Featured

Apple Hapus Web Pengecekan iCloud Activation Lock

Apple secara mengejutkan menghapus web icloud.com/activationlock yang biasanya dapat kamu gunakan untuk mengecek status iCloud di sebuah perangkat. Padahal fitur ini sangat berguna untuk melakukan pengecekan, apakah sebuah iPhone, iPad atau iPod Touch, Mac yang ingin dijual atau dibeli, sudah lepas dari iCloud pemilik sebelumnya.

Dikutip dari laman 9To5Mac, fitur ini sepertinya bukan sekedar hilang karena kesalahan sistem dari Apple atau perbaikan tampilan. Ya, mengingat beberapa dokumentasi di Apple Support mengenai penggunaan fitur ini juga sudah dihapus. Contohnya adalah halaman Find My iPhone Activation Lock yang baru saja mendapatkan update beberapa hari lalu.

References to the web page have been removed from Apple’s support documentation, indicating this is not a temporary issue and the page has been intentionally pulled from service …


Baca Juga:


Apple sendiri belum memberikan penjelasan, kenapa menghapus fitur penting tersebut. Tentunya dengan kehilangan fitur ini, pengguna yang ingin membeli perangkat iOS tanpa bertemu langsung dengan pemilik sebelumnya (beli lewat online store atau layanan ecommerce misalnya), wajib untuk berhati-hati. Ya, karena tidak ada lagi cara untuk mengecek status iCloud Activation Lock dengan cara memasukkan IMEI dan melihat statusnya. – apakah masih terpasang iCloud Activation Lock atau sudah dimatikan alias keluar.

Dari beberapa catatan lain juga disebutkan, kamu masih bisa meminta bantuan Apple untuk mengecek status iCloud Activation Lock dari sebuah perangkat. Yaitu dengan cara menghubungi Apple Support dan memberikan data yang diperlukan. Tentunya Apple tetap menjaga privasi pengguna akun iCloud tersebut – hanya melihat status iCloud Activation Lock saja, tanpa alamat Apple ID yang terpasang.

Bagi kamu yang belum tahu, iCloud Activation Lock adalah fitur yang berfungsi untuk mencegah orang lain menggunakan perangkat iOS dan komputer Mac yang hilang atau dicuri. Mode ini akan mencegah proses aktivasi perangkat dengan meminta alamat Apple ID dan password yang kamu gunakan setelah proses Restore selesai. Fitur ini juga terhubung dengan Find My iPhone yaitu cara melacak perangkat iOS saat terhubung ke internet dan sekaligus mode mengunci perangkat dari jarak jauh.

Saya sendiri berharap, semoga Apple segera mengembalikan fitur tersebut atau menghadirkan fitur penggantinya segera. Mengingat fungsinya yang sangat penting dan bisa mencegah aksi penipuan dari penjualan perangkat iOS dalam posisi terkunci iCloud Activation Lock. Bagaimana pendapat kamu mengenai hal ini? Bagikan di kolom komentar ya!


Pengalaman Kecurian iPhone + Terkena Phishing Apple ID

Gambar


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top