Cara Setup Mouse Nirkabel

Mighty Mouse.jpgPada tulisan sebelumnya, saya telah membahas mengenai cara pemasangan keyboard nirkabel. Kali ini mengenai pemasangan mouse nirkable Apple. Mouse nirkable saat ini sangat mudah ditemukan dan menjadi pilihan bagi para pengguna laptop, dengan harga yang beragam. Pada tutorial ini saya menggunakan Mighty Mouse nirkable sebagai contoh, tapi akan mengupas mengenai mouse Logitech juga.

Packaging

Kotaknya pasti berwarna putih, kotak seragam yang Apple gunakan untuk setiap packaging hardware.

packaging_mouse.jpg

Kotak Mighty Mouse

Apple Mighty Mouse merupakan sebuah mouse yang sangat ergonomis, saya menggunakannya berjam-jam tidak membuat tangan cepat lelah. Mighty Mouse mempunya fitur yang tidak dimiliki oleh mouse pabrikan lainnya dan pengaturannya langsung di System Preference Mac tanpa harus install driver tambahan. Might Mouse sudah menggunakan teknologi laser, bukan lagi optik.

box_MM_luar.jpg

fitur infografik Mighty Mouse

Di dalam kotaknya Anda akan mendapatkan dua buah batere, buku manual dan mouse yang dibungkus oleh plastik. Plastik pembungkus mouse terlihat menyeramkan ini diluar kebiasaan Apple. Mighty Mouse membutuhkan dua buah batere, merupakan sebuah kelemahan, membuatnya agak berat, tapi tetap lebih ringan kalau dibandingkan dengan mouse dari logitech dengan jumlah batere yang sama.

yangdidapatkandalamkotakmouse.jpg

Keyboard tidak termasuk, ya.

Menyiapkan Mouse untuk pairing

Ada baiknya baca terlebih dahulu buku manualnya, karena di buku tersebut ada cara pemasangan batere dan cara menyalakan mouse-nya.

manualmouse.jpg

Buku manual mouse

Untuk memasang batere, bagian bawah mouse harus di buka terlebih dahulu dengan menekan tuas yang ada di bagian bawah. Saya merasa sedikit kesusahan untuk membuatnya terbuka pada kali pertama mencoba. Ketika melakukan ini pastikan tombol power masih dalam keadaan OFF.

membukalatch.jpg

Tombol untuk membuka tutup bagian bawah

Perlu diperhatikan ketika memasang batere, karena berbeda dengan kebiasan kita di Indonesia. Pada perangkat elektronik lain apabila ada betere yang bersampingan, pola pemasangannya akan selang seling. Tapi untuk mouse Apple ini tidak begitu. Kubu poisitif dan negatif menghadap ke arah yang sama.

pemasanganbatere.jpg

Posisi Batere

Kemudian pasangkan kembali penutup mouse-nya. Dan tarik tombol power ke ON (tarik ke bawah), sekarang Mighty Mouse siap untuk pairing dengan Mac.

siapparing.jpg

Mouse dalam keadaan menyala

Proses pairing dengan Mac

Bukalah System Preferences dan kemudian masuk ke pane Bluetooth. Didalamnya, tekan tombol (+) di sebelah kiri bawah jendela, maka akan muncul Bluetooth Assistant yang seperti ini.

bluetooth_asistant-1.jpg

Jendela Bluetooth Assistant

Tekan tombol Continue. Pilih opsi mouse, karena kita akan pairing sebuah mouse.

pilihmouse.jpg

Pilih opsi Mouse

Di jendela selanjutnya, Mac akan mencari mouse yang siap di pairing. Apabila mouse Anda tidak muncul, pastikan mouse dalam keadaan menyala dan dalam jarak yang dekat dengan Mac. Setelah terdeteksi, tekan tombol Continue lagi.

mousedetekted.jpg

Proses pendeteksian

Mac akan pairing dengan mouse, proses ini dilakukan otomatis. Tidak seperti ketika pairing dengan keyboard yang diharuskan menekan beberapa angka terlebih dahulu. Setelah selesai Mouse siap digunakan. Tekan tombol Quit untuk menutup jendela Bluetooth Assistant.

quitit.jpg

Telah selesai

Pengaturan Might Mouse

Anda dapat mengatur tombol-tombol Mighty Mouse ke fungsi yang berbeda-beda. Untuk mengaksesnya, masuklah ke pane Keyboard & mouse. Di dalam sini Anda dapat mengatur tombol ke aksi-aksi khusus Mac OS X, misalnya tombol tengah untuk Exposé. Tombol yang terletak di sebelah kiri dan kanan harus ditekan secara bersamaan supaya bekerja.

pengaturan Mouse.jpg

Pengaturan fungsi tombol Mighty Mouse

Di pane ini juga Anda dapat memonitor kekuatan batere mouse Anda.

monitoringkeyboardmouse.jpg

Indikator kekuatan batere mouse

Bagaimana dengan mouse Bluetooth lainnya?

Proses pairing mouse bluetooth lainnya sama dengan proses diatas. Bedanya hanya ada di proses konfigurasi tombol-tombol mouse-nya saja. Anda harus mengunduh terlebih dahulu driver mouse tersebut.

Bagi Anda pengguna mouse Logitech, harus mengunduh Logitech Control Center supaya mouse Anda dapat bekerja maksimal dan juga bisa memonitor kekuatan batere mouse.

Perawatan Mighty Mouse

Mighty Mouse terkenal rewel akan bola kecil yang berfungsi sebagai penggulung jendela. Bagian ini akan cepat kotor apabila tangan Anda berkeringat, dan debu masuk melalui celah sempit yang mengakibatkan menupuk di bagian dalam dan bola kecil tersebut tidak bisa berfungsi.

Apabila hal tersebut terjadi, proses pembersihan mouse yang disediakan oleh Apple tidak akan efektif, Anda harus membuka Mighty Mouse Anda supaya bekerja sedia kala lagi. Cara tersebut berlaku juga untuk Mighty Mouse kabel.

Apakah saat ini Anda menggunakan Mighty Mouse? Punya tips supaya Mighty Mouse tidak cepat macet? Silakan berbagi di komentar kami.


Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio. Filosofis desain Apple merupakan acuan hidupnya. Ikuti saya di: Google+, twitter @kuswanto

5 Comments

  1. Felix Widjaja  /  4 June 2009, 11:06 Reply

    Wow, tutorial yang asik. Sangat menikmatinya.
    Ada beberapa pertanyaan:
    1. Apakah memakan BT dan MM ini dalam kondisi Mac menggunakan baterai akan jauh lebih cepat habis dibandingkan dengan mouse kabel biasa?
    2. Berapa lama MM sampai ganti baterai baru lagi?
    3. Kuku jari manis kiri lu sepertinya perlu dibersikan ya :p

  2. Kuswanto  /  4 June 2009, 11:16 Reply

    @Felix Widjaja:
    1. Yap pasti batere Mac akan cepet abis kalo pake Bluetooth terus-terusan.
    2. udah lebih dari 3 bulan keyboard belum ganti batere, kalau mouse masih baru sih, jadi belum tahu.
    3. Bukan kuku, tapi jarinya jangan kotor, apalagi abis makan langsung pegang mouse.

  3. Adham Somantrie  /  6 August 2009, 23:14 Reply

    ini siapa sih yang nulis?

    bukannya mighty mouse bluetooth itu tetep bisa dipake dengan satu baterai AA saja? blom nyobain ya?

  4. Kuswanto  /  7 August 2009, 06:10 Reply

    @Adham Somantrie: Wah belum di cobain :D . Nice info :)

  5. Nunik  /  4 December 2010, 11:23 Reply

    Mouse wireless saya gak pakai baterai. Gimana ya caranya nyambungin ke PC? Bingung banget soalnya, mana lampu mousenya gak pernah menyala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>