Featured

Cara Membuat Apple ID US Gratis, Tanpa Kartu Kredit & VPN

Apple ID atau akun untuk mengakses toko online milik Apple seperti App Store, iBooks Store dan iTunes Store ini pastinya sudah akrab di telinga para Apple Fanboy. Sudah bukan rahasia juga, jika konten di App Store regional setiap negara bisa saja berbeda.

Sebut saja regional New Zealand yang sering digunakan oleh para pengembang aplikasi untuk merilis aplikasinya secara soft launching. Atau Apple ID regional US (Amerika Serikat) yang terkenal lengkap dengan beragam aplikasi dan layanan terbaru dari Apple.

Nah kali ini tim MakeMac akan berbagi tutorial cara membuat Apple ID regional US bagi kamu pembaca setia. Apa sih pentingnya punya Apple ID regional US dan bagaimana cara bijak untuk menggunakannya? Yuk simak dulu bahasan tersebut sebelum masuk ke tutorial!

Kenapa Harus Punya Apple ID Regional US?

Sederhana saja, karena kontennya lebih lengkap daripada regional Indonesia. Sebut saja app Apple Store, jika kamu menggunakan regional Indonesia tentunya aplikasi tersebut tidak ada – karena belum ada toko fisik Apple Store disini. Padahal dari aplikasi tersebut Apple sering membagikan sebuah aplikasi berbayar secara gratis – Afterlight misalnya di akhir tahun 2015 lalu.

Contoh lainnya adalah mengakses fitur Audibooks yang ada di iBooks Store. Fitur membeli konten buku dalam format audio ini belum ada di regional Apple ID Indonesia.

Tips Menggunakan Apple ID US

Bagi kamu yang selama ini sudah menggunakan Apple ID regional Indonesia, akun Games Center dan iCloud yang semuanya saling terkait, tenang saja. Kamu tetap dapat membuat akun Apple ID regional US menggunakan email lain yang dapat login ke App Store atau iBook Store tanpa mengganggu beberapa hal tadi.

Kamu tinggal masuk ke App Store, login dengan Apple ID Regional US untuk mencari konten baru yang lebih leluasa. Jika sudah, silahkan logout dan kembali login dengan Apple ID utama kamu – regional Indonesia.

Intinya manfaatkan Apple ID regional US untuk mengunduh konten atau fitur yang tidak ada di Apple ID utama kamu. Tetap pertahankan untuk mengunduh semua aplikasi utama (Facebook, WhatsApp atau aplikasi lain) dan layanan penyimpanan seperti iCloud, Games Center atau akun iMessages dengan Apple ID utama.

Sebagai tambahan dan patut kamu perhitungkan, metode logout App Store sangat berpengaruh pada pengguna yang berlangganan Apple Music. Konten yang sudah kamu simpan untuk diputar saat mode offline akan ikut hilang jika kamu menggunakan metode logout di atas.

Tutorial Membuat Apple ID US

Sebetulnya ada beberapa cara untuk membuat Apple ID Regional US – via perangkat iOS, iTunes di komputer atau peramban website. Saya memilih metode iTunes di komputer karena lebih mudah, cepat dan tidak perlu menggunakan layanan tambahan seperti VPN Server. Berikut ini langkahnya:

  1. Buka iTunes yang ada di komputer Mac atau perangkat PC. Pastikan sudah menggunakan iTunes terbaru ya. Saya menggunakan iTunes 12.3.2.35 untuk tutorial ini.
  2. Logout Apple ID kamu dengan menekan kolom nama di kanan atas lalu pilih Sign Out.
  3. Masuk ke bagian App Store di barisan atas – teks paling kanan.
  4. Scroll hingga bagian paling bawah kanan kamu akan menemukan ikon bulat bergambar bendera kemudia tekan.
  5. Tampilan akan berubah menjadi seperti gambar berikut ini, pilih United States.

Baca Juga:

Membuat Apple ID Tanpa Memasukkan Sistem Pembayaran Kartu Kredit

  1. Pilih salah satu aplikasi gratis yang ada di halaman tersebut, tandanya adalah tidak ada informasi harga di bagian bawah judul. Tekan dan masuk ke halaman utama aplikasi tersebut.
  2. Tekan tombol Get yang berarti kamu ingin mendapatkan aplikasi gratis tersebut. Tampilan berikutnya adalah jendela tambahan untuk meminta kamu login. Nah silahkan tekan Create New Apple ID.
  3. Tekan tombol Continue di tampilan halaman ini. Setelah itu berikan persetujuan untuk halaman Terms and Conditions.
  4. Sekarang kamu masuk ke halaman Provide Apple ID Details. Masukkan data yang dibutuhkan seperti email, password untuk Apple ID baru kamu dan 3 pertanyaan keamanan. Harap dicatat, jangan mengisi dan memberi jawaban untuk bagian pertanyaan keamanan secara sembarangan – kamu pasti akan membutuhkan bagian ini suatu saat. Jika perlu catat baik-baik pertanyaan dan jawaban ini dalam aplikasi seperti 1Password atau semacamnya. Kamu juga harus mengisi tanggal lahir dengan benar ya, karena data ini juga dibutuhkan untuk verifikasi Apple ID jika butuh fitur Reset Password atau lainnya. Setelah selesa, silahkan tekan Continue di kanan bawah layar.
  5. Masuk ke halaman Provide a Payment Method. Kamu harus memilih label None di bagian Payment Type – untuk menghindari kewajiban mengisi data kartu kredit yang berlaku di US sebagai sistem pembayaran.
  6. Selanjutnya pada bagian Billing Address silahkan isi dengan alamat yang ada di Amerika Serikat. Saya menyarankan kamu untuk menggunakan alamat dari negara bagian Texas – terutama jika ingin membeli iTunes Gift Card US di lain waktu. Kenapa? Karena negara bagian tersebut tidak memberikan pajak tambahan dari setiap pembelian aplikasi berbayar di App Store.
  7. Untuk pengisian alamat, saya sarankan kamu untuk menggunakan layanan Random Address Generator atau website sejenisnya.
  8. Selesai! Sisanya kamu tinggal membuka email yang kamu daftaran dengan Apple ID ini untuk melakukan proses verifikasi.

Langsung Coba Gunakan Apple ID Regional US Kamu!

Sekarang masuk ke App Store di iTunes dan pilih Sign In di kanan atas. Masukkan Apple ID dan password yang tadi sudah kamu atur dan login. Untuk mengecek apakah yang kamu buat tadi adalah Apple ID regional US, scroll ke bagian bawah dan cek ikon bulat bendera yang tampil.

Untuk memastikannya lagi, silahkan cari app Apple Store dan coba langsung unduh. Apakah berhasil? Jika iya, selamat ya kamu sudah punya sebuah Apple ID regional US!

Update: Cara Alternatif Membuat Apple ID Regioan US lewat Website

Bagi kamu yang mengalami kendala dengan cara di atas untuk membuat Apple ID regional US, tim MakeMac punya cara alternatif yang dapat digunakan. Untuk tutorial ini kamu membutuhkan akses ke sebuah komputer dan perangkat iOS (iPhone, iPad atau iPod Touch). Silahkan simak:

  1. Buka halaman web appleid.apple.com. Scroll ke bawah dan tekan tombol Create Apple ID.
  2. Isi data yang dibutuhkan dan pada bagian bawah pilih United States sebagai regional App Store yang akan kamu gunakan.
  3. Login dengan email kamu dan ketik kode verifikasi yang diberikan oleh Apple di halaman pendaftaran.
  4. Di perangkat iOS, silahkan buka App Store lalu login dengan akun yang tadi kamu buat. Nantinya akan tampil jendela informasi seperti gambar di bawah, silahkan pilih Review.
  5. Isi Country or Region dengan United States. Pilih informasi pembayaran None dan isi data alamat. Jika tidak memiliki alamat di Amerika Serikat, kamu bisa menggunakan bantuan dari layanan ini.
  6. Setelah melengkapi data dan berhasil, kamu dapat mulai menggunakan Apple ID yang barusan dibuat untuk membeli aplikasi di App Store.

Beli iTunes Gift Card US di @idgiftcard

Karena menggunakan Apple ID regional US, tentunya kamu tidak bisa mendaftarkan kartu kredit Indonesia di akun tersebut. Lantas bagaimana jika ingin membeli konten aplikasi atau buku berbayar? Tenang, kamu dapat menggunakan iTunes Gift Card (IGC) yang berbentuk kode dengan saldo yang akan masuk ke akun kamu. Nilainya mulai dari $10, $15, $25, $50 dan seterusnya.

Tim MakeMac merekomendasikan kamu untuk membeli IGC di akun Twitter @idgiftcard atau via website mereka idgiftcard.net. Selain menyediakan IGC untuk Apple ID Regional US, kamu juga bisa membeli IGC untuk Apple ID Regional Indonesia, jasa pembelian aplikasi, konten musik secara satuan dalam bentuk promo code atau hal lainnya – tentunya secara legal dan aman.

Bagaimana, gak sabar untuk segera mengisi Apple ID regional US kamu dengan saldo lewat IGC? Buruan kontak @idgiftcard ya!

Thanks to @idgiftcard for sponsoring this article


49 Comments

49 Comments

  1. Azkay

    15 March 2016 at 23:34

    Id saya sudah download app berbayar di us store, terus saya ganti iphone. Lalu mau download ulang. Terus ga bisa, katanya apple ID kamu harus indonesia. Solusi nya gimana ya. Mentransfer iphone lama saya ke iphone saya baru apps tsb.

    Di iphone lama ane uda ane transfer purchase ga bisa juga akhirnya…

  2. Qolbi

    16 March 2016 at 17:40

    gagal terus, padahal itunes versi terbaru. selalu ada tulisan “for assistance, contact iTunes Support at http://www.apple/support/itunes/ww/.

    • akbar

      17 March 2016 at 04:02

      sama saya juga gagal terus. padahal alamat, kode pos dan no tlp benar

  3. Muhammad Haikal E

    1 April 2016 at 15:37

    itu nomor telfonnya gimana ya?

  4. D. Noviansyah

    9 April 2016 at 10:25

    punya saya kok gak ada pilihan “None” nya ya? Padahal udah di negara USA

  5. Dhira

    26 April 2016 at 20:59

    di itunes saya yg di PC tidak pilihan “NONE” di opsi pembayaran region USA. solusinya?

    • Alfi Rahadian

      19 May 2016 at 23:52

      bisa kak via iphone masih ada pilihan None

  6. Ayub

    18 May 2016 at 20:14

    kenapa saya gagal terus, help me !!!!!! udah berkali – kali mencoba seperti tutorial diatas masih aja tetap gagal, selalu ada tulisan:
    for assistance, contact iTunes Support at http://www.apple/support/itunes/ww/.

  7. andrikanami

    19 May 2016 at 07:20

    nampaknya sudah ga bisa lagi yah 2016 buat apple ID USA none kartu kredit.

    apakah ada cara lain, atau admin mau buatin satu buat rame2 dengan syarat tidak boleh ganti pass dll.

    hanya untuk install aplikasi saja hehehehehe

    • iFoibe

      22 July 2016 at 10:02

      Saya nyoba bisa aja kok mas.. malah, Saya buatnya pake Alamat Texas XD

  8. hanz

    2 June 2016 at 06:34

    mampir ke hanzflasher.blogspot.com gan ID US atau negara lainnya fixed, mksh om admin

  9. hanz

    2 June 2016 at 06:35

    mampir ke https://hanzflasher.blogspot.co.id/ gan ID US atau negara lainnya fixed, mksh om admin

  10. galih

    7 June 2016 at 03:05

    bro hanz pass nya apa tuh

  11. eL

    22 June 2016 at 14:41

    Yang gak bisa artinya iPhone kamu sudah blacklist IMEI

  12. Gandi

    27 June 2016 at 16:10

    alhamdulillah berhasil hehe

  13. Tasalina yohana

    2 July 2016 at 22:49

    Wah ternyata masalahnya sama, selalu muncul for assistance bla bla
    Mohon pencerahan…

  14. Rio

    8 July 2016 at 10:28

    Asik berhasil

  15. Ahyu

    8 July 2016 at 12:50

    saya berhasil membuat appleid US tanpa vpn maupun itunes. memang cara diatas (mendaftar dengan menggunakan itunes) beberapa kali gagal karena stuck di pilihan kartu kredit tidak ada pilihan “none”. saya mencoba cara lain :

    1. buka appleid.apple.com
    2. Daftarkan email seperti biasa (verifikasi, masukkan password dll)
    3. setelah berhasil terdaftar, buka appstore kamu di iphone masing-masing. coba login. nanti diminta masukin data lagi seperti alamat dan data kartu kredit karena data yang kamu daftarin di situs barusan belum semuanya terisi. jangan lupa pilih negara yang kamu mau di awal ya.
    4. pilih “none” untuk kartu kredit. dan isikan alamat serta nomor telepon suatu lembaga atau tempat terkenal di negara amerika (saya pakai alamat dan nomor telepon universitas) di appstore iphone kamu.
    5. pilih “create apple id” dan apple id siap digunakan!

    menurut saya menggunakan vpn atau itunes malah ribet karena tidak semuanya bisa. saya membuat apple id dengan cara ini cuma 10 menit loh!
    semoga berhasil!

    • Bagus Hernawan

      9 July 2016 at 10:24

      Terima kasih untuk tambahan tips dari Ahyu! :)

    • agus

      9 July 2016 at 11:55

      Yesss… berhasil…. Makasiiihhhhhhhh

    • Unyu

      11 July 2016 at 16:14

      Makase mba Ahyu dr dlu cri yg mudah jni mudah bgt ga ribet thx yah

    • FPU28

      13 July 2016 at 15:21

      Untuk permainan pokemon go ini bisa dimainkan di semua jenis iphone atau hanya tertentu aja yak?

    • Merra

      14 July 2016 at 01:53

      Mbak bisa dituntun lebih jelas caranya? Saya udah ikut tapi gagal

    • Fidel Ramadhan

      3 August 2016 at 00:24

      YAY!! Ga sampe 5 menit nih kayanya aku bikin hehehe thanks kak :D

  16. medinadhitya

    9 July 2016 at 00:54

    saya berhasil melakukan langkah2 di atas tanpa kendala.
    Saya menggunakan iTunes 12.4.1.6 for Windows.
    Coba di cek koneksi internetnya, dan untuk nomor telepon di randomlist.com juga bisa kok utk nomor telepon. Karena disarankan utk wilayah Texas, nomor telepon juga saya sesuaikan dengan kode area (214)

    Selamat mencoba :)

  17. Luthfi

    10 July 2016 at 19:41

    Thanks min. Ane berhasil. Krna ikutin step by step. Work d pc ane itunes versi 12.4.

  18. Dendi

    11 July 2016 at 01:26

    sama sekali ga berhasil sampe cara bro ahyu juga ga bisa, ada yg bisa bantu ? :(

  19. Dendi

    11 July 2016 at 01:28

    cuma muncul apple assistance doang, udah pake itunes 12.4 jugaa..need help

  20. Nauval Ilham

    12 July 2016 at 21:52

    Min tanggal 12 Juli saya bikin masih bisa, sukses download Pokemon Go juga, masalah nomor telfon tinggal asal 7 digit contoh 5558751, area code sama zip tinggal cari di Google

  21. anth_z

    13 July 2016 at 11:14

    thank you ayhu,
    saya ikutin caranya bisa nih ,malahan uda dapat 1 pokemon turtle di pintu kantor,hahahaha

    sy pake region australia

  22. Romi

    13 July 2016 at 14:03

    Masih gabisa juga , tolong dong

  23. Romi

    13 July 2016 at 14:05

    Udah seharian demi pokemon go
    Malah gabisa”
    Pinjem id dong buat download aja

  24. Yodyo

    13 July 2016 at 17:04

    buat gan yg kgk bisa buat id apple karena eror :
    us for assistance, contact iTunes Support at http://www.apple/support/itunes/ww/.
    cara na ubah setingan LANGUAGE & REGIONAL di iphone na menjadi US,
    coba aj gan ane dh coba dan berhasil,

  25. Agnes Febyrian

    14 July 2016 at 09:40

    Pokemon Go successfully installed ;)
    Terimakasih!!

  26. Fikri Nurachman

    14 July 2016 at 19:17

  27. Firhan

    24 July 2016 at 14:29

    Saya udah berhasil bikin id US pake itunes di laptop dan udah bisa download apps dari iphone juga. Nah kalo misalnya apps yg kita mau udah kedownload kita bisa pindah ke id lama (indonesia) lagi atau stay pake id us ini aja untuk seterusnya? Terima kasih, mohon sarannya ya

  28. Zigit

    26 July 2016 at 09:43

    Mz !pasword invalid terus pdhl udah sama persis

  29. Zigita

    26 July 2016 at 09:45

    Paswor minta terus pdahl sama

  30. Lisya

    27 July 2016 at 04:49

    saya stuck di account setting-nya nih. ga muncul2 menu ataupun data yg harus diisi. ada saran gak kak?

  31. Lisya

    27 July 2016 at 05:46

    oh udah bisa kak. setelah nunggu kira2 10mnt. tpi skrg giliran download pokemon go-nya yg bermasalah. pas download dibilang tidak bisa. udah coba lagi, tetep aja gabisa. kenapa ya kak? saya pake ip5

  32. rudi

    31 July 2016 at 11:35

    berhasil…thanks atas segala petunjuknya….

  33. Rial

    3 August 2016 at 10:20

    Gue bingung, kok semua gue cobain cara2 dari komenan sama postingan sampe googling lagi kok semuanya gagal, vpn juga gagal hadeeeh~ end fast

  34. Jam

    23 August 2016 at 19:41

    Bpk yg post artikel ini (Bagus Hermawan) kenapa blm menanggapi masala2 yg terkait artikel Bpk..
    Maaf, soalnya saya juga lagi nunggu tanggapan dan solusi Bpk, tetang yg sebagian belum berhasil membuat Apple ID US ini,.
    Terimaksih

  35. Mas Dhar

    9 September 2016 at 14:00

    Alhamdulillah dah berhasil…. dari semua artikel yang dipaparkan di atas, aku pilih daftar melalui iTunes. Dengan beberapa hal yang menjadi catatan:
    1. Email belum pernah dipake daftar ke Apple, apapun itu
    2. Kesesuaian antara Kota/City dan Zip Code, jika sudah insya Allah bisa lolos…
    Makasih untuk yang udah sharing, baik yang empunya laman ini atau pengunjung yang rela berbagi.

  36. newbie_iphone

    19 September 2016 at 03:51

    saya gabisa buat mas,tolong dong buatkan 1 untuk saya ke bewieslow@gmail.com,disini kesulitan download aplikasi karna iphone bekas dari saudara

  37. iamNothing

    3 November 2016 at 15:16

    Akhirnya saya bisa, pake itunes+win7
    bermasalah di “for assistance, contact iTunes Support at http://www.apple/support/itunes/ww/” bisa diakalin pake vpn US

  38. Yasmine

    24 November 2016 at 17:56

    Yang baik bikinin saya id dong saya ga ngerti kalo ga pake pembayaran itu gimana

  39. alea

    17 February 2017 at 11:05

    mana gak bisa2, coba buatin ID 1 saja , kalo memang mudah cuma 5 menit atau 10 menit
    buktikan…

  40. amar

    19 July 2017 at 21:11

    wow mantap terima kasih ilmunya IPhone 4s Saya bisa buat ID Apple Free Regional US mks bngt krn sebelumya verifikasi selalu gagal buat id Indonesia ,mks salam sukses selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top