Cara Membuat dan Mengganti Keyboard Shortcut Aplikasi

Buat Keyboard Shortcut Sendiri

Keyboard shortcut dapat mempercepat pekerjaan hanya dengan menekan beberapa tombol untuk mengeksekusi perintah suatu aplikasi. Biasanya shortcut sudah disediakan oleh pembuat aplikasi dan bisa dilihat melalui menu, atau bisa juga memakai aplikasi Cheatsheet. Tapi, pasti ada beberapa menu item yang tidak memiliki shortcut. Untungnya, OS X memungkinkan kita membuat shortcut sendiri, berikut ini caranya.

Jalankan System Preferences, kemudian buka Keyboard diteruskan ke tab Keyboard Shortcuts. Di sebelah kiri, paling bawah terdapat Application Shortcuts, di sinilah tempat pembuatan keyboard shortcut.

Menu Tweetbot tanpa shortcut
Menu Tweetbot tanpa shortcut

Sebagai contoh, saya akan membuat keyboard shortcut Tweetbot untuk menu Retweet dan Quote Tweet, secara default kedua menu tersebut tidak mempunyai shortcut.

Jendela menambahkan keyboard shortcut
Jendela menambahkan keyboard shortcut

Tekan tombol [+] yang ada di sebelah kanan, akan muncul jendela pop-over. Saya memilih aplikasi Tweetbot, judul menu “Retweet”, dengan keyboard shortcut “Shift Command R”. Setelah menekan tombol Add, shortcut yang tadi dibuat pasti sudah terdaftar beserta dengan nama aplikasinya. Selanjutnya saya akan membuat shortcut untuk Quote Tweet, dengan metoda yang sama. Ketika membuat keyboard shortcut, pastikan judul menu tertulis dengan benar.

Keyboard Shortcut baru untuk Tweetbot
Keyboard Shortcut baru untuk Tweetbot

Shortcut yang dibuat hanya berlaku untuk aplikasi tersebut, dengan kata lain shortcut hanya berlaku kalau aplikasinya aktif. Pastikan juga shortcut yang dibuat belum dipakai di aplikasi tersebut, apabila sudah terpakai shortcut yang lainnya tidak akan bekerja.

Trik ini juga bisa kamu gunakan untuk mengganti shortcut yang sudah ditentukan aplikasikan. Misalnya kamu bisa mengganti shortcut Google Search… Safari ke ⌘+K seperti di Google Chrome. Selamat mencoba!


Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio. Filosofis desain Apple merupakan acuan hidupnya. Ikuti saya di: Google+, twitter @kuswanto

1 Comment

  1. S'Nassier  /  15 August 2012, 01:10 Reply

    Bagus banget ulasannya..

    Thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>