4 Aplikasi Majalah Personal Terbaik Untuk iOS

Dahulu sebelum era digital ada, masih ingat di bayangan kita jika ingin mencari informasi, tips dan trik sesuai dengan bidang/kategori yang diinginkan, kita pasti membeli sebuah majalah. Namun kini, kita bisa mendapatkan ‘majalah’ dengan konten semau keinginan kita.

Flipboard

Pada awal kemunculannya, Flipboard hadir sebagai aplikasi yang dikhususkan berjalan di iPad. Namun kini, telah tersedia dalam bentuk Universal sehingga bisa dijalankan di iPhone dan iPod touch. Di Flipboard, kamu bisa menghubungkan akun jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter dengannya. Kemudian, konten yang ada dari Newsfeed maupun Timeline kamu akan diubah menjadi layaknya sebuah majalah digital.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan artikel langganan RSS yang sudah kamu atur di Google Reader. Jika belum, kamu bisa memilih situs web pilihan Flipboard dari berbagai jenis kategori dari mulai berita, travel hingga gaya hidup. Kamu pun bisa menambahkan MakeMac di Flipboard juga lho! Setelah kamu puas membaca sebuah artikel, kamu dapat berbagi dengan teman melalui Facebook dan Twitter.

Flipboard for iPhone

Tampilan awal Flipboard di iPhone

Flipboard for iPad

Tampilan Flipboard di iPad

Zite

Serupa dengan Flipboard, Zite pun sebelumnya hanya tersedia untuk iPad dan kini sudah dapat dipasang di iPhone dan iPod touch. Sedikit berbeda dengan Flipboard, Zite hanya menyediakan berbagai macam konten dari situs web terkemuka dengan topik-topik pilihan yang bisa kamu pilih. Sayangnya, kamu tidak dapat menarik feed dari Facebook maupun akun Twitter kamu tetapi kamu masih bisa berbagi artikel melalui kedua jejaring sosial tersebut.

Zite memberikan artikel-artikel yang terbaik sesuai dengan topik yang kamu inginkan karena semua artikel yang masuk ‘dikurasi’ terlebih dahulu lewat server Zite sebelum dikirimkan ke iPhone/iPad kamu.

Zite for iPhone

Zite for iPad

Tampilan Zite di iPad

Google Currents

Sepertinya Google tak mau kalah dengan Flipboard dan Zite yang sudah ada terlebih dahulu. Google merilis Currents sesaat setelah Flipboard dan Zite dirilis dalam versi iPhone. Google Currents bersifat Universal sehingga dapat dipasang di iPhone, iPod touch dan juga iPad. Selain untuk perangkat iOS, Google Currents juga tersedia untuk perangkat Android.

Berbeda dengan Flipboard dan Zite, Google Currents menampilkan feed dari situs web pilihan Google. Pada saat menjalankan aplikasi ini pertama kali, kamu harus login menggunakan akun Google-mu dan memilih situs web yang ingin menjadi sumber berita di Google Currents. Setelah selesai, Currents akan menarik satu per satu feed per situs untuk disajikan. Hal ini membuat performanya menjadi lambat. Sepertinya Google harus belajar banyak kepada Flipboard dan Zite.

Google Currents for iPhone

Pulse

Secara fungsi, Pulse hampir mirip dengan Flipboard namun dikemas dalam tampilan antarmuka yang berbeda. Pulse menampilkan artikel yang kamu inginkan tersusun tiap situs web per baris sehingga terkesan hanya sebagai newsreader saja, bukan sebagai majalah. Kamu bisa membuat akun Pulse.me untuk menyimpan artikel pilihan dan sinkronisasi situs yang ditampilkan dengan perangkat lainnya. Pulse juga memberi dukungan Google Reader di dalamnya.
Seperti Google Currents, Pulse tidak hanya tersedia untuk perangkat iOS, tetapi juga tersedia untuk perangkat Android juga.

Pulse for iPhone

Kesimpulan

Meskipun tak berlangganan majalah fisik, kamu masih bisa menikmati majalah dengan topik dan bidang pilihan kamu sendiri. Selain itu, dengan adanya majalah digital ini, kamu bisa menjalankan konten interaktif di dalamnya dan berbagi artikel melalui jejaring sosial. Jadi, aplikasi mana yang terbaik? Pilihan ada di tanganmu dan pilih sesuai kebutuhan.


Fokus membahas iOS. Senang mendesain UI/UX. Terjebak di dunia Apple karena terinspirasi dengan Steve Jobs. Menjalani kuliah di jurusan Arsitektur ITB dan aktif sebagai Mozilla Reps.

4 Comments

  1. devilpenakut  /  13 December 2011, 16:25 Reply

    Menurut saya dr segi tampilan Flipboard terbaik, namun dalam penyajian data Zite lebih sesuai dengan yg kita inginkan, karena mengerti apa yg kita suka dan tidak dengan dibantu tombol “like” dan “dislike”. Pulse? membingungkan.

  2. tapaksiunta  /  13 December 2011, 16:32 Reply

    flipboard tetap yang tercanggih dan terlengkap, sejak pertama pakai langsung jatuh hati :D

  3. dita  /  14 December 2011, 10:08 Reply

    User interface Flipboard lebih oke. Tapi aku lebih suka Zite. Penyajiannya lebih terstruktur dan “gampang” di mata. Tombol “like” dan “dislike”-nya juga mudah dipake. Isinya juga lebih sesuai yang aku inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>