Cara Menggunakan Facebook di iOS 6

Suka atau tidak, Facebook sudah menjadi bagian dari kehidupan untuk menjalin hubungan dengan teman-teman. Jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook merupakan salah satu alat utama dalam menghubungi seseorang saat ini. Apple pertama kali mengintegrasikan jejaring sosial Twitter di iOS 5. Dengan hadirnya Integrasi Facebook di iOS 6, beberapa perubahan terdapat pada Contacts dan Calendars.

Cara Memasukkan Facebook

Cara Memasukkan Facebook
Cara Memasukkan Facebook
  1. Buka Settings > Facebook.
  2. Masukkan email dan password Facebook Anda.
  3. Pilih Sign In.

Selanjutnya akan muncul halaman seperti di bawah yang menjelaskan fungsi-fungsi Facebook di iOS. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah mengunduh informasi kontak ke aplikasi Contacts, sinkronisasi Facebook Events dengan aplikasi Calendars, membagikan konten ke Facebook, dan mengizinkan aplikasi pihak ketiga mengakses akun Facebook.

Tampilan Setelah Masuk Facebook
Tampilan Setelah Masuk Facebook

Penawaran memasang Facebook di iOS bisa dilewatkan apabila Anda jarang menggunakan Facebook. Hal ini tidak akan mempengaruhi fitur-fitur yang sudah disebutkan di atas.

Membagikan Status Facebook Melalui Notification Center

Membagikan Status Facebook
Membagikan Status Facebook

Hal pertama yang terlihat adalah penambahan tombol berbagi di bagian atas Notification Center. Berdampingan secara rukun dengan tombol Twitter, sekarang Anda dapat membagikan status ke Facebook dengan mudah. Seperti Twitter, Anda dapat menambahkan lokasi serta menentukan siapa saja yang bisa melihat status tersebut.

Cara Membagikan Foto ke Facebook

Cara Membagikan Foto ke Facebook
Cara Membagikan Foto ke Facebook

Selain membagikan status ke Facebook, aplikasi Photos di iOS kali ini bisa membagikan foto ke Facebook. Setiap foto yang dibagikan akan tersimpan dalam album iOS secara default. Anda bisa memilih lokasi penyimpanan foto dengan tap pita di bagian attachment seperti gambar di atas. Pengaturan privasi dapat dilakukan seperti pada saat pemasangan status melalui Notification Center. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Jalankan aplikasi Photos.
  2. Pilih foto yang ingin dibagikan.
  3. Pilih lambang “Share” di bagian kiri bawah.
  4. Pilih Facebook sebagai tujuan yang ingin dibagikan.

Cara Membagikan Aplikasi ke Facebook

Membagikan Aplikasi ke Facebook
Membagikan Aplikasi ke Facebook

Tidak hanya foto, sekarang Anda juga bisa membagikan aplikasi yang ditemukan di App Store ke Facebook dengan lebih cepat. Membagikan aplikasi ke jejaring sosial bukanlah hal baru di iOS, tetapi patut disebutkan bahwa Facebook sekarang juga menjadi salah satu pilihan yang ditawarkan.

Sinkronisasi Facebook Events

Tampilan Facebook Events di Calendars
Tampilan Facebook Events di Calendars

Yang suka berpesta dan mengadakan acara dengan teman-teman melalui Facebook bisa bersenang-senang. Dengan adanya integrasi Facebook di iOS, Anda dapat melihat acara melalui aplikasi Calendars. Sayangnya Anda tidak dapat mengubah informasi Facebook Events di Calendars. Calendars menambahkan sebuah tombol view on Facebook untuk mempermudah akses terhadap event yang bersangkutan.

Sinkronisasi Facebook Contacts

Fitur yang paling berguna dan juga paling menyesalkan dari integrasi Facebook mungkin adalah yang satu ini. Bagi yang memiliki banyak teman di Facebook, memasukkan semua kontak ke aplikasi Contacts adalah sebuah tindakan yang menyeramkan. Bayangkan kontak Anda dipenuhi dengan nama-nama yang tidak dikenal.

Apabila Anda tidak merasa nyaman dengan keberadaan Facebook Contacts, maka Anda dapat menyembunyikan atau mematikan sinkronisasi Facebook Contacts dengan mudah.

Sinkronisasi antara Facebook Contacts dengan aplikasi Contacts iOS sebenarnya memiliki beberapa kelebihan yang patut dipertimbangkan seperti:

  • Melengkapi informasi di Contact seperti nomor telepon, alamat, umur, tanggal ulang tahun, tempat kerja.
  • Melengkapi profile picture di Contacts.
  • Data yang didapatkan selalu paling baru karena diupdate oleh pemilik akun Facebook secara langsung.

Pada saat sinkronisasi Facebook Contacts dinyalakan, maka setiap kontak dan Facebook Contacts dengan nama yang sama akan dihubungkan menjadi satu secara otomatis. Ini berarti informasi di Contacts dan Facebook selalu terpisah sehingga Anda bisa mematikan Facebook Contacts kapan saja tanpa khawatir data kontak menjadi berantakan.

Teknik penghubungan berdasarkan ini tidaklah pintar karena tidak melakukan analisa kemiripan nama. Hal ini menyebabkan banyak kontak duplikat yang muncul padahal kontak-kontak tersebut adalah orang yang sama.

Cara Menghubungkan Contacts
Cara Menghubungkan Contacts

Untuk memperbaiki masalah tersebut, Apple menyediakan fitur “link” untuk menghubungkan akun Facebook ke kontak Anda. Berikut ini adalah caranya:

  1. Pilih kontak yang ingin dihubungkan.
  2. Pilih Edit.
  3. Scroll ke bawah dan cari “Link Contact…”.
  4. Pilih kontak Facebook yang ingin dihubungkan.
  5. Pilih “Link”.

Hasilnya cukup memuaskan setelah menghubungkan beberapa kontak. Tetapi ada satu kekurangan setelah saya mematikan dan menyalakan kembali sinkronisasi Facebook Contacts. Setiap kontak yang pernah dihubungkan akan hilang sehingga Anda harus mengulang langkah di atas untuk kontak dengan nama yang berbeda.

Sebenarnya Apple bisa menghindari masalah di atas dengan mengizinkan sinkronisasi daftar tertentu saja melalui Facebook. Dengan demikian, kita cukup membuat sebuah daftar bernama “iOS Contacts” dan memasukkan kontak dengan nama yang benar.

Apakah Anda Mengaktifkan Facebook di iOS 6?

Bagaimana pendapat Anda tentang integrasi Facebook di iOS 6? Apakah lebih membantu? Atau integrasi Facebook ini masih sangat kurang dibandingkan smartphone lainnya?


Seorang penggemar produk Apple dan memiliki blog pribadi yang membahas kebiasaannya dalam menggunakan produk Apple sehari-hari. Ikuti dia di Google+.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>