Miscellaneous

Apple Sedang Uji Sensor 3D Sebagai Pengganti Sensor Touch ID di iPhone 8

iPhone 8

iPhone 8 dipastikan bakal menjadi iPhone generasi baru yang tidak dilengkapi sensor pemindai sidik jari Touch ID, tidak di dalam layar atau pun di belakang bodi sebagaimana banyak rumor yang beredar menyebutkan demikian.

Pasalnya seperti diberitakan Bloomberg, Apple sedang melakukan pengujian sensor pengenalan wajah secara 3D sebagai sistem keamanan baru yang menggantikan sensor Touch ID buat membuka layar dan otorisasi pembayaran. Pengenalan wajah tersebut bakal ditanamkan di dalam kamera depan iPhone 8.

For its redesigned iPhone, set to go on sale later this year, Apple is testing an improved security system that allows users to log in, authenticate payments, and launch secure apps by scanning their face, according to people familiar with the product.

This is powered by a new 3-D sensor, added the people, who asked not to be identified discussing technology that’s still in development. The company is also testing eye scanning to augment the system, one of the people said.

Sistem keamanan untuk membuka layar di iPhone 8 melalui fitur pengenalan wajah dalam prosesnya diklaim lebih aman. Hal ini dikarenakan dalam prosesnya, sistem tersebut mengambil titik data lebih banyak dibandingkan dengan sensor pemindai sidik jari biasa.


Baca juga:


Lebih menarik lagi, laporan yang sama menyebutkan bahwa Apple bakal menyematkan chip khusus yang dinamakan dengan Apple Neural Engine. Chip ini hadir untuk menangani fitur ProMotion yang sebelumnya dimiliki lini iPad Pro baru, tugas-tugas kecerdasan buatan (AI), dan meningkatkan penggunaan daya baterai.

Chip Apple Neural Engine sebelumnya pernah diberitakan pada Mei lalu. Saat itu, Chip tersebut bakal disematkan untuk menangai pengenalan citra, prediksi teks, dan tugas-tugas yang berkaitan dengan AI lainnya.

Kehadiran sensor 3D di iPhone 8 hadir menyusul analis terkenal dari KGI Securities Ming Chi-Kuo beberapa saat lalu merilis sejumlah hasil prediksinya terkiat fitur-fitur yang diusung iPhone 8, termasuk absennya Touch ID. Dalam catatanya, dia memprediksikan bahwa Apple bakal mengadopsi fitur pengenalan wajah untuk menggantikan sensor Touch ID di iPhone 8.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top