How-To

Cara Screenshot Touch Bar di MacBook Pro 2016

http://www.makemac.com/wp-content/uploads/2016/11/macbook-pro–2016-makemac–450×270.jpg

Touch Bar sebagai pengganti deretan Function Key di MacBook Pro 2016 memang punya banyak fungsi menarik. Mulai dari shortcut untuk beragam penggunaan aplikasi bawaan hingga teknologi keamanan lewat Touch ID di bagian pojok kanan. Nah jika kamu ingin mengambil gambar screenshot dari Touch Bar di MacBook Pro, ternyata Apple sudah memberikan cara ini ya! Simak panduan lengkap untuk mengambil screenshot di Touch Bar dengan beberapa cara:

Cara Mengambil Screenshot di Touch Bar

Lewat Shortcut Bawaan

  • Command + Shift + 6 : Tekan shortcut ini untuk mengambil gambar screenshot dari Touch Bar yang sedang aktif. Hasil gambarnya akan tersimpan di Desktop, sama seperti mode shortcut Cmd + Shift + 3 untuk layar komputer Mac.
  • Control + Command + Shift + 6: Tekan shortcut ini untuk mengambil gambar screenshot di Touch Bar dan menyimpannya di Clipboard. Lakukan Paste (Command + V) untuk menyalin gambar ini ke aplikasi yang kamu butuhkan atau posisi folder di Finder. Cara ini tidak akan membuat file screenshot hadir di Desktop.

Baca Juga:


Kamu bisa juga mengubah screenshot in sesuai kebutuhan. Yaitu lewat System Preferences – Keyboard – Shortcuts – Screen Shots. Misalkan ganti mode screenshot lewat Touch Bar menjadi Command + Shift + 8 agar lebih mudah ditekan.

Menggunakan Aplikasi

Aplikasi Grab bawaan macOS 10.12.2 Beta 3 kabarnya sudah mendapatkan fitur screenshot untuk Touch Bar. Yaitu di bagian Capture, gunakan opsi Timed Touch Bar Capture agar kamu dapat berpindah ke aplikasi yang mendukung Touch Bar, bukan menampilkan screenshot dari Touch Bar untuk app Grab.

Pilihan lain yang dapat kamu gunakan adalah aplikasi dari pengembang pihak ketiga. Salah satunya yaitu Screenie 1.2 yang sudah mendukung mode screenshot untuk Touch Bar. Tinggal instal aplikasi ini dan arsip sreenshot yang kamu buat dapat lebih tertata rapi dalam folder yang dipilih.


Apple Merilis Katalog Aplikasi yang Mendukung Touch Bar di MacBook Pro

Gambar


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top