How-To

(iOS 10) Cara Kalibrasi Color Profile Layar iPhone dan iPad

Halo tim MakeMac, apakah layar iPhone 7 memang lebih kuning daripada generasi sebelumnya?

Pertanyaan ini beberapa kali masuk ke Twitter @MakeMac dari para pengguna iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Banyak dari mereka mengeluh tentang warna yang tampil di layar iPhone menjadi lebih kuning dibandingkan generasi sebelumnya – bukan dalam kondisi menggunakan fitur Night Shift ya.

Tidak suka dengan tampilan layar iPhone 7 yang lebih kuning atau terasa tidak cerah? Jangan langsung kecewa, ada cara mudah untuk mengubahnya dengan tips rahasia dari MakeMac. Yaitu melakukan kalibrasi Color Profile layar iPhone, khusus di iOS 10 dengan bantuan fitur baru. Simak tutorialnya:

Mengubah Profil Warna Layar di iOS 10

  1. Pastikan kamu mencoba tutorial ini di perangkat iPhone atau iPad dengan iOS 10 dan mematikan pengaturan Night Shift. Atur tingkat kecerahan warna layar iPhone dalam batas maksimal, untuk melihat perubahan yang diberikan secara lebih mudah.
  2. Masuk ke Settings – General – Accessibility.
  3. Lanjutkan dengan masuk ke bagian Display Accommodations – Color Filters.
  4. Aktifkan pengaturan Color Filter. Pada tampilan di bagian bawah, pilih Color Tint.
  5. Ada 2 slider bar yang dapat kamu pilih. Untuk INTENSITY, atur di bagian paling pojok kiri lalu geser ke arah kanan sedikti saja. Sedangkan untuk bagian HUE silahkan sesuaikan dengan selera kamu, saya pribadi menggunakan posisi 50% lebih sedikit.
  6. Selesai, keluar dari pengaturan dan coba akses perangkat iOS 10 seperi biasa. Apakah sudah mendapatkan profil warna yang lebih nyaman? Jika belum, silahkan geser kembali slider HUE di penjelasan sebelumnya.

Baca Juga:


Pengalaman Menggunakan Color Profile

Saya sudah menggunakan Color Profile seperti gambar pengaturan di atas, selama lebih dari sepekan pada perangkat iPhone 7 Plus. Hasilnya adalah warna biru dan putih di layar yang lebih jelas dan tidak terasa lesu. Warna layar dalam mode Night Shift juga tetap redup alias cocok untuk digunakan pada saat malam hari. Namun saat menggunakan pengaturan serupa di iPad Mini, hasilnya masih kurang pas dan harus menggeser slider HUE beberapa kali hingga lebih nyaman di mata.

Fitur Color Profile pertama kali diberikan Apple pada iOS 10 sebagai bagian dari fitur Accessibility. Mode ini sejatinya ditujukan untuk para pengguna dengan keterbatasan indera penglihatan seperti Low Vision atau lainnya agar dapat menikmati perangkat iOS dengan lebih maksimal. Namun bagi kamu yang ingin mendapatkan warna layar lebih baik dan personal, silahkan coba gunakan tutorial di atas ya!


Cara Mengecek Daftar Aplikasi 32-bit di iOS 10.3

Gambar


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top