Buat Perangko Mail.app Sendiri

mailapp_custom.jpgApakah Anda bosan dengan perangko Alap-alap yang dipakai oleh Mail.app. Kali ini mari kita berkreasi sedikit, dan belajar membuat icon untuk Mac, dengan Mail.app sebagai kelinci percobaan. Anda bisa membuat perangko sendiri, mau pakai muka pacar atau bernarsis ria sendiri silakan saja.

Template perangko

Langkah pertam kita unduh dahulu template perangko di halaman DeviantArt.

Mail_PSD_With_Editable_Text_by_chekkz.jpg

Template Perangko Mail

Di dalamnya Anda akan mendapatkan Mail_PSD_by_chekkz.psd. Nah, silakan buka berkas PSD tersebut. Apabila Anda tidak mempunyai Photoshop, Anda bisa menggunakan The GIMP sebagai alternatif.

Kemudian buka juga gambar yang ingin dijadikan perangko dengan Photoshop. Saya memakai illustrasi yang dibuat oleh Petshopbox Studio.

Gambar Anda pindahkan ke gambar Mail PSD, tempatkan di atas layer Preview.

Posisilayer.jpg

Gambar yang saya pakai

Karena perangko Mail.app sedikit miring sekitar 10º. Tekan ⌘ + T, di Option bar, masukan angka -10 di kolom rotasi (lihat gambar lebih jelasnya). Hasilnya gambar Anda akan miring -10º.

miring.jpg

Setelah rotasi -10º

Merubah teks stempel

Langkah ini sebenarnya opsional, tapi supaya lebih lucu kita rubah saja. Pilih alat Teks (shortcut-nya kunci T), dan klik di atas tulisan, dan ganti sesuka Anda.

ganti tulisan.jpg

Proses mengganti tulisan

Menghilangkan gambar di luar frame perangko

Sebenarnya Anda bisa saja menghapus area yang ada di luar perangko. Tapi mari kita lakukan dengan masking.

Pertama-tama pilih layer Preview (yang gambar aurora), kemudian di atas layer preview tekan tombol cursor akan berubah menjadi cursor yang ada kotak gari-garis, ini merupakan tanda cursor seleksi. Lanjutkan dengan klik kiri. Maka hasilnya akan ada hasil selksi berdasarkan luasnya layer Preview.

Setelah itu pilih layer gambar Anda. Kemudian klik icon masking yang ada di bagian bawah, disebelah kanan icon layer styles (fx).

Hasilnya akan seperti di screenshot ketiga di bawah ini. Gambar Anda akan termasking.

layers.jpg

Proses masking

Membuat berkas icon .icns

Selanjutnya kita akan membuat berkas .icns, untuk itu silakan unduh aplikasi kecil tapi mantap yang bernama img2icns. Namanya sudah menjelaskan fungsinya, bukan?

Aplikasi ini sangatlah sederhana.Oh iya, save dulu gambar yang telah Anda buat tadi ke dalam format PSD saja. Selanjutnya Anda bisa langsung menaruh gambar PSD langsung ke img2icns. Ini hasil perangko saya.

Img2icns.jpg

Jendela Img2icns

Selanjutnya klik icon icns yang ada di sebelah kanan untuk membuat perangko dalam format .icns yang nantinya dijadikan icon Mail.app.

hasil.ICNS-1.jpg

Berkas icns dibuka di Preview

Merubah icon Mail.app

Icon sudah jadi, sekarang tinggal merubah icon alap-alap dengan yang kita buat tadi. Bagi, yang mempunyai CandyBar, Anda dapat memasukan icon Anda ke CandyBar dan merubah icon Mail.app langsung di Candybar.

Bagi yang tidak punya, mari kita lakukan cara manual. Klik kanan di icon Mail.app dan pilih Show in Finder.

showinfinder.jpg

Show in Finder

Dengan cara tersebut, akan terbuka Finder baru yang langsung menseleksi Mail.app. Kemudian klik kanan dan pilih Show Package Contents.

showpackagecontent.jpg

Show Package content

Akan terbuka Finder baru lagi, di dalamnya hanya akan ada Contents, masuklah ke dalam folder Contents, kemudian ke dalam folder Resources.

Resourcesmail.jpg

Nama berkas icns yang akan diganti

Duplikat file app.icns yang terdapat dalam folder Resources untuk backup. Pada saat ini Anda sebaiknya tutup dulu Mail.app, untuk menghindari yang yang tidak kita inginkan. Setelah terduplikat, gantilah nama file icns perangko Anda menjadi app.icns. Kemudian masukan ke dalam folder Resources dan timpa file perangko Alap-alap (app.icns) dengan perangko Anda (yang juga bernama app.icns).

mailbaru.jpg

Icon Mail.app sudah berganti

Jalankan kembali Mail.app, dan sekarang iconnya tidak lagi gambar Alap-alap. Apabila icon Anda masih Alap-alap, hapus dulu icon Mail.app dari Dock, dan kemudian masukan kembali Mail.app ke Dock. Seharusnya icon Mail.app di dalam Finder sudah berubah menjadi icon perangko buatan Anda sendiri.

Apa yang kita pelajari?

Semoga tutorial ini tidak membuat Anda pusing. Dari tutorial ini Anda mengenal tentang cara pembuatan icon .icns, yaitu ekstensi berkas icon untuk Mac. Dan Anda juga dapat melihat bagian dalam berkas-berkas yang ada di aplikasi. Serta semoga skill Photoshop Anda bertambah, bagi yang sudah pro mungkin langkah-langkah di atas dapat Anda lakukan dengan mudah.

Bagi yang masih merasa kurang jelas silakan tanyakan di form komentar di bawah, atau kirimkan email ke kami.

Credit

Tutorial ini teinspirasi oleh tulisan di Hawk Wings. Hawk Wings adalah blog khusus Mail.app, di sana Anda dapat menemukan tips Mail.app serta daftar plug-in yang pastinya bermanfaat untuk pekerjaan Anda atau Freelancing.


Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio. Filosofis desain Apple merupakan acuan hidupnya. Ikuti saya di: Google+, twitter @kuswanto

7 Comments

  1. pajmien  /  7 July 2009, 08:59 Reply

    kalo pake candy bar bisa juga gak?

  2. Kuswanto  /  7 July 2009, 09:28 Reply

    @pajmien: Tentu bisa.

  3. macfred  /  7 July 2009, 18:37 Reply

    mau dong dibuatkan tempate buat icon2 yang lainnya :wink:

  4. alex  /  9 July 2009, 17:44 Reply

    thanx for sharing…. btw ukuran ideal frame or pic utk icon berapa px bro?

  5. Kuswanto  /  9 July 2009, 18:07 Reply

    @alex: Bagusnya ukuran gambarnya 512pixels.

    @macfred: Sip, tunggu aja ya. Ada beberapa aplikasi kostumisasi, nih.

  6. alex  /  10 July 2009, 12:19 Reply

    ok bro..ditunggu ilmunya…peace!!!

  7. hyoori  /  13 July 2009, 15:18 Reply

    kucingnya lucu<3 #komentargagpenting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>