Miscellaneous

Bos Apple Sabet Free Expression Award 2017

Tim Cook

CEO Apple Tim Cook mendapatkan penghargaan kehormatan Free Expression Award 2017 di Newseum di Washington, D.C atas kiprahnya dalam memperjuangkan persamaan hak, privasi, pendidikan, perubahan iklim, dan lainnya.

Sebelum Tim Cook berpidato, Newseum dalam salah satu cuplikan video yang diputar menyoroti sejumlah pencapaian Tim Cook selama ini. Seperti sikap tegasnya menolak permintaan pemerintah AS melalui FBI untuk menjebol data pengguna iPhone milik teroris San Benardino.

Dalam pidatonya seperti dilansir Apple Insider, pria 56 tahun yang sudah menjabat sebagai bos Apple lebih dari 5 tahun tersebut menyampaikan terima kasihnya dan menerima penghargaan tersebut atas nama semua orang yang ada di Apple.

“I’m very grateful for the award and accept it tonight on behalf of everyone at Apple,” Cook said, quipping that he was the only person in the room with an iPad.

Tim Cook mengatakan perlindungan kebebasan berbicara saat ini sangat berbeda dari yang dimasa lampau. Saat itu, tidak ada pengembang aplikasi atau kreator konten modern yang dipikirkan para pendiri AS.

Lebih lanjut, Tim Cook mengatakan tanggung jawab Apple dalam kebebasan berbicara sangat besar untuk mendorong diri sendiri dan orang di seluruh dunia untuk berani mengungkapkan. Dengan begitu, perusahaan bisa memiliki nilai.

“This is a responsibility that Apple takes very seriously,” Cook said. “First we defend, we work to defend these freedoms by enabling people around the world to speak up. And second, we do it by speaking up ourselves. Because companies can, and should have values.”


Baca juga:


Menurut Tim Cook, kebebasan berbicara bukan hanya tentang berbicara itu sendiri, tapi juga tentang mendengarkan. Setuju atau tidak, aturan ini meminta kita untuk tetap mendapatkan informasi.

Free Expression Award adalah salah satu dari banyak penghargaan yang diterima Tim Cook. Sebelumnya, dia pernah menerima beberapa penghargaan kehormatan lain, seperti Ripple of Hope dari Robert F. Kennedy Human Rights 2015, Human Rights Campaign Visibility Award, honorary doctorate for public service dari George Washington University, dan lain sebagainya.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top