Cara Menggunakan Mac Bagi Pemula

Mac, sebuah mesin yang dirancang begitu sederhana dan nyaman digunakan, menjadi sebuah tantangan dan ketakutan bagi pengguna Windows umumnya. Tampilan dan sistemnya yang asing membuat orang berhenti untuk mencoba menerapkan mesin ini dalam kehidupan sehari-hari.

Mac sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan dan diillustrasikan seperti yang di atas. Mac itu sederhana, aman, dan indah. Bagi Anda yang baru membeli Mac—welcome to this community—bisa mendapatkan beberapa tips, sedangkan untuk Anda yang penasaran bagaimana menggunakan Mac, simak terus karena Anda juga bisa memahami bahwa Mac tidak jauh berbeda dari Windows. Yang menjadi perbedaan utama antara dua sistem operasi tersebut terletak pada implementasinya.

Mengenal Lingkungan Kerja

Tampilan Mac

Tampilan di atas adalah tampilan Mac pada umumnya. Coba kita telusuri satu per satu elemen tersebut. Kenali Desktop secara mendalam dengan membaca artikel mengenai Desktop.

Menubar

  • Menu Bar adalah sebuah indikator yang menunjukkan aplikasi apa yang sedang aktif. Gambar di atas menunjukkan bahwa aplikasi Finder—sejenis Windows Explorer di Windows—sedang aktif. Di sebelahnya juga menampilkan pilihan menu yang umumnya terdapat pada Windows. Hanya saja, Mac, semuanya selalu berada di Menu Bar. Dan ini yang menjadi kelebihan Mac, yaitu konsistensi.

  • Menu Bar Icons itu dikategorikan sekelas dengan tray yang terdapat Windows. Banyak aplikasi yang menawarkan pilihan application control melalui menu bar. Screenshot di atas menunjukkan bahwa Battery, F.lux, dan FuzzyClock sedang aktif.

Dock

  • Dock adalah wilayah di mana aplikasi yang aktif bertempat. Sebuah aplikasi yang sedang dijalankan selalu dimasukkan ke dalam Dock. Sebuah indikator bercahaya di bawah icon aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi tersebut sedang aktif. Dock dapat dianggap sebagai Taskbar pada Windows. Anda juga dapat memasukkan aplikasi yang sering digunakan pada Dock tanpa harus menjalankannya—seperti Pin to Taskbar. Baca ”Segala Sesuatu Mengenai Dock” untuk mengetahui lebih lanjut.

  • Spotlight dapat membantu Anda menjalankan aplikasi, menemukan files, mengakses konfigurasi Mac, serta melakukan kegiatan lain seperti melakukan perhitungan. Spotlight ada sebuah fitur search yang menjadi keunggulan Mac dibanding Windows. Anda dapat menggunakan Spotlight dengan menekan cmd+space atau klik tombol lensa pembesar di pojok kanan atas—saya mengganti Spotlight dengan Alfred App sehingga tidak ada icon Spotlight di menu bar.

Saya tidak membahas semua fitur yang terdapat pada Mac karena hal-hal tersebut dapat Anda telusuri secara pelan-pelan. Ketahuilah bahwa berbagai gaya dan cara dapat diterapkan dalam menggunakan Mac, dan semua itu sederhana.

Cara Menggunakan Mac

Gaya setiap orang berbeda-beda dalam menggunakan Mac. Tetapi pada umumnya, setiap pengguna Mac pasti menggunakan Spotlight. Mulai dari launching application sampai searching files.

  • Menjalankan Aplikasi cukup dilakukan dengan klik pada aplikasi yang ingin dijalankan. Lokasi aplikasi selalu disimpan pada Finder: Application. Lebih sederhanannya lagi, Anda dapat menjalankan Finder terus menekan cmd+shift+a. Satu cara lagi menjalankan aplikasi adalah dengan menjalankan Spotlight dan memasukkan nama aplikasi yang ingin dijalankan.

  • Menghentikan Aplikasi tidak bekerja seperti di Windows di mana Anda hanya perlu memilih tombol x di window titlebar. Pada Mac, Anda harus memilih nama aplikasi di menu bar terus quit. Atau Anda cukup menekan cmd+q pada aplikasi yang aktif.

  • Instalasi Aplikasi dapat dilakukan dengan drag & drop ke folder Application yang sudah disebut di atas. Tidak ada setup, dan tidak ada install. Native application pada umumnya cukup didrag & drop. Terdapat pengecualian pada beberapa aplikasi yang memiliki Installer.

  • Uninstallasi Aplikasi sebenarnya dapat dilakukan hanya dengan delete aplikasi di dalam folder Application. Tetapi akan terdapat sisa-sisa konfigurasi dan application support yang belum dihapus. Maka, untuk melakukan uninstallasi, Anda sebaiknya menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti AppCleaner.

Tulisan ini hanya memberikan gambaran secara garis besar apa yang dapat dilakukan di Mac. Tidak perlu mencari banyak informasi mengenai Mac. Spoiler tidaklah begitu asik. Get a Mac, and prepare to be surprised.


Seorang penggemar produk Apple dan memiliki blog pribadi yang membahas kebiasaannya dalam menggunakan produk Apple sehari-hari. Ikuti dia di Google+.

91 Comments

  1. dimazm  /  22 August 2011, 22:09 Reply

    ini kok gambar ga di resize? ancur diliatnya pusing

    • Sayz Lim  /  23 August 2011, 09:57

      Pake browser apa? Gw liat di Chrome dan Safari ga ada masalah.

    • mautauaja  /  24 August 2011, 12:02

      Kemarin sempet berantakan screenshotnya klo dilihat dari Mozilla Firefox. Tapi hari ini dah normal kok.

  2. Asop  /  28 September 2011, 20:52 Reply

    Saya bingung, gimana cara berpindah ke Lion kalo untuk upgrade-nya harus melalui AppStore? Sedangkan butuh kartu kredit untuk membeli Lion. :(
    Apple juga mengatakan tak akan membuat versi cakram kerasnya, alias DVD.

    Ada cara lain?

  3. tr  /  26 December 2011, 20:50 Reply

    cara make ethernet buat macbook air gimana ya? kan gaada jack-nya tuh..

  4. shandra  /  8 January 2012, 18:39 Reply

    kalo cara memunculkan kembali ikon network pada menu bar icon gimana yah?biar gampang kalo mau menyambungkan ke wifi,tanpa harus masuk ke system preference lagi,makasih :)

  5. shandra  /  8 January 2012, 18:58 Reply

    mau nanya,cara munculin icon network di menu bar icons itu gimana yah?maaf newbie..biar mudah kalo mau menghubungkan ke wifi..makasih :)

    • Kuswanto  /  9 January 2012, 00:33

      Buka System Preferences terus klik Network. Pilih Wi-Fi di sebelah kiri. Di bagian bawah centang Show Wi-Fi status in menu baru.

  6. Boeng  /  10 January 2012, 12:11 Reply

    thanks sob untuk tips menggunakn mac bagi pemula

    salam

    boeng
    wamena- papua

  7. razelda  /  28 May 2012, 12:07 Reply

    solusi untuk system preferences yang hilang gimana yah?? bisa ga dibalikin lagi?? makasi

    • Kuswanto  /  29 May 2012, 09:09

      Halo Bro. System Preference ada di Application, seharusnya gak mungkin ke hapus. Kalau kehapus, kamu bisa copy dari Mac lain.

  8. sandy  /  13 June 2012, 18:35 Reply

    om nubie mau nanya dong ane skrng mk os leopard 10.6.8 klo misalnya ane mau upgrade ke lion gmana caranya om kebetulan ane udah punya file installer lionnya donlot di IDWS ada tahapan2nya gk om?
    step by step supaya data2 kita gk hilang dll, makasih om

  9. itrongz  /  6 August 2012, 17:15 Reply

    tau cara instal adobe cs5 ga di mac?bli cd cuma d ksih tau cara nya???tulung dunk tulung

    • Sayz Lim  /  6 August 2012, 21:39

      Masukkan CD, terus install. Setelah selesai, masukkan serial key yang sudah dibeli dari situs Adobe.

  10. Agniansyah  /  14 September 2012, 17:12 Reply

    mau nanya dong, saya baru pertama kali pakai Mac jadi masi nggak ngerti. Ada file dari Windows di pndahin ke Mac tp ngga kebaca setelah di pindahin ke Mac. Itu kenapa ya? apa harus ada yg di install lagi di Mac nya biar bisa baca banyak file?

    • Sayz Lim  /  14 September 2012, 17:14

      File yang kamu sebutkan mungkin file “exe” yang ga bisa dijalankan pada Mac. Kalau dokumen, banyak aplikasi yang bisa membuka file seperti “doc”, “xls” di Mac.

  11. Agniansyah  /  14 September 2012, 17:19 Reply

    iya “exe”. ada aplikasi Mac yg bisa buka file “exe” ngga? Oiya terus kalau mau download software yg bagus dan free untuk Mac link nya apa ya? Tolong dibantu ya gan.

  12. meru  /  28 February 2013, 08:33 Reply

    miin.. mac ane bmasalh ni bgimana cranya ya..
    kmaren dbuat nggame ama ade ane, nah pulg2 ane liat desktopnya tu polosan aka file gda n tampilan brubah..
    di menubar kan biasanya lgsg ada torrent n jajarannya.. tpi ni yg kluar malah VLC, n dock nya tu gada aka ga muncul min.. gmbar desktopnya jga sma kaya opening macnya.. huft..
    ane bngung :(
    data ane kmanain min :((

  13. Ardi Susanto  /  18 May 2013, 21:02 Reply

    Saya baru pertama kali nih pakai macbook pro 13 inch

    Saya mau nanya nih bagaimana ya caranya masukin CD/DVD di Macbook saya? Kan kalau laptop lain sudah ada tempat khusus kalau di macbook gak ada tempatnya, jadi bingung. Mohon bantuannya ;)

    • yasmine  /  5 June 2013, 12:03

      kalo ga ngerti ga usah pake macbook, pake acer aja :p
      memang pas beli ga dikasih tau? beli macbooknya dmn?
      itu disebelah kanan mcbook (keyboard) ada slot cd room ada tempt buat masukin CD/DVD

  14. Jhon Way  /  19 May 2013, 14:38 Reply

    Permisi, saya mau nanya. saya rencana ingin membeli macbook pro 13 inci, apa itu cocok untuk pelajar SMA, karena saya suka produk brand Apple. apa yang harus pertama kali yang saya lakukan setelah membeli macbook yang baru. tolong beri penjelasan….

  15. sofi  /  30 May 2013, 11:08 Reply

    tampilan mac kok berubah negatif, bgmna cara kembali ke normal, thx

    • Kuswanto  /  30 May 2013, 13:01

      Masuk ke dalam System Preferences > Accessibility > Display > Matikan opsi invert.

  16. Amiruddin Akbar Fisu  /  13 June 2013, 23:09 Reply

    trimakasih… sangat membantu… mhon bantuannya. bsok2 om… pemula selalu ngerepotin :)

  17. Antonio  /  23 June 2013, 02:50 Reply

    sangat tergoda memang begitu mendengar produk mac apalgi sampai menjajal dan merasakan sendiri berbagai fitur dan aplikasi macbook, mac memang nggak ada bandingannya saya lebih menyukai kosmetik mac daripada windows

  18. didi  /  27 June 2013, 23:14 Reply

    Permisi…mau nanya ni, saya ada dikasih macbook pro dr teman tp saat power on dihidupkan hanya muncul lambang apple dan gak bisa tampil ke layar menu dan aplikasi. kira2x apa tu solusi yang tepat tuk macbook pronya. Trims

  19. risma  /  3 July 2013, 09:38 Reply

    Maaf mo tanya gimana cara supaya file exe bisa di buka di macbook??

    • Sayz Lim  /  8 July 2013, 13:23

      Install Windows di MacBook.

  20. Ty's  /  7 July 2013, 18:19 Reply

    Mau nanya kalo install adobe di macbook pro harus pake cd yang dari storenya atau bisa pake cd adobe biasa juga bisa? Atau download free bisa? Mohon infonya yaa

    • Sayz Lim  /  8 July 2013, 13:22

      Download saja juga cukup dari halaman resmi Adobe. Ga harus selalu dari CD.

  21. May Lyn  /  7 July 2013, 21:32 Reply

    Cara download di appstore gimana? bingung –

  22. Tya  /  8 July 2013, 20:29 Reply

    maaf mau nanya lagi kalo cara downloadnya gimana ya? soalnya kurang ngerti masalah install install seperti itu :( bisa tolong dijelasin gak caranya gimana? makasih

  23. reza  /  9 August 2013, 23:26 Reply

    mau nanya, apa bedanya duplicate dan make alias ya? Thx

    • Sayz Lim  /  10 August 2013, 02:46

      Duplicate membuat dua salinan file yang sama isinya. Alias cuma sebagai shortcut ke file asli.

  24. Ilham Maulana  /  10 August 2013, 21:17 Reply

    mau tanya sekaligus mau nyari referensi :D hehe
    kira-kira macbook yang cocok buat pelajar apa ya? macbook Pro 13 inch/ new macbook air 13 inch (versi mid 2013) ?
    mohon dijawab bang ^_^

    • Denny  /  21 August 2013, 11:41

      Buat pelajar mending Macbook Pro, krn dilengkapi dgn Drive, Mac air lbh cocok buat orang yg srng mobile ktn lbh ringan dan kcl. . .

  25. ayi  /  21 August 2013, 10:41 Reply

    mau tanya gan,, kalo cara install game di imac gimana ya? terus aplikasi apa yang harus ada?
    soalnya saya beli game assasin creed brotherhood ngga bisa saya instal,, mohon bantuanya ya,, baru newbie nih kk,,

    • Denny  /  21 August 2013, 11:39

      Pastikan semua aplikasi, games yg akan diinstall ber ektension .DMG, kalau di Windows berakhiran EXE. . .lbh siip beli saja yg original dr App Store

  26. zvaby  /  5 September 2013, 12:34 Reply

    bingung ..make nya agan agan pemula nihhh

  27. nisa  /  11 September 2013, 22:23 Reply

    gan mo nannya ni ane mo bli macbook air kalo untuk aplikasi di kmputer mac trus mo di instal di macbooknya nnti bisa langsung drag&drop apa hrus ada source nya yah?applikasinya barcodalabel namanya gan,, mhon komennya yahh,, :)
    mkasii :’)

  28. friska  /  25 September 2013, 13:13 Reply

    min… kalo untuk maba arsitektur kayak aku lebih baik pake MacPro/MacAir ? dan alasannya kenapa ? tolong banget min infonya …

    • Kuswanto  /  25 September 2013, 14:15

      MacBook Pro, lebih kuat!

  29. oddo  /  16 October 2013, 06:59 Reply

    Admin saya mau bertanya.
    Kebanyakan program Game online masi berextension .exe
    adakah cara supaya bisa menggunakannya di apple.?
    mungkin ada program bisa merubah ekstension .exe menjadi .app
    Mohon Informasinya Admin.
    Terimakasih atas jawabannya.
    salam

  30. nelia  /  31 October 2013, 10:58 Reply

    saya mau nanya, kalo dpwnload prgrm SPSS gimana ya? trus cara instalnya saya kurang tahu?
    mohon informasinya admin.

  31. Putri Azizah  /  1 November 2013, 06:14 Reply

    Mau tanya, emang bisa yah microsoft office di copy dari mac lain dan langsung digunakan tanpa menginstall terlebih dahulu?

  32. buan  /  14 November 2013, 21:37 Reply

    mau tanya, saya baru install outlook 2011, trus saat saya mau set up account, tidak bisa add account malah seperti error gitu, ngak bisa di tutup tampilan add account, saya udh coba uninstall trus instal lagi kondisi nya sama aja, itu napa ya? mohon pencerahannya – thanks

  33. ragerisss  /  19 November 2013, 08:11 Reply

    om, kan saya mau mematikan macbook saya dgn cara shutdown tapi setelah saya klik shutdown ada tulisan aplikasi safari anda belum di tutup tapi sebelumnya saya sudah menutup safarinya. jadi yg mau saya tanya bgmn mematikan macbook saya tapi safari dlm keadaan blm tertutup

  34. Suhandy  /  28 November 2013, 00:29 Reply

    Bagaimana untuk mengatur kembali atau master reset macbook air ya..? Thanks

  35. Febriyani Nurdjanah Indra Putri  /  6 December 2013, 20:57 Reply

    Maaf mas sebelumnya saya baru berencana buat beli kalo mac itu mau copy atau masukin sesuatu langsung copy (seperti pc windows lainya) atau sama kaya iphone yang harus lewt itunes

  36. rosyd  /  22 December 2013, 15:45 Reply

    gan sy mw tnya klw file tidak bisa dibuka karna merubah ulang pasword dan id,,
    bgaimana gan ya agr bisa dibuka,,,
    tolong.,,?

  37. wishnoe  /  4 January 2014, 17:34 Reply

    duhyah mu beli mac nya jdi ragu abz tkt ga bs makenya :(

    • Syukri  /  28 January 2014, 17:55

      Jangan takut bro, interfacenya jauh lebih mudah dari pada yang dipake sebelumnya.. Dan dijamin pasti ga bakalan bisa lepas kalo udah pake.. :)

  38. Rina Farida  /  25 January 2014, 11:42 Reply

    Boleh minta tolong de, bgmn cara seting kamera mac pro. Karena kalau dipakai foto file tulisannya jadi terbalik. Terima kasih sebelumnya. Semoga menjadi amal baik adik thank’s

  39. arif  /  25 January 2014, 15:34 Reply

    MPlayerX di mac ga bisa di tutup, terus ga bisa di matiin, gimana caranya ya? :(
    Terima kasih sebelumnya

  40. harislohy  /  5 February 2014, 01:17 Reply

    mau nanya macbookpro klw mau msuk ke sistem preferences gk bisa itu knp yah

  41. dhauz_danker  /  6 February 2014, 00:12 Reply

    Gan,saya mau tanya,,,taun kmren saya beli MBP 13″ type *1278,,awal mula normal,tp stlah 1,5bln ga d pke(krna magang d luarkota) tau” pas di on,muncul tampilan “enter your system lock pin code to unlock this mac”…itu kira” knp ya gan,,saya beli kondisi second.alias tangan ke2.mhon bimbingan dan pnjelasan’y.mklum masih newbie.trims

  42. sisi  /  13 February 2014, 12:21 Reply

    min, mo tanya gimana menggunakan MW buat masuk ke mendeley (insert citation) kok ga ada di MW yah… trus mendeleynya kok ga ada semacam tool,view dll di mendeley. aku pake mendeley for macbook pro 2011. nuwun

  43. nina  /  23 February 2014, 09:23 Reply

    saya gak bisa pake internet macbook pro dengan menggunakan kabel telp gmn caranya ya tlg bntu sya ya

  44. maleve  /  26 February 2014, 09:07 Reply

    min ama agan agan sekalian mohon pencerahannya, ane mau beli macbook pro intel core i5 nih tapi seken, harga nya 7jutaan cuman kata si penjualnya ada garis horizontal di lcd nya. dan ane udah liat tu garis, garisnya tipis banget warnah merah dari atas layar sampe bawah. apa kalo ane jadi beli tu mac, garis nya akan gitu gitu terus ato mungkin lama kelamaan mala membesar? itu pengaruh ga nanti nantinya? ato gmana? soalnya ane pengen banget make macbook, kalo mau bli yg baru bugednya ga mendukung. mohon pencerahannya min ama agan agan sekalian.

  45. wisnu  /  27 February 2014, 23:40 Reply

    mau tanya mac keyboard delete itu kalo di windows keyboard sama kayak backspace nahh kalo mau delete file saya harus drag ke thrash ada shortcut buat delete lsg ke recycle bin ga ?

  46. Grace  /  16 March 2014, 15:07 Reply

    Saya mau tanya. Kalau misalnya internet sudah connect, terus waktu mau buka app store, app storenya ngga bisa connect itu solusinya gimana?

  47. Allen  /  26 March 2014, 08:18 Reply

    Terima kasih buat informasi yg sgt bermanfaat terlebih buat orang yang gk terbiasa pake macboock. Saya juga baru dikasih macbook nih. Saya masih bingung gimana caranya saya mau ngetik seperti word, membuat slide presentasi di macbook. Mohon bantuan informasinya ya admin. Terima kasih :)

  48. Andi  /  30 March 2014, 09:45 Reply

    Ane mau tanya neh gmna seh cara menyambung koneksi internet nya
    Ane buka di google chrome sama di safari enggak bisa tp di modem ane ud connec
    Katanya kesalahan ssl apa maksud nya ya

  49. denovoidea  /  3 April 2014, 20:07 Reply

    cara membuat password file PPT di macbook pro? thanks

  50. denovoidea  /  6 April 2014, 20:53 Reply

    Ketika terkoneksi dengan LCD proyektor, tampilan di monitor kecil atau terbagi menjadi dua sehingga sulit untuk dibaca karena terlalu kecil. Bisa dibantu cara untuk memperbesar tampilan dimonitor menjadi 1 slide saja seperti yg tertayang di LCD proyektor? Thanks

  51. Agnes  /  10 April 2014, 08:30 Reply

    Mau tanya dong, kalo seandainya mau burn dvd di windows trus masuk ke mac itu bakal kebaca gak ya? Trus dvd blank mana yang bagus buat mac? Thanks

  52. uziah  /  14 April 2014, 17:38 Reply

    ada yang bisa ngasih tau ngga….
    kemaren waktu saya masukin external hard disk ke macbook pro, ternyata semua folder ga bisa di buka, katanya no application gitu,,,terus semua folder namanya jadi ada tambahan .Ink ex:nama folder “NEW”, pas itu ada imbuhan “NEW. Ink”…
    ada yang bisa bantu….terima kasih

  53. eni setyowati  /  18 April 2014, 10:49 Reply

    Bagaimana cara mengubah huruf yang tiba2 besar semua menjadi normal? (Tanpa menggunakan caps lock )

  54. bella  /  18 April 2014, 21:20 Reply

    mau tanya dong , cara download idm nya gimana ?
    udah di download tapi tetap ngga bisa

  55. rio  /  22 April 2014, 07:37 Reply

    Bagi ilmunya donk. Ini Hdd saya ke lock dan lupa passwrdnya, Gmn caranya supaya bisa direset ulang sehingga bisa kebuka locknya…..
    Makasih banyak sharing ilmunya

  56. dinii  /  1 May 2014, 08:25 Reply

    permisi.. mau nanya dong, mac book pro says koi g may baca cd yaw… bagaimana cars mengatasinya? apa karna terbentur sesuatu bias mengakibatkan tidal bias membaca cd? pdhal sblmnya macbooknya g knp2, cmn wktu itu saya bawa naik motor sdh saya bungkus dgn tas lapto lalu dimasukan ke dalam tas lagi, tas gemblok saya. pulang2 pas masukin cd dy gak ngebaca semua cd, padahal cdnya original.. tolong dibantu yaa..

  57. iwan  /  5 May 2014, 00:11 Reply

    maaf mau tanya tolong banget , saya baru pakai mac dan ga ngerti sm keychain , saya kan sudah ganti password account tiba tiba dia suruh masukkan password keychain saya masukan password account itu ga masuk , cara reset nya gimna ya kurang ngerti mohon di bals cepat ya kaka

  58. Laura  /  16 May 2014, 09:00 Reply

    kak, mau nanya juga nih. saya kan punya game yg cuma bisa dimainkan di windows. Berhubung laptop saya mac, trs saya jg install windows di laptop saya. Tapi game .exe saya knapa tetep ga mau dibuka ya di windows nya? apa emang pengaruh laptop mac nya?

    • Sayz Lim  /  16 May 2014, 13:09

      Harus boot menggunakan Windows apabila mau membua file .exe. Ga bisa langsung dari OS X.

  59. annie savidish  /  17 May 2014, 20:24 Reply

    kak mau nnya juga dong,ko aku ga bisa buka photo booth,face time,skype dll yg berhubungan dengan camera ya? ada tertulis “there is not connected camera” gimana ya cara mengembalikan kembali camera seperti semula?

  60. dhanay  /  29 May 2014, 19:57 Reply

    malam gan,
    ane new bie,
    knp ya software pada mac tampilannya kurang bagus??, seperti pecah atau resolusinya kecil gitu,
    ane baru instal office dan adobe.

    • Bagus Hernawan  /  30 May 2014, 18:33

      pake MBP retina? kemungkinan aplikasi yang kamu gunakan belum mendukung resolusi retina. turunkan resolusi kamu di system preferences > display

  61. shafira  /  1 June 2014, 11:28 Reply

    kak permisi mau nanya, aku newbie baru pake macbook pro 13inch. nah aku mau ngirim proposal dan surat pengantarnya dgn aplikasi “docx” sama “doc” nah tapi font Calibri dari MicsOff dan ada tanda tangan rektoratnya gabisa kebaca di Pages, ini gimana kak? sedangkan aku harus cepet kirim proposal..
    ohiya aku download aplikasi Microsoft Office Mac tapi gabisa diinstall dan disimpan di disk Macbook, apa aku harus beli CD Microsoft agar bisa diinstal di Mac?
    mohon bantuannya kak, makasih :’)

  62. fransisca  /  4 June 2014, 13:00 Reply

    maaap mau nanya ko skype , photo booth sama face timenya ga bisa nyala yah tulisannya there is not connected camera, uda di restart ga bisa bisa

  63. siwi  /  7 June 2014, 16:58 Reply

    agan plis tlgin donk gmn cr kembaliin layar monitor ke display normal ya soalnya g bs nyala cm tampilannya item smua g bs masuk ke menu.
    Trims mhon balasannya segera.

  64. Hukam  /  9 June 2014, 21:12 Reply

    Gan, macbook Pro tiba berubah menjadi huruf besar gimana agar menjadi normal kembali?

  65. akira  /  12 June 2014, 02:29 Reply

    Hallo boleh numpang tanya gak,
    Saya pengguna PC windows, tetapi tidak begitu tertarik dengan layar-layar yang beredar dipasaran karena warnya tidak sekeren Mac (memang ada IPS sii).
    Pertanyaan saya :
    Kalau saya beli layar/monitor iMac aja yg 27″ tetapi tetap menggunakan PC OS Windows, bisa gak ya?
    Jadi tampilannya semua viewfinder tetapi windows, tetapi kontras warna nya bawaan Mac.

    Thank you

  66. Rani  /  23 June 2014, 23:31 Reply

    kak… macbook Pro tiba berubah menjadi huruf besar gimana agar menjadi normal kembali?

  67. Yudhi Sulistianto  /  13 July 2014, 13:36 Reply

    Mau tanya cara aktifkan Macbook air dgn gunakan keyboard krn laptop saya setelah restart loadingnya ga selesai, kalo tdk salah telan shift + F ato G ato apa kebetulan saya lupa, mhn dibantu dan terima kasih

  68. Martin  /  22 July 2014, 14:47 Reply

    Mau tanya donk masbro, di activity monitor, menu memory, kernel_task (user:root) dan windowserver (user:_window) memakan paling bnyk penggunaan RAM, kemudian safari dll. RAM 4GB sering tidk cukup, pdhal saya tidak banyk install aplikasi.
    spek MBP ret.display, 2.4GHz Intel core i5, Memory 4GB 1600MHz DDR3, OS X 10.9.4.
    mohon pencerahannya masbro. thanks

  69. DIckyJohanes  /  6 August 2014, 09:35 Reply

    mau nanya gan, di finder ane, tab nya kok kadang ngilang2 sndiri itu knp ya? cara settingnya dimana? tks

  70. dani  /  22 August 2014, 10:43 Reply

    bro gw punya mac tapi sampai sekarang masih bingung gimana caranya transfer lagu atau mp3 dari mac ke iphone, mhn bantuan gan?

    • Andy Susanto  /  30 August 2014, 15:22

      import file yang kamu mau ke itunes trus tinggal pindahin pake iTunes ke iphone kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>