News

Apple Bentuk Tim Rahasia Kembangkan Sensor Gula Darah

Apple Campus

Apple dikabarkan diam-diam sudah membentuk tim kecil yang terdiri dari engineer kesehatan untuk mengembangkan sensor yang dapat memonitor gula darah penderita penyakit diabetes.

Dilansir CNBC (via MacRumors), tim engineer yang ditempatkan di sebuah kantor rahasia yang berlokasi di Palo Alto, California, tersebut melaporkan kepada salah satu petinggi Apple, Johny Srouji, yang menjabat sebagai SVP of Hardware Technologies.

Disebutkan dalam laporan tersebut, Apple sudah melakukan uji coba kelayakan di sejumlah klinik yang ada di sekitar Bay Area. Tidak hanya itu, mereka juga merekrut konsultan untuk membantu menangani regulasinya.

Narasumbernya mengatakan bahwa Apple sedang mengembangkan sensor-sensor optikal yang mampu memancarkan cahaya yang menembus ke dalam kulit untuk mengukur gejala gula darah. Proyek kesehatan Apple ini diperkirakan membutuhkan dana hingga miliaran dolar.


Baca juga:


Jika proyek ini sukses, maka hal itu merupakan suatu pencapaian besar Apple dalam dunia kesehatan. Karena, mendeteksi gula darah diklaim sebagai tantangan yang sangat sulit dikembangkan.

Kabarnya proyek kesehatan ini diinisiasi kali pertama kali oleh mendiang Steve Job. Pendiri Apple tersebut berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup semua orang melalui inovasi yang dilakukan perusahaannya.

Apple sendiri berencana untuk menyematkan lebih banyak sensor kesehatan canggih buat perangkat Apple Watch. Namun sebagian di antaranya dibatalkan karena belum akurat dan masih perlu pengembangan lebih lanjut. Jadi kemungkinan, sensor buat mendeteksi gula darah sepertinya belum akan datang dalam waktu dekat ini di Apple Watch Series 3 yang rencananya hadir musim Gugur nanti.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top