News

Apple Kirim Peringatan untuk Aplikasi dengan SDK Rollout

Apple hari ini mengingatkan beberapa pengembang pihak ketiga di App Store yang menggunakan sistem SDK dari Rollout yaitu metode “hot code push”. Para pengembang ini diminta untuk menghapus kode tersebut dan memberikan update untuk aplikasinya di App Store. Berikut ini kutipannya:

Your app, extension, and/or linked framework appears to contain code designed explicitly with the capability to change your app’s behavior or functionality after App Review approval, which is not in compliance with section 3.3.2 of the Apple Developer Program License Agreement and App Store Review Guideline 2.5.2.

Setelah tim MakeMac membaca beberapa sumber dan sedikit mendalami tentang Rollout, layanan ini memang bisa dikatakan melanggar ketentuan dari App Store. Yaitu sistem SDK dari Rollout dapat memberikan kemampuan modifikasi barisan kode atau program yang sudah didaftarkan ke iTunes Connect.


Baca Juga:


Tujuan dari Rollout adalah mencegah sebuah aplikasi mengalami bug system yang terlalu lama atau membuat pengembang harus menunggu waktu pendaftaran versi berikutnya ke App Store. Namun bisa saja fitur ini digunakan untuk merubah aplikasi yang resmi hadir di App Store menjadi bentuk lain atau hal buruk lainnya.

Sebagai catatan tambahan, Rollout masih berusaha menghubungi Apple untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap. Sampai artikel ini saya tulis, belum ada penjelasan langsung dari Apple atau pemecahan masalah yang dapat dilakukan kecuali mengganti SDk yang digunakan.

Mundur ke catatan sebelumnya, Apple sudah menyipkan fitur yang cukup mirip untuk iOS 10.3 nanti. Yaitu mode mengganti ikon aplikasi tanpa perlu update. Tentunya batasan yang diberikan cukup jelas yaitu ikon – kabarnya fitur ini termasuk salah satu dukungan dari Dark Mode yang selama ini menjadi isu hangat pada iOS 10.

Bagaimana pendapat kamu mengenai SDK Rollout yang membuat para pengembang mengalami masalah tersebut? Bagikan di kolom komentar ya!


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top