How-To

Apple Jelaskan Cara Downgrade iOS 11 Beta ke iOS 10 dengan Benar

Update iOS 11 masih bersifat Beta alias dalam masa percobaan. Banyak pengguna yang sudah mencoba update tersebut dan ingin segera kembali ke iOS 10. Alasannya sederhana, masih banyak bug system yang cukup mengganggu dalam hal penggunaan harian.

Tim MakeMac sebelumnya sudah membagikan cara downgrade iOS 11 Developer beta 1 ke iOS 10.3.2. Namun ternyata tutorial tersebut tidak berlaku lagi, jika kamu sudah menggunakan iOS 11 Developer Beta 2 atau iOS 11 Public Beta 1. Setiap melakukan downgrade dengan cara berikut ini, perangkat iOS akan mengalami error dan terus meminta proses Restore via iTunes. Dikutip dari laman Apple Support, ternyata Apple memang menutup cara downgrade tersebut dan mewajibkan pengguna perangkat iOS 11 Beta hanya bisa turun ke iOS 10.3.3 Beta.

To switch from iOS beta 11 to iOS 10, you need to erase and restore your device. Then, if you have an archived backup, you can set up again from that backup.

While you can switch from iOS 11 beta back to iOS 10, you can’t switch back to iOS 10.3.2.


Baca Juga:


Ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan untuk downgrade iOS 11 ke iOS 10.3.3 Beta menggunakan panduan dari Apple. Pertama adalah update iTunes di komputer dengan versi terbaru. Kedua yaitu unduh iOS 10.3.3 Beta Restore Image, sesuai dengan program Beta yang kamu ikuti. Yaitu Apple Developer Program, Apple Beta Software Program, atau AppleSeed Software Customer Seeding.

Setelah itu atur perangkat iOS tersebut ke Recovery Mode dan lakukan Restore dengan cara menekan tombol Restore sambil menekan dan tahan tombol Option (Mac) atau Shift (Windows). Pilih iOS 10.3.3 Beta Restore Image yang sebelumnya sudah kamu unduh dan tunggu proses Restore ini selesai.

Terakhir, pengguna bisa memilih opsi Set up as new iPhone atau Restore from Backup jika sebelumnya pernah membuat Archive Backup pada iOS 10 alias sebelum update ke iOS 11 Beta. Apple juga memberikan catatan bahwa Backup yang dibuat pada iOS 11 tidak dapat dipanggil kembali untuk digunakan sebagai Restore from Backup jika kamu sudah melakukan downgrade ke iOS 10.

Apakah kamu belum mencoba iOS 11 Beta? Saran dari MakeMac, silakan tahan dulu keinginan kamu untuk mencoba iOS 11. Tunggu saja hingga versi final alias untuk pengguna umum rilis di musim gugur tahun ini alias sekitar September 2017. Atau jika masih tetap ingin mencoba iOS 11 Beta, gunakan perangakt iOS cadangan supaya tidak mengganggu produktivitas saat bekerja atau hal lainnya.


Jangan Instal iOS 11 Versi Beta! Ini 5 Alasannya

Gambar


1 Comment

1 Comment

  1. yogi rezki

    15 July 2017 at 22:29

    min kalau udah coba cara diatas tapi ttep gabisa update/restore gmn ya? layar masih tampilin logo itunes dan kabel, saat update/restore selalu hp disconnect terus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top