Featured

5 Alasan untuk Berhenti Instal Aplikasi Bajakan di iPhone, iPad dan iPod Touch

Judul

Admin MakeMac, gimana sih cara instal aplikasi ini dan itu, tapi gak beli ya..

Pertanyaan ini beberapa kali tim MakeMac dapatkan di akun Twitter MakeMac dari para pembaca. Nah supaya tidak perlu menjawab berulang-ulang akhirnya saya putuskan untuk menulis rangkumannya dalam sebuah artikel. Menurut kami di MakeMac, ada 5 alasan yang harus kamu tahu agar berhenti sekarang juga untuk menginstal aplikasi bajakan di perangkat iOS.

Intro, Asal Aplikasi Bajakan di Perangkat iOS

Jika di komputer Mac atau PC pasti kamu cukup paham mengenai darimana aplikasi bajakan berasal. Ini karena ada sistem serial number dan blokir aktivasi atau semacamnya. Lantas bagaimana dengan yang ada di perangkat iOS?

Dari hasil penelusuran MakeMac, aplikasi bajakan di perangkat iOS dapat didapatkan dengan cara membuka otentifikasi yang harusnya berdasarkan Apple ID. Ada juga yang menggunakan sistem carding atau pembajakan kartu kredit kemudian menghilangkan otentifikasi tadi untuk menyebarkan aplikasi. Banyak cara intinya dan kami tidak dapat membahasnya lebih lanjut.

Alasan untuk Berhenti Instal Aplikasi Bajakan

1. Keamanan yang Paling Utama, Jangan Bikin Perkara

Kembali ke bagian Intro tadi, jika benar aplikasi bajakan yang kamu peroleh menggunakan sistem penghapusan otentifikasi Apple ID, maka peretas tadi juga bisa memasukkan barisan kode atau hal berbahaya lainnya di perangkat iOS kamu. Tentunya hal ini bisa menjadi sesuatu yang sangat berbahaya – terutama bicara masalah privasi data penting kamu seperti Apple ID atau lainnya.

Masih ingat kasus Malware XCodeGhost? Kasus ini hanya sebuah catatan saja dari masalah mengunduh aplikasi diluar server Apple. Tentunya kamu tidak ingin menjadi contoh kasus berikutnya bukan?

2. Harga Aplikasi Murah, Tiga Ribu Rupiah Juga Ada

Belum pernah membeli aplikasi di App Store? Jangan takut kehabisan uang saku atau jatah berlanja, harga aplikasi di App Store itu sangat murah! Kini Apple punya daftar harga khusus untuk negara berkembang seperti Indonesia. Yaitu pecahan spesial 3 ribu Rupiah dan 5 ribu Rupiah. Setelah itu harga normal dengan 15 ribu Rupiah ($0.99), 29 ribu Rupiah ($1.99) dan seterusnya.

Memang sih tidak kalah banyak aplikasi yang gratis dan menarik. Tapi ada juga beberapa aplikasi berbayar yang premium alias sekali bayar saja dan kamu bisa menggunakan atau bermain dengan leluasa – tanpa in-app purchase atau ganti versi yang harus bayar lagi.

3. Tidak Punya Kartu Kredit Bukan Alasan Lagi untuk Cari Gratisan, Gunakan iTunes Gift Card!

Untuk kamu yang baru membuat Apple ID atau baru memilii perangkat iOS, tidak usang bingung jika tidak punya kartu kredit sebagai opsi pembayaran. Kamu bisa menggunakan iTunes Gift Card yaitu voucher belanja yang berupa redeem code dengan nominal tertentu.

Jika kamu tinggal di negara yang terdapat Apple Store, iTunes Gift Card (IGC) ini dijual di setiap toko resmi Apple dalam wujud kartu degan nomer seri di bagian belakang. Namun jika tidak – seperti Indonesia – bisa meminta teman kamu yang memiliki kartu kredit atau menggunakan jasa beli IGC yang banyak di toko online.


(Sponsor) Yuk Beli iTunes Gift Card di @idgiftcard!

Gambar


4. Respect! Hargai Pengembang yang Sudah Membuat Aplikasi

Alasan ini baru bisa saya tulis setelah bergabung di MakeMac dan banyak berkomunikasi dengan para pengembang aplikasi. Sadar atau tidak, pengembang aplikasi di App Store dibagi 2 – perusahaan besar dan para pemain indie alias pengembang perintis bahkan ada yang mengerjakan satu aplikasi sendirian!

Bicara tentang pengembang indie, ada beberapa yang tim MakeMac kenal dan mereka mengandalkan hasil dari App Store untuk pendapatan utama. Bayangkan jika aplikasi yang sudah mereka buat dengan susah payah dan penuh perjuangan, kamu ambil begitu saja dengan versi curian dari pihak yang tidak memiliki tanggu jawab.

Ingat, di balik kotak angka dan harga sebuah aplikasi di App Store mungkin ada beberapa keluarga yang menjadikan itu sumber pendapatan mereka..

Kamu juga harus tahu, untuk membuat aplikasi di App Store itu tidak mudah dan juga tidak murah. Pertama, pengembang aplikasi harus memiliki komputer Mac dengan spesifikasi yang mumpuni, kemampuan pemrogaman dan desain antarmuka aplikasi serta perangkat iOS yang digunakan untuk testing. Terakhir tentunya mereka harus membayar akun Apple Developer Program sebesar $99 per-tahun.

5. Beli, Main, Puas! Kepuasan Batin dan Rasa Bangga yang Lebih Besar dari Nominalnya

Tujuan dari setiap membeli aplikasi atau games adalah digunakan. Setelah digunakan, kamu akan mendapatkan kepuasan akan kebutuhan hiburan bermain games atau peningkatan produktifitas dari sebuah aplikasi misalnya. Bagi saya pribadi, ini adalah sebuah kebanggaan.

Rasa puas dan bangga ini kadang menjadi tidak ternilai harganya jika dibandingkan saat kamu membeli aplikasi. Apalagi jika hal ini sudah berkaitan dengan keluarga, anak kecil atau orang tua kamu yang membutuhkan aplikasi tertentu atau sekedar layanan hiburan dalam perjalanan misal.


Baca Juga:


Bukan Berarti Mengajak untuk Konsumtif, Tapi Mari Coba Nikmati App Store dengan Benar

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Tim MakeMac bukan berarti mengajak kamu untuk membeli banyak aplikasi berbayar secara terus-menerus. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu, tren aplikasi yang sedang naik daun atau hal lainnya.

Intinya, gunakan App Store dengan benar, beli aplikasi untuk perangkat iOS kamu di tempat yang sudah disediakan oleh Apple ini. Bukan di portal yang tidak jelas, tidak aman atau hal negatif lainnya. Jadilah pengguna iOS yang loyal terhadap konten yang kamu peroleh dan gunakan dengna maksimal.

Bagaimana, sudah makin tergerak untuk memilih aplikasi yang ingin kamu beli di App Store? Selamat belanja dan jangan lupa sebarkan kebaikan kepada pengguna lain dalam penjelasan ini ya!


10 Comments

10 Comments

  1. Stanley

    13 April 2016 at 18:24

    “…bisa meminta teman kamu yang memiliki kartu kredit…” wah… kalau ini nih nanti yang dikejar2 sama petugas pajak….:=)

  2. Alvian Choiri Apriliansyah

    14 April 2016 at 05:40

    Mudah-mudahan nantinya Apple memberikan opsi agar kita bisa membeli aplikasi di App Store menggunakan pulsa juga, tidak harus menggunakan kartu kredit seperti sekarang (tapi apa bisa ya buat iPod dan iPad WiFi only ?)

    • p0ser

      14 April 2016 at 13:29

      Coba baca artikelnya lebih teliti lagi, ada sistem pembayaran menggunakan IGC. Artinya tanpa menggunakan credit card, tidak punya rekening tabungan pun tidak masalah, tinggal cari penjual IGC yang melayani jasa COD (atau mungkin di counter handphone zaman sekarang sudah ada yang jual IGC ya?) jadi bisa bayar secara tunai.

  3. p0ser

    14 April 2016 at 13:06

    Sepengalaman saya sih yang suka jailbreak untuk memasang aplikasi bajakan itu orang-orang yang baru pakai iPhone atau iDevice lainnya saja karena penasaran/merasa rugi, masa sudah beli iPhone mahal-mahal tapi aplikasinya harus bayar (ingat zaman Whatsapp masih bayar), karena mentalnya masih mental hape N*kia seperti saya dulu (padahal saya juga seorang developer :p).

    Tapi makin kesini semakin mudah membeli aplikasi/lagu/in-app purchase karena ada IGC (SISTEM PEMBAYARAN PALING MUDAH TANPA ALASAN, KECUALI KALAU MEMANG GAK ADA NIAT BUAT NGELUARIN DUIT). Sudah banyak sekali yang jualan, tidak seperti dulu yang agak susah mencari IGC regional Indonesia dengan nominal tertentu.

    Jadi ya memang benar tidak ada alasan untuk membajak, kecuali buat para pengguna iDevice baru silakan puaskan rasa penasaran kalian sebelum direpotkan dengan sering update-nya iOS, karena harus menuggu jailbreak yang support versi tersebut dirlis dulu :D

  4. Denot Deblong

    14 April 2016 at 20:01

    Perkenalan pertama saya dengan iOS adalah dgn perangkat yg JB, walaupun mungkin benar adanya diawal bahwa JB membuka peluang utk mendownload Apps jd Gratis tp semakin dewasa semakin sadar pula bahwa esensi dibutuhkan nya JB dan saya rasa JB tidak akan mati adalah kebutuhan Power User ( tidak semua pengguna iOS dan device Apple tergolong dalam kategori ini ) untuk melakukan dan mendapatkan Tweak yg tidak akan pernah di implementasi oleh Apple kedalam rilis versi iOS termutakhir…

    Karena awal saya mencoba iOS Reg Indonesia masih dianaktirikan, dianak anak bawang karena statistik pertumbuhan pengguna CC masih rendah walaupun semakin hari semakin signifikan peningkatan pengguna Kartu Debit dr Bank, tp angka pengguna CC masih tetap saja rendah…

    Saya ingat betul Apple ID saya masuk ke Reg US supaya mendapatkan beragam Apps paling update dan tak lupa juga gratisan yg hanya berlaku di Reg US…

    Setelah muncul IGC bertebaran dmn2 saya rasa beruntunglah Apple User karena sudah dipermudah opsi pembelian balance iTunes…

    Untuk yang berpikiran sempit bahwa JAILBREAK = APPS BAJAKAN, kalian pernah coba TWEAKS2 yg ada?

    Setelah ada IGC perlahan2 Apps yg menurut saya berguna untuk keseharian satu persatu saya beli dengan legal via App Store, demikian pula dengan Lagu2 yg bisa dengan mudah dibeli satuan via iTunes Store…

    Dari itu semua alasan yg tersisa bagi saya untuk selalu JB dan menanti versi terbaru adalah TWEAKS…

    Bahkan Cydia yg katanya memudahkan BAJAKAN tetap saya beli TWEAKS SECARA PREMIUM yaitu MEMBAYAR KEPADA DEVELOPER sebagai bentuk terimakasih atas karyanya yg sangat bermanfaat…

    Tanpa Jailbreak Apple pun tak dapat meningkatkan diri, karena bagi Apple Jailbreak merupakan Testing Ground… Apabila suatu Tweaks sangat populer dilihat dari jumlah Download dan diskusi di Forum2 Internasional maka KEMUNGKINAN BESAR AKAN MEREKA IMPLEMENTASIKAN DI VERSI IOS BERIKUTNYA…

    Lihatlah Night Shift Mode, lalu bandingkan dengan FLUX… Pertanyaannya siapa meniru siapa dan siapa yg plagiat? Mengapa FLUX tidak menuntut Apple atas PEMBAJAKAN IP ( Intelectual Property )? Apa hanya karena mereka merasa inferior dihadapan Apple yg berkuasa penuh?

    Sebelum menilai atau berpendapat baiknya coba terlebih dahulu, Saya pengguna JB namun SEMUA APPS, Lagu dan Tweaks Legal dengan membayar yg semestinya… Artinya saya tetap mendukung Developer untuk terus berkarya tanpa harus memilih jalan pintas…

    Lain kali sebelum membentuk persepsi pikir baik2, apabila mendengar kata Jailbreak yg ada dipikiran anda adalah BAJAKAN maka ada yg salah dengan pikiran anda…

    “SAYA PENGGUNA JB TAPI MASIH MAU BAYAR APABILA NILAI GUNA YG DIDAPAT SEPADAN, SALAM CYDIA SAURIK!”

    • p0ser

      15 April 2016 at 09:06

      Lucu ya saat orang memberi argument diluar konteks. Mari kita semua yang berkomentar atau ingin berkomentar di artikel ini bersama-sama menyamakan persepsi bahwa yang dibahas disini adalah “Berhenti untuk Instal Aplikasi Bajakan di iPhone”. Jadi apa ada cara lain menginstall aplkasi bajakan tanpa jailbreak? Tolong koreksi saya jika saya salah.

      Saya dulu selalu menjailbreak iDevice saya, mulai dari menginstall tweak-tweak yang merubah tampilan seperti barel, winter whatever lah yang bisa mengganti icon, font, dsb., activator, auxo yang entah masih ada atau tidak, sampai iFile yang sangat berguna karena bisa sftp, smb, atau membuka file dengan ekstensi tertentu yang belum bisa disupport aplikasi natif iOS atau aplikasi di Appstore (sekarang ada Documents yang cukup mendekati).
      Sampai akhirnya saya menyadari, semakin aneh device ini, semakin hilang kesan ekslusif dari iOS-nya sendiri dan yang saya sukai yaitu kesederhanaan. Kembali ke awal, itulah yang terbaik.

      Intinya, saya tidak masalah dengan para jailbreaker dalam menginstal tweak-tweak wathever untuk memaksimalkan fungsi device-nya, karena yang dibahas disini bukan jailbreak tapi sekali lagi mari kita berkomentar sesuai konteks yaitu “Aplikasi Bajakan”.

  5. sandi

    15 April 2016 at 22:14

    hai saya mau tnya , mengapa ya iphone saya bisa restart sendiri karena notif banyak masuk (baru buka sinyal).

  6. aswar

    24 April 2016 at 21:50

    ada yg punya rekomendasi di toko online mana yang bagus buat beli iphone SE??

  7. Haykal aulia

    25 June 2016 at 05:26

    Min, iPad saya kmrn baru aja install clone app line bajakan, terus tiba2 semua application yg sy download pada crash Dan Internet ga mau connect ke app tersebut Dan kalo mau browsing setiap buka site harus nge verification site mulu ga bisa langsung, itu solusinya gimana ya apa harus restore biar kyk awal lagi

  8. sulaeman

    6 October 2016 at 19:02

    pake mobilepulsa aja di android disitu lo bisa beli giftcard itunes simple klo mau beli app purchase

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top