News

Apple Siapkan Mac Pro Modular dan iMac Baru, Khusus Pengguna Profesional

Perangkat Mac Pro dengan bentuk tabung warna hitam yang rilis beberapa tahun lalu, rasanya jarang terdengar kabar barunya. Ya, Apple tidak memberikan update apapun untuk Mac Pro tersebut selama beberapa tahun. Namun kabarnya tahun depan ada generasi baru dari Mac Pro yang siap membuat kamu tercengang.

Dikutip dari hasil wawancara Daring Fireball kepada Apple, komputer Mac Pro akan mendapatkan versi baru dalam waktu dekat. Tidak sekedar baru, Mac Pro akan mengusung desain modular system yang dapat dapat menampung CPU dan GPU kelas tinggi – cocok untuk pengguna profesional. Bahkan sebagai pelengkap, perangkat display seperti Thunderbolt Display juga akan mendapatkan versi bar. Berikut ini kutipan penjelasan dari Phil Schiller:

As part of doing a new Mac Pro — it is, by definition, a modular system — we will be doing a pro display as well.

Dalam sesi wawancara yang juga dihadiri oleh Craig Federighi, John Ternus (SVP Hardware Engineering), Bill Evans (Apple PR) dan beberapa wartawan lain, Apple juga membuka data seputar penjualan komputer Mac dan penggunaan aplikasi profesional. Yaitu perbandingan angka penjualan 80/20 untuk perangkat Mac portabel dan Mac desktop.

Sedangkan untuk penggunaan aplikasi profesional, tercatat angka 15% dari semua pengguna komputer Mac aktif yang membuka aplikasi video editing, design grafis, dan aplikasi pemrograman. Ada juga angka 15% berikutnya yang menyatakan sejumlah pengguna Mac yang menggunakan daftar aplikasi profesional, dengan jumlah waktu yang lebih sedikit.


Baca Juga:


iMac Baru di Tahun 2017

Masih dari sumber yang sama, kabarnya Apple juga akan merilis komputer iMac generasi terbaru dalam waktu dekat. Pastinya kamu tahu, komputer iMac masih mendapatkan perhatian cukup intensif dari Apple selama beberapa tahun ke belakang. Mulai dari kehadiran iMac 5K, iMac 4K dan terbaru adalah iMac versi murah untuk kalangan edukasi. Craig Federighi menjelaskan bahwa iMac yang akan hadir tahun ini, akan menggunakan performa tinggi alias sistem yang cocok untuk pengguna profesional.

..there’s still even further we can take iMac as a high performance, pro system, and we think that form factor can address even more of the pro market.

Masih ada beberapa penjelasan menarik lainnya dari tim Apple dalam sesi diskusi tersebut. Mulai dari teknologi thermal corner yang masih dikerjakan untuk Mac Pro, Mac Mini yang tetap akan dipertahankan dan pentingnya sistem scripting dan otomatisasi di Apple. Kamu bisa membaca berita lengkapnya di laman sumber artikel ini.

Bagaimana pendapat kamu mengenai Mac Pro dan iMac baru yang sedang dikerjakan oleh Apple? Apakah berminat untuk membelinya sebagai perangkat kerja profesional karena mengusung spesifikasi kelas tinggi? Bagikan di kolom komentar ya!


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top