News

Apple Cetak Laba Paling Tinggi di Pasar Smartphone Global 2016

iPhone

Hanya dengan mengandalkan satu jenis smartphone yaitu iPhone, bukan berarti Apple meraup laba yang sedikit. Sebaliknya, perusahaan yang bermarkas besar di Cupertino itu berhasil mendominasi laba di pasar smartphone global di tahun 2016.

Dari data terbaru yang dirilis firma riset Strategic Analytics (via Korea Herald) mengenai keuntungan dari penjualan smartphone global 2016, Apple berhasil membukukan keuntungan 79,2 persen atau mencapai $44,9 miliar dari total keuntungan smartphone global diperkirakan sebesar $53,7 miliar.

SA menyoroti kunci utama yang membuat Apple berhasil mendominasi laba di pasar smartphone global. Yaitu, kemampuan mereka dalam memaksimalkan harga jual iPhone, namun tetap mampu menekan biaya produksi seminimal mungkin.

Laba yang diperoleh Apple dari penjualan iPhone tahun lalu mengalami penurunan. Di tahun sebelumnya, mereka pernah mencatat laba lebih dari 90 persen dari penjualan smartphone global. Meski demkian, Apple mencetak laba berkali-kali lebih banyak daripada para pesaingnya.


Baca juga:


Berada di bawah Apple ada Samsung yang mengeluarkan banyak model smartphone. Perusahaan raksasa elektronik dari Korea Selatan itu hanya mampu mencatat laba sebesar 14,6 persen atau $8,3 miliar dari keuntungan dari penjualan smartphone global.

Laba dari penjualan smartphone global sisanya dipegang para vendor smartphone dari Tiongkok, seperti Huawei dengan raihan laba sebesar 1,6 persen, Oppo di 1,5 persen, dan Vivo di 1,3 persen.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top