How-To

Cara Memperbaiki Siri yang Bermasalah di iOS 10

Siri sebagai personal asisstant sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari semua jenis sistem operasi buatan Apple. Mulai dari iOS, macOS, tvOS dan juga watchOS. Apakah kamu pernah mengalami kendala dengan Siri di iOS 10? Ada beberapa cata untuk membereskan fitur Siri yang error atau tidak bisa digunakan. Berikut ini daftarnya:

1. Cek Koneksi Internet

Untuk dapat menggunakan Siri, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil dan cukup ya. Bisa dari jaringan Cellular Data, Wi-Fi di rumah atau kantor. Pastikan koneksi ini dapat digunakan dengan lancar, tes saja dengan mengunduh aplikasi di App Store, membuka laman web di Safari atau mungkin gunakan aplikasi Speedtest misalnya.

2. Aktifkan Pengaturan Siri

Saat pertama kali mengaktifkan perangkat iOS, kamu akan diminta untuk menyalakan Siri sebagai fitur bawaan. Jika pengaturan ini kamu lewati atau belum mengaktifkan Siri, silahkan cek dari Settings – Siri – Siri – ON. Silahkan kelola beberapa pengaturan yang juga tersedia di bagian tersebut seperti mode Hey Siri, akses Siri di Lockscreen, Siri Voice dan juga Voice Feedback.

3. Cek Mikrofon di iPhone

Siri bekerja dengan cara utama berupa input suara yang kamu berikan. Pastikan tidak ada kotoran, debu atau benda lain yang tidak diinginkan dan menghalangi mikrofon pada perangkat iPhone. Jika kamu menggunakan case yang tebal dan menutup iPhone secara rapat, rajinlah untuk membukanya dan bersihkan jika diperlukan ya.

Dari laman catatan Apple Support, ada 3 posisi mikrofon pada perangkat iPhone. Yaitu bagian depan atas, belakang dekat kamera dan di bawah sekitar port Lightning. Jika kamu mengalami kendala dengan salah satu atau semua mikrofon tersebut, silahkan simak catatan Apple Support untuk mengecek masalah di mikrofon.


Baca Juga:


4. Ucapkan Perintah dengan Jelas

Kendala berikutnya yang biasa terjadi adalah Siri tidak merespon atau mendeteksi ucapan kamu secara benar. Silahkan coba ulangi perintah tersebut dengan suara yang lebih jelas dan mudah dimengerti. Jika perlu, matikan fitur Hey Siri dan kembali aktifkan lagi. Dengan cara ini Siri akan meminta kamu merekam suara baru untuk lebih mengenal cara pengucapan dan tingat kejelasan suara dari pemiliki perangkat.

5. Jalan Terakhir, Force Restart Perangkat iOS

Masih mengalami kendala akses ke Siri? Jalan terakhir yang bisa kamu tempuh adalah melakukan Force Restart pada perangkat iOS tersebut. Silahkan tekan dan tahan tombol Powet Button dan Home Button (langkah berbeda untuk iPhone 7 bisa kamu baca di artikel ini), lalu lepaskan saat tampil logo Apple di layar.

Saya pribadi jarang sekali mendapatkan error dengan Siri hingga perlu melakukan Force Restart. Kendala yang paling sering dialami adalah respon dari Siri yang agak lambat karena masalah koneksi internet saja. Bagaimana dengan kamu?

Sering Menggunakan Siri?

Apakah kamu sering menggunakan Siri untuk memberikan perintah tertentu atau memintanya menjawab beberapa pertanyaan sederhana? Perintah apa yang paling sering kamu berikan? Bagikan di kolom komentar ya!


Membahas Teknologi Machine Learning di Apple dan Integrasi Siri

Gambar


1 Comment

1 Comment

  1. sony

    16 March 2017 at 22:07

    hey siri what does the fox say?
    hey computer
    hey siri play a music
    hey siri what song is this?
    hey siri will it rain today?
    hey siri knock knock
    hey siri do a beatbox
    hey siri turn on low battery mode

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top