BlackBerry Messenger Hadir Buat iOS dan Android Musim Panas Tahun Ini

BlackBerry Messenger goes iOS and Android via Fonearena
BlackBerry Messenger goes iOS and Android via Fonearena

BlackBerry Messenger akan tersedia buat iOS dan Android pada musim panas tahun ini. Dalam event yang diadakan oleh BlackBerry hari ini, diketahui bahwa BBM bakal hadir sebagai aplikasi gratis di kedua platform tersebut tanpa satupun fitur yang dikurangi dari versi BlackBerrynya.

Berikut penuturan Thorsten Heins sang CEO BlackBerry:

“It’s time to bring BBM to a greater audience,” CEO Thorsten Heins said in announcing the expansion, “no matter what mobile device they carry.”

Pada gelombang pertama Heins mengungkapkan bahwa pihaknya akan lebih dulu menghadirkan fitur chat dan group, baru kemudian fitur voice, screen sharing dan channel.

Menurut berita yang kami kutip dari The Verge, Heinz menuturkan bahwa alasan di balik manuver ini dikarenakan prospek BlackBerry 10 yang sangat cerah sehingga pihak BlackBerry, merasa percaya diri bahwa BBM bisa jadi solusi berkirim pesan antar platform independent.

Tentu saja dengan langkahnya ini, BBM telah melibatkan dirinya di medan pertempuran antara beragam aplikasi instant messaging antar platform lainnya yang saat ini tengah berlangsung sengit.

“Why are we doing this now? It’s a statement of confidence,” Heins went on. He said that BlackBerry 10’s prospects are “so strong that we are confident that BBM can become an independent messaging solution.”

Buat pasar Indonesia, bisa jadi ini merupakan upaya perebutan pengguna BBM di Indonesia mengingat beberapa hari yang lalu, Menkominfo Tiffatul Sembiring sempat berujar bahwa penjualan BlackBerry di Indonesia turun hingga 70%. Namun tidak diketahui apa dasar sang Menkominfo mengatakan hal tersebut.

Pertanyaannya sekarang adalah: apakah kamu akan menggunakan BBM di iPhone kamu? Ataukah malah tetap setia dengan WhatsApp, LINE, KakaoTalk dan berbagai aplikasi instant messaging antar platform lainnya? Silahkan bagikan pendapatmu di kolom komentar.


John Lennon, gitar dan Apple. News section writer untuk MakeMac, dan punya blog pribadi berjudul AppleGlass. Ikuti saya di: Google+ dan @ndrandrandra.

12 Comments

  1. hlga  /  15 May 2013, 09:28 Reply

    Bakal setia make whatsapp di ios :p

  2. Conanda Sixteinliesena  /  15 May 2013, 09:48 Reply

    saya sih tetep install BBM… kali aja pake jaga2… iOS saya juga pake koleksi aplikasi soalnya… :))

    tapi kalo masih banyak Broadcast Messenger gak penting… hari itu juga saya sudah uninstall…

  3. @Landi_22  /  15 May 2013, 10:07 Reply

    Tetep install BBM ditemani dengan LINE :))

  4. toriq paringgie  /  15 May 2013, 10:34 Reply

    manuver yg keren, tp bukannya blackberry mlah merugikan penjualan produknya sendiri ya?
    nanti org gak perlu lagi beli blackberry tinggal donlot aja aplikasi BBM di android dan iOS. *lho

  5. andre  /  15 May 2013, 11:49 Reply

    kabar gembira kalo mmng jadi kenyataan, ga perlu bawa2 iphone sama bb lagi, cukup iphone aja.

  6. andreas  /  15 May 2013, 11:57 Reply

    Solusi buat join komunitas yg terbatas dengan BBM tanpa harus beli handsetnya, iPhone saja lebih dari cukup :)

  7. mamase  /  15 May 2013, 13:43 Reply

    gatel jg ga comment… haha… berarti pnghematan neh, beli bbnya cancel ja ah, android udh lbh dri ckup, tnggal install ini itu beres dah… haha.. ^_^

  8. agus  /  15 May 2013, 16:26 Reply

    saya bakalan install BBM supaya saya lebih menjadi sosialita :)

  9. willyam alexandre  /  15 May 2013, 17:37 Reply

    Mukjizat bagi pengguna iOS dan Android
    musibah bagi Blackberry, karena saya (dan mungkin ratusan ribu orang lainnya) akan pindah kembali ke platform iOS dan Android
    setelah BBM rilis buat iOS dan Android.
    saya akui keberanian mereka untuk mengambil resiko seperti ini
    dan bingung dengan strategi pemasaran dan penjualan mereka tahun ini.
    dikarenakan keunggulan blackberry jika di kerucutkan hingga ke yang paling membantu hanya BBM (dan e-mail yang ter integrasi)
    dan mereka berani memberi kesempatan untuk penggemar setia BBM untuk pindah p[latform ke iOS dan Android, ugh… smell too risky.
    sampai sekarang blackberry belum punya signature yang begitu kuat di dalam setiap produk mereka untuk berdiri kuat sendiri untuk melawan platform iOS dan Android .
    blackberry:
    design product: standard
    User interface: standard (gak se atraktif iPhone dan hp android lainnya ex: HTC One. Z10 hanya melakukan perubahan minor.)
    sering error: yes totally

    so, yah, saya pindah ke iOS, sekarang nunggu The Apple WWDC 2013 mengumumkan apakah apple akan merilis iPhone 6 dan iPhone murah + i watch + iOS 7 and bunch of shiny new apple product…

  10. ADR  /  16 May 2013, 17:02 Reply

    iPhone 3GS user,

    bila pun terjadi masih banyak hal yg membingungkan dan bakalan terjadi perubahan besar dalam persaingan operator di indonesia,
    Bahagia, Senang ? yang saya dapat hanya kebingungan, bingung dengan paket internet yg akan digunakan bila BBM dapat digunakan di iPhone,

    Dan kelihatan nya, ini malah strategi pemasaran Blackberry,
    sepertinya, walaupun hal ini terjadi, Blackberry tetap akan mengintregasikan BBM nya kepada pengguna multi-platform lainnya dengan syarat harus ada nya perangkat blackberry itu sendiri,

    so,, what happen tomorrow, is oming soo, just see it and feel it

    • Jose Devian  /  16 May 2013, 22:30

      paket internet? kayaknya bakal sama aja deh. perkuota per bulan/hari.

      sekarang kan BlackBerry Z10 juga sama paket internetnya kayak smartphone lain.. jadi ga ada Paket Gaul atau full service. semua sama.

  11. widysys  /  22 May 2013, 14:50 Reply

    Download BBM nya sambil Ber-Line ria :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>