How-To

Cara Mengecek Daftar Aplikasi 32-bit di iOS 10.3

Apple segera meninggalkan dukungan untuk aplikasi dengan arsitektur 32-bit di iOS 11. Peringatan mengenai hal ini sudah hadir sejak iOS 10.3 Beta saat kamu membuka sebuah aplikasi yang belum mendukung mode 64-bit. Yaitu berupa peringatan bahwa menggunakan aplikasi akan menyebabkan perangkat berjalan lebih lambat dan pengembangnya harus segera merilis update.

Apakah ada cara mudah untuk mengecek daftar aplikasi yang sudah kamu instal dan masih berjalan di 32-bit? Jika kamu sudah menggunakan iOS 10.3, tim MakeMac punya cara mudah dan cepat untuk melakukan pekerjaan sederhana ini. Berikut ini tutorialnya:

Cara Mengecek Daftar Aplikasi 32-bit di iOS 10.3

  1. Pastikan perangkat iPhone, iPad atau iPod Touch yang kamu gunakan sudah melakukan update ke iOS 10.3.
  2. Masuk ke Settings – General – About dan cari Applications. Jika ada aplikasi yang masih berjalan di mode 32-bit, terdapat tanda >  di sebelah kanan dari jumlah aplikasi.
  3. Tap di bagian Applications untuk melihat daftar App Combatibility. 
  4. Jika terdapat aplikasi yang masih berjalan di mode 32-bit, ada list No Updates Available yang dapat kamu cek di bagian utama. Tekan salah satu aplikasi tersebut dan kamu akan dibawa masuk ke App Store. Silahkan unduh update dari aplikasi tersebut jika memang tersedia.

Baca Juga:


Aplikasi 32-Bit, Apakah Harus Dihapus?

Dari pengamatan tim MakeMac, sebagian besar aplikasi yang masih berjalan di mode 32-bit adalah aplikasi yang sudah lama sekali tidak mendapatkan update. Bisa karena pengembang aplikasi tersebut sudah tidak berminat merilis update alias meninggalkan dukungan untuk aplikasi tersebut atau beralih ke aplikasi baru. Jika memang kamu bisa menemukan aplikasi pengganti dengan fitur serupa dan sudah menggunakan mode 64-bit, silahkan hapus aplikasi tersebut dan beralih ke layanan dari pengembang lain.

Bagi kamu yang belum tahu, Apple sudah meminta para pengembang di Apple Developer untuk beralih ke arsitektur aplikasi 64-bit sejak tahun 2014. Kini setelah 3 tahun dan masuk ke iOS 10.3, rasanya wajar saja jika ada peringatan dari Apple untuk aplikasi yang masih berjalan di mode 32-bit. Bahkan kabarnya iOS 11 nanti hanya akan mendukung aplikasi 64-bit saja. Jika rumor ini benar, pastinya perangkat iPhone 5 dan iPhone 5c yang masih bisa mendukung iOS 10, tidak akan mendapatkan update ke iOS 11.

Apakah kamu sudah mencoba tutorial mengecek aplikasi 32-bit di iOS 10.3? Berapa banyak aplikasi yang kamu temukan? Bagikan di kolom komentar ya!


Hampir 200.000 Aplikasi 32 Bit Bakal Usang di iOS 11

Gambar


1 Comment

1 Comment

  1. Afief

    6 June 2017 at 09:15

    Tapi min saya mau nanya, kalau pengguna iphone 5s sampai iphone paling baru kan dapat update ios 11 yang terjadi penghapusan aplikasi 32bit, terus kalau iphone 5 stuck di ios 10, apa masih bisa menggunakan aplikasi 32bit ?, Lalu bagaimana dengan iphone 4s dan 4 yang stuck di ios 9 dan 7 apakah aplikasi jenis 32bit masih ada di app Store mereka? Dan masih bisa diinstal dan digunakan? Please jawab min… Bingung nih min..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top