Cara Memperbaiki Menu “Open With” Yang Terduplikasi

Tampilan Open With
Tampilan Open With

Finder, oh Finder… Sudah banyak tips yang dituliskan, ada juga aplikasi yang membuatnya menjadi lebih kuat. Tapi orang tetap tidak akan puas dengannya, dan seringkali ada saja masalah yang terjadi.

Saya sendiri seringkali bermasalah dengan Finder. Salah satunya adalah masalah dengan daftar aplikasi yang muncul berulang-ulang pada menu Open With. Entah apa penyebabnya, awalnya aplikasinya menjadi ganda, kemudian ada yang sampai diulang tiga kali. Entah kapan mulai terjadinya, saya tidak ingat pastinya. Tapi, masalah ini saya diamkan karena pada saat itu aplikasi saya masih sedikit dan tidak terlalu mengganggu.

Setelah diselidiki, ternyata masalahnya disebabkan database sistem Launch Services yang korup, menyebabkan daftar aplikasi berganda. Untuk memperbaikinya tinggal melakukan mereset Launch Service menggunakan perintah teks berikut ini di Terminal.

/System/Library/Frameworks/CoreServices.framework/Frameworks/ LaunchServices.framework/Support/lsregister -kill -r -domain local -domain system -domain user  

Karena penyakit Finder saya sudah cukup lama, dibutuhkan lebih dari 5 menit untuk menyelesaikan perintah di atas.

Hasilnya akan langsung terlihat kembali, menu Open With kembali menjadi normal. Tidak ada lagi aplikasi yang terulang-ulang.

Apabila Finder Anda mengalami masalah yang sama, sekarang Anda tahu apa yang harus dilakukan.


Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio. Filosofis desain Apple merupakan acuan hidupnya. Ikuti saya di: Google+, twitter @kuswanto

1 Comment

  1. Priadi  /  11 November 2012, 13:46 Reply

    Leopard saya tiba2 mati dan sampe skr gx bisa nyala sama sekali ,.di cas/lngsung jg gx bisa,.kira2 bisa d perbaiki gx ya??

    Trima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>