Aplikasi Pilihan Untuk iPhone Pertama Anda

Setiap iPhone pasti terdapat akses langsung ke App Store untuk mengunduh aplikasi, berbayar ataupun gratis. Dari sekitar ratusan ribu aplikasi yang tersedia, saya pilihkan 14 aplikasi untuk iPhone pertama anda.

Facebook

Siapa sih yang tak kenal Facebook? Berhubung kita hidup di Indonesia di mana dunia mengenalnya sebagai “The Facebook Nation”, aplikasi resmi Facebook untuk iPhone ini wajib dimiliki. Sejak kehadiran Facebook untuk iPad, tampilan aplikasi berubah total termasuk tampilan Facebook web mobile.

Dalam aplikasi ini, Anda bisa mengakses segala macam fitur Facebook, termasuk Chats dan Groups. Aplikasi resmi ini pun menampilkan semua aplikasi iPhone lainnya yang terotorisasi dengan akun Facebook Anda dan sudah terpasang di iPhone. Bila Anda hanya membutuhkan fitur Chats saja, cukup memasang Facebook Messenger (iTunes Preview).

Twitter

Aplikasi resmi Twitter ini merupakan salah satu versi paling berbeda sejak versi-versi terdahulunya. Sebelumnya, aplikasi ini bernama Tweetie dan kemudian Twitter memborong para pengembangnya (dan kini dilepas kembali) untuk menjadikan Tweetie sebagai aplikasi resmi Twitter di iPhone.

Aplikasi resmi ini sangat cocok bagi anda pengguna Twitter casual dan tidak terlalu berkutat dengan fitur-fitur advance. Sekalipun mendukung pemasangan banyak akun, aplikasi ini lebih nyaman bila digunakan hanya satu akun saja. Bila Anda pengguna mahir Twitter, sebaiknya menggunakan Tweetbot (iTunes Preview).

Instagram

Instagram menjadi salah satu icon pengguna iPhone dalam pemanfaatannya menjadi iPhoneografi. Tak sedikit pengguna Instagram ini menjadi ketagihan dengan menambahkan perkakas untuk iPhone dari segi fotografi seperti lensa.

Instagram mensimulasikan fungsi kamera lomo pada iPhone Anda. Cukup dengan mengambil gambar lalu menambahkan efek gambar yang bermacam-macam dan diterbitkan di timeline Instagram anda. Teman-teman Anda bisa memberi komentar atau memberi tanda ‘Like’ atau Suka pada hasil karya Anda.

Tak hanya diterbitkan di timeline Instagram anda, tapi juga bisa disebarkan ke media sosial lainnya seperti Twitter, Facebook, Tumblr, bahkan Flickr. Bila Anda ingin memodifikasi karya anda lebih jauh, bisa dimodifikasi terlebih dahulu menggunakan pengolah gambar lainnya seperti Snapseed (iTunes Preview) sebelum diterbitkan dengan Instagram.

Flipboard

Aplikasi Flipboard menjadikan iPhone anda seperti majalah digital dengan tampilan yang ciamik. Berawal dari iPad, kini Flipboard pun hadir di iPhone. Flipboard akan menarik RSS Feed dari berbagai macam website pilihan anda, bahkan dari media sosial pun dan daftar langganan anda di Google Reader. Aplikasi ini sangat cocok bagi anda yang senang membaca website favorit anda tanpa adanya gangguan.

Camera+

Camera+ adalah aplikasi wajib bagi siapapun yang sering menggunakan dan memanfaatkan kamera iPhone. Dalam pandangan saya, aplikasi ini cocok sekali menggantikan posisi Camera.app sebagai aplikasi kamera default di iPhone. Hasil jepretan yang dihasilkan Camera+ lebih bersih dan lebih jelas dibandingkan Camera.app sendiri. Selain itu, Camera+ juga dapat memberikan efek, mengatur komposisi dan cropping gambar dengan sangat mudah. Jika gambar sudah diolah sedemikian rupa, anda bisa bagikan lewat Twitter/Facebook atau hanya disimpan di Camera Roll.

Dropbox

Bagi anda yang bekerja menggunakan banyak perangkat dan tak ingin kesulitan mengambil data di perangkat lain, layanan penyimpanan data Dropbox bisa jadi solusi Anda. Jika belum memiliki akun Dropbox, anda bisa mendaftarkan diri di sini.  Di iPhone, aplikasi resmi Dropbox pun dapat mengakses semua data dan dokumen yang sudah tersimpan sebelumnya. Namun, anda hanya bisa mengunggah foto saja dari iPhone ke akun Dropbox Anda karena limitasi yang diberikan di iOS. Jika Anda ingin bekerja dengan dokumen di Dropbox, Anda bisa menggunakan aplikasi pengolah dokumen lainnya yang mendukung akses ke Dropbox.

Path

Sebelumnya Path hanyalah seperti Instagram, berfungsi untuk mengambil gambar, memberi efek kemudian diterbitkan di timeline Path. Kini, Path berubah menjadi sebuah model media sosial baru dimana tak hanya gambar, Anda pun bisa berbagi pikiran, check-in lokasi ke Foursquare dan bahkan anda bisa mengabarkan kapan dan di mana Anda tidur maupun bangun tidur.

Clear

Sebelumnya, MakeMac sudah membahas aplikasi ini. Clear adalah aplikasi to-do list yang paling simpel dan paling mudah digunakan saat ini. Cukup dengan menarik daftar, Anda bisa membuat to-do list baru. Bila sudah dilakukan, cukup disapukan saja dengan jari Anda ke arah kanan. Kemudahan aplikasi ini sesuai sekali dengan namanya, Clear.

iWorks (Pages, Numbers, Keynote)

iWorks adalah sebuah paket aplikasi pengolah dokumen dari Apple yang terdiri atas Pages (pengolah kata), Numbers (spreadsheet) dan Keynote (pengolah presentasi). Sebelumnya, ketiga aplikasi ini hanya tersedia di OS X dan kini tersedia pula di iOS. Ketiga aplikasi ini dijual terpisah dengan harga masing-masing $9.99.

Pages cocok sekali digunakan untuk tak hanya membuat dokumen formal tetapi juga material publikasi seperti poster. Numbers mampu mengolah data angka dalam
bentuk spreadsheet dan menyajikannya dalam tampilan yang keren, tidak kuno. Keynote dapat menyajikan slide presentasi anda dengan efek transisi yang luar biasa ala keynote Steve Jobs. Mengapa? Karena Steve Jobs menggunakan Keynote di setiap presentasinya.

Bila Anda terbiasa dengan Microsoft Office, Pages merupakan pengganti dari Word, Numbers itu pengganti dari Excel dan Keynote itu pengganti Powerpoint. Penggunaan ketiga aplikasi iWork ini sangat mudah, terlebih lagi dalam penggunaan iCloud yang terintegrasi. Sehingga, semua dokumen Anda akan tetap sama dan terjaga versinya di berbagai perangkat iOS anda.

  • Developer: Apple Inc.
  • Harga: $9.99 per aplikasi
  • Download: iTunes Preview

iLife (iMovie, iPhoto, Garageband)

Tak lengkap rasanya bila membicarakan iWork tanpa membicarakan iLife. iLife adalah paket aplikasi pengolah media dengan gaya Apple. Kini, iLife terdiri atas iPhoto, iMovie dan Garageband. Ketiganya tersedia di App Store dengan harga $4.99 per aplikasinya.

iPhoto mampu mengolah foto dan mengaturnya dalam album-album secara professional. iMovie mengolah video dari mulai transisi, tema, efek, bahkan hingga diterbitkan ke YouTube langsung dari iPhone. Garageband mengolah rekaman musik, baik dikomposisi langsung dari iPhone, menggunakan instrumen yang terkoneksi via iPhone atau melakukan Jam Session dengan perangkat iOS lainnya. Ketiga aplikasi ini layak anda miliki untuk memenuhi kebutuhan multimedia di iPhone anda tanpa harus berpindah ke komputer

Kesimpulan

Aplikasi yang dibahas hanya sebagian kecil dari ratusan ribu aplikasi yang tersedia di App Store. Banyak aplikasi menarik lainnya yang mampu memberi nilai tambah pada iPhone Anda. Bukan jumlah aplikasi yang terpasang yang diutamakan tetapi karya hebat yang dihasilkan dari aplikasi yang terpasang di iPhone. Selamat menggunakan iPhone anda dengan cermat!


Fokus membahas iOS. Tertarik untuk merancang UI/UX. Terjebak di dunia Apple dan sangat terinspirasi dengan Steve Jobs. Hampir lulus dari Program Studi Arsitektur ITB dan aktif sebagai Mozilla Reps.

3 Comments

  1. Ari 'aj' Djatmiko  /  7 April 2012, 11:24 Reply

    Whatsapp…

  2. bramvoltage  /  7 April 2012, 14:54 Reply

    jangan lupa evernote dan wunderlist :)

  3. Aldouz  /  10 April 2012, 13:18 Reply

    whatsapp, 4sq, detikcom, textpics, zite, goodplayer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>