Cara Menyalakan FileVault di Mac

Security & Privacy

Security & Privacy

Kalau kamu belum pernah mengaktifkan FileVault dan khawatir ia bisa merusak Mac, maka panduan ini akan membantu kamu agar tidak melakukan kesalahan.

Sebaiknya untuk berjaga-jaga sekaligus mengikuti best practice, backup terlebih dahulu file-file pentingmu. Langkah ini adalah tambahan yang saya sarankan secara pribadi berdasarkan pengalaman saya menangani dunia keamanan IT.

Selanjutnya silakan mengikuti langkah-langkah berikut. Oh ya, FileVault hanya bisa diaktifkan menggunakan user yang memiliki otorisasi administrator.

  1. Akses menu pengaturan untuk FileVault melalui “System Preferences”. Kemudian click pada pane “Security & Privacy”. Selanjutnya pilih tab “FileVault”.

    Pilih Filevault

    Pilih Filevault
  2. Pada tab FileVault ini akan terdapat penjelasan dan keterangan singkat mengenainya. Klik lambang gembok pada yang terletak di sudut bawah kiri supaya gemboknya terbuka. Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password pada langkah ini. Sesudahnya, lanjutkan dengan klik tombol “Turn On FileVault”

    Nyalakan FileVault

    Nyalakan FileVault
  3. Bila pada OS kamu terdapat lebih dari satu user, maka FileVault akan memberimu daftar user tersebut. Pilihan ini memberikan kita fleksibilitas untuk memilih user siapa saja yang berhak mengakses disk yang telah dilindungi FileVault. Klik “Enable User” pada setiap user jika kamu ingin proteksi FileVault berlaku bagi semuanya. Setelah itu, klik tombol “Continue”

  4. Layar selanjutnya akan berisi kunci recovery key yang sangat penting. Catat dan simpan baik-baik nomor ini, dan pastikan kamu tidak simpan pada Mac yang sama.

    Recovery Key FileVault

    Recovery Key FileVault

    Penting: Jika kamu tidak bisa login ke OS karena lupa passwordmu dan juga lupa “recovery key” ini, maka diskmu tak akan bisa diakses selamanya.

    Setelah mencatatnya baik-baik, lanjutkan dengan mengklik tombol “Continue”. Pada step selanjutnya, kamu akan diberikan tawaran untuk menyimpan recovery key pada layanan Apple. Jika kamu mau menggunakan tawaran ini, silakan mengikuti prosedur untuk memilih 3 pertanyaan dan mengisikan jawabannya masing-masing.

    Question and Answer Dari Apple

    Question and Answer Dari Apple

    Karena metode Question and Answer ini mungkin memiliki jawaban yang tidak singkat, beberapa kata, maka kami rasa kamu perlu mencatatnya juga. Lupa satu kata sama saja dengan lupa semuanya.

  5. Akhirnya, click “Continue” dan akan ada keterangan bahwa Mac harus restart/reboot terlebih dahulu agar enkripsi bisa berjalan. Setelah reboot, kamu akan melihat login screen dengan background abu-abu.

    Restart Untuk Memulai Enkripsi

    Restart Untuk Memulai Enkripsi
  6. Selamat, kamu sudah berhasil mengaktifkan fitur proteksi FileVault pada MacBook! Bila kamu kembali ke layar tempat kamu mengaktifkan FileVault, kamu akan melihat proses enkripsi sedang berjalan. Lama waktu enkripsi ini tergantung dari seberapa banyak file kamu, kecepatan hard disk dan prosesor MacBook.

FileVault dapat dimatikan dengan mudah kapan saja (misalnya kamu ingin menghibahkan, menjual MacBook, atau merasa terganggu dengan FileVault). Caranya tinggal membuka halaman FileVault kembali dan memilih tombol “Turn Off FileVault” yang sudah berubah dari “Turn On FileVault”.


Seorang yang terjebak di hiruk pikuk dunia IT dan teracuni nikmatnya musik. Hobi bermain gitar serta mendengarkan lagu-lagu audiophile sambil ngebir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>