News

Apple Gandeng Foxconn untuk Bantu Bangun R&D di Indonesia

Judul

Apple seperti diketahui bersama berencana membangun sejumlah pusat penelitian dan pengembangan teknologinya (R&D) di tahun 2017 nanti di Indonesia. Untuk membantu rencananya tersebut, mereka dikabarkan meminta bantuan manufaktur rekanannya.

Seperti dilansir Economic Daily News (via Digitimes), Apple sudah bermitra dengan Hon Hai Precision Industry atau yang lebih dikenal dengan nama Foxconn terkait rencananya untuk membangun pusat R&D di Indonesia.

Meski demikian ketika ditanya perihal tersebut, Foxconn menolak memberikan keterangan apapun mengenai kerja samanya dengan Apple untuk membangun pusat R&D miliknya di Tanah Air.

Menurut rencana, Apple bakal membangun pusat R&D di 4 kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Jogjakrta, dan Surakarta, secara bertahap mulai tahun depan. Untuk nilai investasinya, Kementerian Perindustrian mengungkapkan mereka menggelontorkan dana 1,1 triliun.

Pembangunan pusat R&D miliknya di Indonesia merupakan bentuk kepatuhan Apple terhadap aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri yang bakal diberlakukan awal tahun depan. Dengan mematuhinya, mereka bisa menjual produk-produk barunya, termasuk iPhone 7 yang meluncur di banyak negera September lalu.


Baca juga:


Dikenal sebagai perakit iPhone, Foxconn sendiri sudah mulai melebarkan sayap bisnis di pasar Indonesia. Belum lama ini mereka bekerjasama dengan pabrikan lokal meluncurkan ponsel Android, Luna.

Selain di Indonesia, Apple juga berencana membangun pusat R&D di daratan Tiongkok dengan total dana investasi mencapai 100 juta–300 juta Yuan. Pusat penelitian dan pengembangan barunya tersebut dilaporkan bakal berlokasi di Zhongguancun Science Park, Beijing.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top