Featured

Mengenal Bahaya Menggunakan Jasa “Meminjam” Apple ID

“Menurut admin MakeMac aman gak sih pakai jasa pinjam Apple ID, untuk games, musik atau hal lainnya?”

Pertanyaan ini sudah beberapa kali masuk ke Twitter @MakeMac dari para Sahabat MakeMac beberapa waktu ini. Untuk memberikan jawaban dan ulasan yang lengkap, saya akan bahas dalam artikel opini ini dan pada akhirnya kamu dapat mengambil kesimpulan sendiri. Yuk kita bahas!

Mengenal Apple ID dan Sistem Pembayaran yang Digunakan Apple

Sejauh ini sistem pembayaran yang sah untuk belanja di beberapa toko online milik Apple berbasis Apple ID (App Store, Mac App Store, iBooks Store, iTunes Store) ada 2 saja. Yaitu kartu kredit dan iTunes Gift Card. Tidak semua pengguna produk Apple memiliki kartu kredit, atau membeli iTunes Gift Card ketika membuat sebuah Apple ID untuk pertama kali. Untuk itu ada cara membuat Apple ID secara gratis, tanpa kartu kredit yang pasti sudah kamu baca di MakeMac.

Setelah pembayaran, bahasan yang harus kamu tahu adalah penggunaan Apple ID. Dalam laman Apple Support dijelaskan, sebuah Apple ID hanya bisa digunakan maksimal pada 10 perangkat iOS dan 5 komputer. Misalkan kamu memiliki Apple TV, iPad dan sebuah iPhone, alangkah baiknya jika semua itu menggunakan 1 Apple ID saja sehingga setiap aplikasi yang kamu beli, games dan data yang sering kamu akses dapat digunakan secara simultan di semua perangkat


Baca Juga:


Kebaikan Apple yang Digunakan Sebagai Celah Kejahatan

Kembali pada jumlah maksimal device, Apple memang memberikan kelonggaran yang cukup besar untuk masalah penggunaan Apple ID – 10 perangkat. Hal ini yang coba digunakan oleh beberapa orang yang kurang baik untuk “meminjamkan” akun mereka kepada pengguna lain dan mengunduh ulang games, aplikasi atau konten berbayar lain yang sudah mereka beli. Masih kurang paham dengan maksud penjelasan di atas? Berikut ini contoh kasus yang sering ditemui:

Contoh kasus adalah saya memiliki sebuah Apple ID yang sudah mengunduh 10 games favorit serta aplikasi berbayar yang sedang ngetop. Lalu saya menawarkan jasa pakai Apple ID ini lewat online shop atau forum online misalnya. Nantinya setiap orang yang ingin menggunakan Apple ID ini harus membayar kepada saya dan dapat mengunduh games tersebut secara gratis – masuk ke tab Purchased.

Apakah Itu Salah?

Tentunya hal ini menyalahi aturan dasar dari Apple mengenai penggunaan Apple ID dan data personal dari setiap pengguna. Berikut ini kutipan yang dapat kamu baca:

Can I share an Apple ID with someone else?

Your Apple ID should not be shared with anyone else. It provides access to personal information including contacts, photos, device backups and more. Sharing your Apple ID with someone else means you are giving them access to all of your personal content and may lead to confusion over who actually owns the account. To share iTunes & App Store purchases, photos, a calendar and more with someone else, try Family Sharing, iCloud Photo Sharing or other easy-to-use sharing features.

Bahaya yang Harus Kamu Ketahui

Pertama, sudah saya tulis diatas yaitu hal ini melanggar ketentuan dari Apple. Karena melanggar, bukan tidak mungkin Apple ID tadi dapat diblokir oleh Apple jika terlacak. Tentunya hal ini mengakibatkan kamu tidak dapat lagi menikmati games atau aplikasi yang sudah kamu gunakan.

Kedua, siapapun bisa saja mengubah password dari Apple ID tersebut apalagi jika banyak orang yang menggunakan. Ya, “peminjam” sebelum kamu atau jauh setelah kamu bisa saja iseng mengganti password dari Apple ID tadi. Atau bahkan mungkin si pemilik jasa tersebut – dengan ancaman berupa proses bayar ulang. Jika ini yang terjadi, tentu saja kamu tidak dapat mengunduh update aplikasi lewat App Store. Lebih gawat lagi jika akun tadi kamu gunakan untuk pengaturan iCloud. Bisa berakhir dengan perangkat iOS yang terkunci dengan iCloud Activation Lock.

Ketiga, opini ini mungkin bisa saja salah tapi saya coba berpikir hal terburuk. Dari pengamatan tim MakeMac, pembuat jasa meminjamkan Apple ID ini menawarkan harga yang sangat murah dan konten aplikasi premium atau lagu yang sudah dibeli di iTunes Store dengan jumlah yang sangat banyak.

Ditambah harga pinjam yang sangat murah, mungkin hanya sekitar harga menu makan siang kamu di sebuah restoran cepat saji – semua orang pasti berminat sekali. Namun coba kamu bayangkan, dari mana keuntungan mereka, dari mana modal untuk membeli aplikasi dan lagu tadi?

Prediksi saya, mereka tidak mengeluarkan uang sama sekali. Ya, mereka membeli dengan cara carding alias menjebol kartu kredit milik orang lain dan menggunakan di Apple ID tersebut. Mungkin itulah kenapa harga yang ditawarkan sangat murah dan bisa dibilang tidak masuk akal.

Akibat Terburuk yang Bisa Terjadi

Hal terburuk yang dapat terjadi sudah saya bahas di atas yaitu iCloud Activation Lock. Catatan lainnya adalah hasil diskusi saya dengan @idgiftcard yang menemukan kasus tidak biasa dari korban jasa tersebut.

Yaitu tidak dapat terhubung ke App Store setelah Apple ID yang dipinjam terblokir. Ada kemungkinan Apple telah melacak setiap perangkat yang menggunakan Apple ID dengan akses yang dipinjamkan tadi dan menghalau koneksi ke App Store sebagai peringatan keras. Tentunya kamu tidak mau jika mendapatkan hal ini, merubah iPhone menjadi device biasa yang tidak dapat terhubung ke App Store.

Kesimpulan

Setelah membaca penjelasan saya di atas, kamu harusnya bisa mengambil kesimpulan sendiri. Apakah berbahaya “meminjam” Apple ID dari orang yang tidak kamu kenal dan membahayakan perangkat iOS?

Lantas bagaimana cara menikmati konten berbayar di App Store, jika tidak memiliki kartu kredit? Kamu bisa menggunakan iTunes Gift Card atau meminta teman kamu yang menggunakan sistem pembayaran kartu kredit di Apple ID miliknya untuk memberikan Gift sebuah aplikasi, album musik atau hal lainnya. Tentunya cara ini legal, diakui Apple dan jelas aman dibandingkan meminjam Apple ID.

Punya informasi yang ingin kamu bagikan atau ditanyakan seputar bahaya meminjamkan Apple ID? Silahkan gunakan kolom komentar di artikel ini atau tweet ke @MakeMac ya!


5 Alasan untuk Berhenti Instal Aplikasi Bajakan di iPhone, iPad dan iPod Touch

Gambar


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top