Satu-Satunya Cara Blokir Kontak di iPhone

Berapa kali kamu ingin mendiamkan semua panggilan dan pesan dari kontak tertentu? Atau kamu sekadar tidak menginginkan telco langgananmu berbunyi saat mengirimkan pesan singkat mengenai promosi mereka yang terbaru?

Meskipun saya percaya iPhone dirancang sebagai perangkat yang paling mudah digunakan, tetap saja ada beberapa fitur yang sulit ditemukan dibandingkan perangkat lain yang jauh lebih terbuka. Salah satunya adalah kemampuan memblokir kontak di iPhone. Kalau kamu tidak menggunakan iPhone yang dijailbreak, maka dibutuhkan penyesuaian untuk mendapatkan fitur tersebut dalam keterbatasan iPhone.

Nah, dalam tutorial ini saya akan menjelaskan sebuah metode yang pernah diulas oleh OS X Daily beberapa minggu lalu. Tips yang ini sederhana tetapi benar-benar ampuh untuk menjadi fitur blokir kontak sementara di iPhone.

Penjelasan Singkat

Sederhananya, kamu ingin mendiamkan semua panggilan dan pesan dari nomor tertentu. Baik nomor tidak dikenal, ataupun nomor-nomor yang sering kamu terima setiap minggu. Karena iPhone belum bisa mengubah incoming ringtone menjadi none, maka kita harus membuat sebuah ringtone silence terlebih dahulu. Kamu bisa download ringtone silence dari Richard K Miller, atau download versi unggah ulang dari MakeMac.

Selanjutnya, masukkan ringtone ke iPhone dan dan bikin sebuah kontak baru. Beri nama Blocked Contacts atau dengan nama kesukaanmu — sesuatu seperti stalker, spammer, atau monyet dipersilakan, be fun with it. Kemudian tentukan ringtone kontak tersebut menjadi silence dan text tone menjadi none. Nah, sekarang kamu tinggal memasukkan nomor dan kontak yang ga jelas ke Blocked Contacts, shut them up forever.

Langkah-Langkah

Mungkin kamu kurang jelas membaca penjelasan di atas. Sekarang saya akan menuliskan langkah-langkah membuat Blocked Contacts di iPhone.

  1. Pastikan kamu menggunakan iTunes yang cocok dengan iPhonemu. Kamu akan membutuhkan iTunes untuk memasukkan ringtone ke iPhone.

  2. Jalankan iTunes. Pindahkan ringtone yang baru kamu unduh, dalam format m4r, ke jendela iTunes dengan drag and drop. Sebuah tab Tones akan muncul pada sidebar (tampilkan dengan tekan Command+Option+S) di iTunes. Kalau tidak muncul, kamu bisa menampilkannya dengan membuka halaman pengaturan iTunes, dan centang bagian Tones.

    Tones di iTunes

    Tones di iTunes
  3. Hubungkan iPhone ke Mac. Kalau kamu sudah menyalakan Wi-Fi Sync, maka langkah ini bisa dilewati. Pilih iPhonemu di sidebar, kemudian buka tab Tones di sebelah kanan dan centang Sync Tones. Pilih Silence di daftar. Tekan tombol Sync dan tunggu sampai proses selesai.

    Sync Tones

    Sync Tones
  4. Sekarang kamu boleh melepaskan iPhone dari iTunes. Langkah berikutnya, di mana kamu membutuhkan aplikasi Contacts iPhone, adalah membuat sebuah kontak baru bernama Blocked Contacts.

    Membuat Blocked Contacts di iPhone

    Membuat Blocked Contacts di iPhone
  5. Pada bagian ringtone, pilih custom ringtone yang baru kamu masukan sebelumnya. Bila kamu tidak mengubah apapun, nama pilihan seharusnya masih Silence. Ubah text tone menjadi None.

    Tentukan Ringtone dan Text Tone Kontak

    Tentukan Ringtone dan Text Tone Kontak
  6. Simpan pengaturan buat Blocked Contacts yang baru dibuat.

Memasukkan Kontak ke Buku Hitam

Memasukkan Kontak ke Buku Hitam

Nah, sekarang kamu memiliki sebuah kontak yang berfungsi sebagai daftar nomor-nomor buku hitam. Yang perlu kamu lakukan selanjutnya cukup mudah. Setiap kali ada panggilan atau pesan tak diundang masuk, pilih tombol Add to Contacts, hubungkan nomor tersebut dengan Blocked Contacts.

Tujuan dari metode ini adalah mendiamkan semua panggilan dan pesan dari agen-agen, pesan singkat promosi, dan beberapa orang yang kamu malas ladenin. Dengan demikian, perhatian kamu tidak akan terbuang untuk memeriksa pesan singkat yang mengaku sebagai mama untuk membeli pulsa.


Seorang penggemar produk Apple dan memiliki blog pribadi yang membahas kebiasaannya dalam menggunakan produk Apple sehari-hari. Ikuti dia di Google+.

10 Comments

  1. Adham Somantrie  /  22 February 2013, 16:34 Reply

    Privacy settings + VIP list? No luck?

  2. Sayz Lim  /  22 February 2013, 17:49 Reply

    Doesn’t do well. Lebih mudah blokir daripada menentukan siapa yang pantas masuk ke VIP list. Privacy settings ga ada pengaturan untuk blok/silence incoming calls setau gw.

  3. Kuswanto  /  22 February 2013, 18:25 Reply

    Sistem ini dipake semenjak iPhone 1. Terbukti efektif.

  4. amuzeizin  /  23 February 2013, 10:09 Reply

    membantu,,,, nice info

  5. Aldo  /  23 February 2013, 11:23 Reply

    Nice info min, lumayan buat ngakalin buat yg non jailbreak, tp sayang tetep masuk telfon dan sms itu walaupun ga ada “notifikasinya”, harusnya feature block kaya gini native atau at least ada app nya lah

  6. Jimbong  /  23 February 2013, 12:54 Reply

    Masih suka dg fitur don’t disturb, krn dg metode di atas dr semua spam yg masuk selalu dr nomor yg berbeda.

  7. Lilik  /  21 September 2013, 19:34 Reply

    Iphone 5 sudah bisa langsung blokir telp dan sms masuk dengan versi ios 7, dengan install ios 7 otomatis menu. Blocked caller tersedia, selamat mencoba.

  8. Daisy  /  23 September 2013, 20:07 Reply

    Kalo untuk ios 6 bagaimana? Bisa block telp/sms yang masuk selain cara di atas ga? Thanks before

  9. zanan  /  29 September 2013, 18:12 Reply

    klo di ios7 cukup masuk dimasing2 contack di situ ada pilihan “block this caller” maka telp masuk/sms gak bakalan bisa masuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>