Cara Pemakaian Prism

Mozilla sebagai sebuah organisasi yang mengusung Firefox menjadikannya sebuah browser yang telah diterima oleh banyak kalangan profesional ataupun awam, kembali meluncurkan sebuah produk beta secara official kepada umum. Produk tersebut bernama Prism, adalah sebuah aplikasi atau ekstensi tambahan Firefox yang mampu memuat sebuah website menjadi sebuah aplikasi tersendiri. Berikut ini adalah tata cara memasang Prism di Mac Anda.

Apakah Prism?

Prism adalah sebuah aplikasi SSB (Site Specific Browser), yaitu sebuah aplikasi yang mampu menjalankan sebuah situs menjadi sebuah aplikasi independen di desktop layaknya aplikasi biasa.

Installasi

Ada dua macam cara install Prism, yaitu dengan menjadikannya ekstensi Firefox atau mengunduhnya dalam bentuk aplikasi Prism.app. Untuk mengunduhnya silahkan kunjungi halaman situs Prism.

versi_prism.jpg

Sebagai Ekstensi Firefox

Bagi Anda yang menggunakan Firefox mungkin lebih pas memilih opsi ini. Lagipula ukuran berkas ekstensi Prism jauh lebih kecil dari pada aplikasinya.

Setelah terinstall, seperti ekstensi lainnya, Firefox harus di restart dulu sebelum menjalankan Prism.

Setelah itu, Anda dapat merubah situs apapun menjadi sebuah aplikasi tersendiri. Buka situs tersebut terlebih darhulu, sebagai contoh saya membuka Gmail. Ketika Gmail terlah terbuka Anda dapat merubahnya menjadi aplikasi dengan mengakses menu Tools > Convert Webste to Application…

convertwebsite.jpg

Selanjutnya akan muncul jendela pop-up seperti di bawah ini. Di sini Anda dapat memberikan nama khusus, misalnya Gmail Pribadi untuk akun gMail pribadi. Kegunaan dari Prism adalah Anda dapat membuka dua akun GMail secara bersamaan.

app_name.jpg

Setelah Anda klik OK, maka aplikasi GMail akan tersimpan di tempat Anda yang tadi Anda pilih, Desktop atau di dalam folder Applications. Untuk membuat aplikasi situs lainnya, silakan ulangi langkah-langkah di atas.

Menggunakan Prism.App

Setelah Anda mengunduh DMG Prism, masukan ke folder Applications.

Jalankan Prism, maka Anda akan melihat Jendela seperti ini. Apabila diperhatikan, jendelanya mirip dengan pop-up yang ada di Firefox.

prismwindow.jpg

Untuk memakainya, silakan masukan alamat website ke URL, namanya dan atur sisa opsinya. Cara kerjanya sama saja dengan cara kerja ekstensi Firefox.

Kenapa Prism?

Kenapa harus memakai Prism, padahal ada aplikasi alternatif lain tersedia yaitu Fluid.app. Prism memakai engine browser Gecko, yaitu engine rendering situs web yang dikeluarkan oleh Mozilla yang mempunyai dukungan website lebih banyak. Masih ada beberapa situs yang tidak mendukung atau tidak bekerja sebagaimana mestinya dengan engine WebKit (engine yang dipakai oleh Safari).

Kelemahan Prism, dikarenakan masih beta, fitur-fiturnya masih minim. Kalah jauh dengan Fluid, seperti tidakbisa merubah tampilan aplikasi, atau merubah browser agent.

Sejauh saya memakai Prism, belum pernah crash ataupun terjadi galat.


Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio. Filosofis desain Apple merupakan acuan hidupnya. Ikuti saya di: Google+, twitter @kuswanto

1 Comment

  1. Eddy Indra  /  18 May 2009, 14:48 Reply

    Selama ini saya pakai Fluid untuk Google Reader & GMail. Setelah ada Prism, why Prism, not Fluid?
    Apa yang menjadi + di Prism yang gak ada di Fluid?

    Apa pendapat MakeMac di Prism, gimana masa depannya? Apakah dengan engine Gecko menjadi poin + yang besar?

    Thanks :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>