News

Apple Pasang Badan Bantu Google Hadapi FBI

Google

Google dikabarkan mendapatkan bantuan dari sejumlah perusahaan teknologi besar di Silicon Valley termasuk Apple dalam menghadapi biro penyelidik federal Amerika Serikat (FBI) di pengadilan Pennsylvania.

Sebagaimana dilaporkan Business Insider, Apple, Microsoft, Amazon, dan Cisco mengajukan tuntutan bersama kepada pengadilan di Pennsylvania yang mengeluarkan surat perintah kepada Google untuk menyerahkan data email milik tersangka kriminal yang disimpan di server-server luar negeri AS ke FBI.

Apple dan sejumlah perusahaan teknologi tersebut menyatakan bahwa surat perintah tersebut bakal menciptakan preseden yang sangat membahayakan di masa yang akan datang. Alasannya hal itu bakal mengundang negara lain untuk meminta hal yang serupa dari AS.

Dalam pernyataannya, Google menolak dengan mengatakan surat perintah tersebut tidak berlaku untuk data-data yang disimpan di luar negeri. Oleh karena itu perusahaan pembuat sistem operasi Android itu dilaporkan telah mengajukan banding dan kini mendapatkan bantuan dari Apple dan perusahaan teknologi lain.


Baca juga:


Tuntutan hukum yang diajukan Apple dan perusahaan teknologi tersebut menyatakan pemerintah tidak sepenuhnya salah untuk mengetahui data penguna yang disimpan di luar negeri. Hanya saja, mereka menilai putusan tidak sesuai dengan hukum saat ini karena tidak dikeluarkan kongres AS, tapi pengadilan.

Selain itu, mereka meminta kongres AS untuk mempertimbangkan secara hati-hati dampak yang bakal ditimbulkan jika mereka memberlakukan hukum mengenai surat perintah untuk menyelidiki data yang disimpan di luar negeri AS.

Sebelum ini, Apple juga pernah tersandung kasus dengan FBI yang meminta mereka untuk menjebol data dari iPhone milik pelaku penembakan di San Bernardino. Namun mereka dengan tegas menolaknya dengan alasan bisa membahayakan privasi para pengguna. Dalam kasus itu, Apple juga mendapatkan dukungan dari Google.


1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Apple Pasang Badan Bantu Google Hadapi FBI - hagiasovia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top