Featured

Cara Menggunakan Fitur Bedtime di App Clock iOS 10

Update iOS 10 memang sudah berumur beberapa pekan, tapi beragam fitur seru yang diberikan masih dapat terus kita coba. Salah satu catatan menarik ada di app Clock yaitu fitur Bedtime. Kamu dapat menggunakan mode ini untuk mengingatkan jadwal tidur agar mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Bagaimana cara mengatur mode ini? Yuk baca panduan lengkap dari MakeMac mengenai fitur Bedtime!

Cara Menggunakan Bedtime di iOS 10

  1. Buka app Clock dan tekan tab Bedtime. Lanjutkan dengan menekan tombol Get Started di bagian bawah.
  2. Atur waktu yang akan kamu gunakan sebagai jam bangun tidur, jam 5 pagi mungkin atau sekitarnya. Tekan tombol Next.
  3. Pilih hari apa saja yang tidak membutuhkan alarm, misalkan Sabtu dan Minggu. Ikon bulat dengan warna orange berarti alarm aktif ya.
  4. Tentukan jam tidur yang ingin kamu dapatkan setiap harinya. Orang dewasa butuh waktu tidur yang cukup selama 7 – 8 jam ya.
  5. Lanjutkan dengan mengatur waktu pengingat yang kamu butuhkan sebelum masuk waktu tidur. Misalkan 1 jam sebelumnya agar kamu dapat bersiap untuk istirahat seperti membereskan meja kerja atau hal lainnya.
  6. Pilih nada dering yang akan digunakan untuk membangunkan kamu dari tampilan berikutnya. Beberapa nada memang baru ada di iOS 10 ini, silahkan tekan dan tunggu preview suaranya untuk dapat kamu dengarkan.
  7. Selesai, Bedtime akan menampilkan informasi terakhir berupa saran untuk tetap menjaga hidup sehat dengan tidur cukup secara konsisten. Tekan Save.

Baca Juga:


Sesuai dengan catatan di halaman terakhir pada pengaturan Bedtime, aplikasi ini menggunakan kalkulasi waktu istirahat kamu dengan beberapa cara. Yaitu analisa gerakan dan penggunaan perangkat lalu menyimpannya di Health.

Tampilan Bedtime

Setelah selesai mengatur Bedtime, kamu akan mendapatkan tampilan seperti gambar di atas. Geser slider jam tidur kamu jika diperlukan atau jam bangun jika harus ada jadwal di pagi hari yang berbeda dari rencana misalnya. Mode Options di kiri atas layar juga dapat digunakan untuk kustomisasi pengaturan yang sebelumnya sudah kamu buat. Setelah mendapatkan data selama penggunaa beberapa hari, kamu bisa mengecek diagram secara lengkap di app Health pada perangkat iPhone ya.

Gimana, sudah tidak sabar untuk mencoba fitur ini nanti malam? Jangan lupa atur waktu tidur yang cukup ya!


1 Comment

1 Comment

  1. Edina

    24 October 2016 at 07:08

    Fungsi ini masih bisa digunakan gak ya kalau iPhone sedang dimatikan? Karena biasanya jika malam hari, iPhone saya matikan untuk diistirahatkan. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top