Box Sync, Aplikasi Sinkronisasi Box.com untuk Mac

Box.com yang dulunya mempunyai domain box.net – selanjutnya disebut Box, merupakan sebuah layanan cloud storage besar yang mempunyai 8 juta pengguna dari seluruh dunia. Manajemen files di Box hanya bisa dilakukan melalui websitenya membuatnya ketinggalan dari kompetitor lainnya seperti Dropbox dan Google Drive yang telah menyediakan aplikasi sinkronisasi desktop.

Akhirnya… Setelah sekian lama, Box meluncurkan aplikasi Box Sync – yaitu aplikasi desktop yang memungkinkan penggunanya sinkronisasi antar perangkat dan web. Membuatnya sejajar kembali dengan pesaingnya.

Pengguna Box dapat mengunduh aplikasi Box Sync yang tersedia untuk OS X dan Windows. Sistem kerja Box Sync berbeda dengan Dropbox atau Google Drive yang sinkronisasi seluruh file yang ada di dalamnya. Pengguna Box dapat memilih folder-folder yang akan di sync ke desktop melalui website box.

Ketika pertama kali menginstall Box Sync, Anda akan diminta tempat penyimpanan, secara bawaan akan ditempat di Home dengan nama Folder Box Document. Nantinya semua folder yang disingkronisasi disimpan di sini.

Sayangnya kita tidak bisa langsung mendapatkan URL suatu file yang dapat dibagikan kepada rekan kita. Fitur tersebut sangat penting bagi yang berkolaborasi dengan banyak kolega. Sebelum fitur ini diimplementasikan, saya rasa Dropbox masih menduduki peringkat teratas dalam segi kemudahan penggunaan aplikasinya.

Box net mempunyai keterbatasan, beberapa file tidak didukung oleh Box Sync. File tersebut diantaranya, file yang berawaln dengan titik atau ~, file sistem atau yang tersembunyi, shortcut Windows, Box WebDocs, Outlook PST, QuickBook dan Google Docs/Spreadsheet. Dan yang paling menyedihkan Box Sync tidak akan upload file Pages, Numbers dan Keynote. Menurut halaman FAQ Box Sync, mereka merencanakan akan mendukung file iWorks.

Terlepas dari keterbatasan dan kurangnya fitur, aplikasi Box Sync yang sudah resmi diluncurkan membuat pengguna Box Sync dapat dengan mudah upload file tanpa harus membuka website Box.com, yang memang sudah lama dtitunggu-tunggu.


Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio. Filosofis desain Apple merupakan acuan hidupnya. Ikuti saya di: Google+, twitter @kuswanto

1 Comment

  1. Carlton  /  5 August 2013, 01:11 Reply

    It does appear, however, that hypnosis can help a person achieve his
    or her weight loss goals. Withdrawal from levothyroxine can be done but
    it takes 6 weeks of withdrawal for the remaining thyroid tissue to
    be completely starved. Expect to lose all that extra flabbiness as you melt off all your unwanted fat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>