak banyak bangetz efek samping’y ,,,
    battrey cepet habis dan pergerakan layar sentuh’y lelet …
    tp ea mengesankan bangetz klw iPhone & iPod di jailbreak …
    oz bisa di modif sesuka Qt dr tulisan , menu bisa Qt ubah dan lain” …
    sampe sekaran iPod Qu masih pkek jailbreak tp yang iOS 5.1.1 …

    • Fiqi  /  7 February 2014, 11:40

      Emang harus menerima apa adanya ya?”,,,jngan pke jailbreak2kan?

  3. Yohanes  /  8 June 2013, 09:20 Reply

    Apakah jailbreak itu bisa menurunkan harga jual Dari IPhone,IPad,danIPod touch?

  4. irfan  /  22 June 2013, 03:03 Reply

    Bang kalau gue bawa iphone 4 dari luar perlu di jailbreak nda?

  5. albianrr  /  12 July 2013, 02:53 Reply

    mau nanya, kalo jailbreak-nya di hapus (di restore seperti semula), apakah ada efeknya? terus bisa ga, upgrade iOs tanpa di jailbreak? kalo iphone-nya di restore (jailbreak dihapus) iphone-nya bisa pake kartu sim apa aja engga? (soalnya denger2 iphone itu kartu simnya harus khusus, mohon di jawab ya, mau beli iphone nih,.. thx

  6. Gerry  /  24 July 2013, 22:14 Reply

    Gue pakai Iphone 4 dan install Jailbreak, Gue mau tanya kalau jaibreak gue un-install apakah juga tetap akan kehilangan garansi iphone. Lalu untuk mengetahui garansi iphone gue sudah tidak dapat dipakaai bgmn caranya. Terimakasih banyak

    • Kuswanto  /  25 July 2013, 10:29

      Kalau tidak ada tanda-tanda Jailbreak, tetap ada garansi koq.

  7. Junk  /  2 September 2013, 12:58 Reply

    Gak perlu jailbreak bro…gunain aja apa yg uda di sediain ama apple.

  8. alfa rizky  /  10 November 2013, 15:44 Reply

    agan agan saya punya iphone5 6.1 , nah terus si jaringan internet nya itu E terus jadi lama klo lgi browsing atau lgi nge download aplikasi ,, apakah itu gara gara tidak mendownload jailbreak ?

    • Fauzan  /  4 January 2014, 21:07

      Engga gan kalo sinyalnya E itu jaringannya lagi jelek saya juga klo jaringannya E emang lemot gan tapi bukan dari jailbreak tapi karena jaringannya lagi kirang bagus

  9. ludiniy  /  27 November 2013, 21:30 Reply

    mas aku mau nanya.. aku baru beli iphone tapi kok ga bisa dial data kayak *888# yah… itu apa karena FU , SU , atau jailbreak mas? atau karena kndala lain? solusinya apaan yah mas?

  10. Fauzan  /  4 January 2014, 20:43 Reply

    Permisi saya mau tanya nih,bakal jadi lelet,ngehang,sering crash dll ga kalo saya jailbreak device saya ? Soalnya saya takut knapa2.saya pake iphone 4 IOS 6.1.3 trimakasih sblumnya

  11. emmat  /  12 January 2014, 20:33 Reply

    mau nanya nie
    kenapa ya iphone ane gak bisa instal barrel padahal udah ane JB
    makasih.. :)

  12. rayyan  /  14 March 2014, 18:28 Reply

    Mau tanya.. Camna mau jb iphone 3g ios 4.2.1

  13. Nikita Kusuma  /  19 March 2014, 03:30 Reply

    Ogah ah iPhone 5s gue di jailbreak. Sayang bangett

    • rega  /  7 September 2014, 15:04

      Hahahaha
      Iya bener banget.. gak perlu di jailbreak juga udah puas. Jailbreak cuma krna org2 pengen puas pake iphone tanpa harus beli2. Padahal Kalo mau puas banget ya memang harus di gunakan sesuai bassic. Apa2 harus beli..

  14. Rezky arishandy  /  20 March 2014, 14:11 Reply

    Gan lebih beresiko mana jailbreak sama upgrade manual Dan resmi Dari apple

  15. Mega ayu  /  7 April 2014, 03:08 Reply

    Kak aku mau ngedownload cydia nih, tpi pas aku mau download openappmtk dan buka linknya di safari itu kenapa error ya?padahal aku liat cara donwload cydia di ytube sewaktu mendownload openappmtk nya itu gaada halangan apa apa.aku bingung kak, tolong dibantu ya

  16. Elviandi  /  26 April 2014, 12:50 Reply

    Bang ane baru beli iPhone 3 gs 8 gb.. iOS 6.1.3 .! Apakah HP saya udah jailbreak..? Saya beli bekas..

  17. infoakurat  /  12 July 2014, 23:37 Reply

    Artikel ini sepertinya saya kenal, dulu saya pernah menulis artikel ini panjang lebar dari mulai histori JB n seterusnya… kemudian sepertinya artikel ini di tulis ulang dan kemudian di modif dengan kata2 sendiri, bukankah begitu admin? mungkin masih ingat electronicstm.com. websitenya udh ga saya pake karena udh di banned dari adsense. makasih admin jika mau publish comment saya ini. :)

  18. rega  /  7 September 2014, 15:07 Reply

    Kalo utk device baru dan masih garansi ya mendingan jangan di jailbreak lah. Sayang banget.. jailbreak nya nanti aja kalo garansi nya udah habis.

    Jailbreak itu kan di peruntukan bagi org2 yg mau bebas nikmatin apapun di iphone tanpa harus beli. Sedangkan iphone kan hp Legal.. apapun aktivitas nya harus berbayar.
    Kalau gak mau bayar ya ngapain juga beli iphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>